Jumat, Oktober 11, 2024
29.2 C
Jakarta

Kisah Iman Lillie Cunningham, Masih Rajin ke Gereja di Usia ke-110

ALABAMA, Pena Katolik – Pada tanggal 26 September 1914, Lillie Cunningham kecil lahir ke dunia ini saat Perang Dunia I baru saja dimulai. Sejak saat itu, dia telah melalui berbagai perang, pandemi, pasang surut ekonomi, perubahan sosial dan teknologi yang signifikan, dan dia tampaknya masih tetap kuat.

Untuk merayakan tonggak sejarahnya yang mengesankan, Cunningham mengadakan perayaan akhir pekan bersama teman-teman dan orang-orang terkasih. Dia juga menerima beberapa hadiah yang agak tidak biasa, termasuk kunci kota kelahirannya, kota Florence di Alabama; surat dari Presiden Biden; proklamasi yang menyatakan tanggal 26 September sebagai Hari Lillie Cunningham; serta lebih dari 200 kartu ucapan selamat ulang tahun dari orang-orang di seluruh Amerika Serikat, seperti yang dilaporkan oleh NPR.

Saat semua orang berpesta, wanita berusia seratus tahun itu duduk santai dan berkata: “Saya tidak melakukan apa pun. Saya hanya duduk dan mendengarkan mereka merayakan saya!”

Dan sekarang, di usianya yang mengesankan, 110 tahun, ia merenungkan jumlah dekade yang telah ia jalani, dan apa rahasia di balik umur panjangnya.

Ia berbagi tentang dua bagian penting dalam hidupnya: tumbuh di pertanian dan keyakinannya:

Saya telah bekerja sejak saya mampu mengalungkan karung tepung di leher saya dan memetik kapas, memotong kapas,” katanya. “Jadi, itulah hampir semua yang saya lakukan saat tumbuh dewasa. Berada di ladang memotong kapas, memetik kapas … pergi ke sekolah, pergi ke sekolah Minggu, dan pergi ke gereja.”

Meskipun keempat saudara kandungnya dan suaminya sudah tidak bersamanya lagi, ia dikelilingi oleh lebih dari 100 keponakan, keponakan buyut, dan keponakan buyut perempuan. Dan sebagai anggota aktif Gereja Baptis Rock Primitive di Florence, yang ia hadiri setiap Minggu, ia juga memiliki komunitas yang mengesankan di sisinya.

Memuat
Lihat di Instagram

Siswa senior itu juga membaca Alkitab setiap malam dan setiap pagi, dan berbagi bagaimana ia merasa Tuhan berperan penting dalam membantunya melewati masa-masa sulit yang ia lalui:

Saya selalu beriman dan percaya kepada Tuhan bahwa Ia akan menolong kami melewati masa-masa sulit itu, apa pun yang dikatakan orang lain.”

Sampai baru-baru ini, Cunningham menyetir ke toko untuk berbelanja, tetapi sekarang ia menghabiskan waktunya di gereja, memasak, bermain teka-teki, dan menonton acara permainan.

Ada sesuatu yang sangat bertekad, dan mungkin sedikit menantang, tentang wanita berusia 110 tahun itu. Hanya delapan tahun yang lalu dia menjalani operasi pinggul, dan dia kembali berdiri hampir seminggu kemudian, dan menolak menggunakan tongkat jalan.

Meskipun perjalanan besar berikutnya adalah ke tempat pemungutan suara pada bulan November, dia mendorong semua orang untuk pergi dan memilih dengan pengingat penting tentang kesempatan yang mereka miliki untuk membuat pilihan itu:

“Saya memberi tahu mereka untuk memastikan untuk memilih karena dulu saya tidak dapat memilih atau melakukan apa pun. Jadi, mereka yang tidak memilih sekarang, saya bertanya kepada mereka mengapa mereka tidak memilih, karena mereka memiliki kesempatan untuk melakukan hal-hal sekarang yang tidak saya lakukan ketika saya masih muda.”

Akhirnya Cunningham merenungkan bagaimana dia harus meniup 110 lilin yang mengesankan:

Saya tidak tahu mengapa Tuhan membiarkan saya hidup selama ini. Tetapi saya bersyukur kepada-Nya, memuji-Nya karena Dia melakukannya dan masih memberkati saya di mana saya dapat pergi dan melakukan sendiri.”

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini