Sabtu, Oktober 5, 2024
26.3 C
Jakarta

Mgr. Rolando Álvarez Lagos Ditunjuk Paus Fransiskus untuk Berpartisipasi dalam Sinode

ROMA, Pena Katolik – Mgr. Rolando Álvarez Lagos kembali menjadi berita setelah Paus Fransiskus menunjuknya untuk berpartisipasi dalam sesi kedua Sinode tentang Sinodalitas, yang berlangsung minggu ini di Vatikan.

Uskup asal Nikaragua itu tinggal di pengasingan sejak Januari 2024. Ia adalah salah satu korban paling menonjol dari penganiayaan agama yang dilakukan oleh kediktatoran Presiden Nikaragua, Daniel Ortega terhadap Gereja Katolik sejak 2018.

  1. Mgr. Álvarez telah dideportasi ke Vatikan, bersama dengan 15 pendeta dan dua seminaris serta Uskup Siuna, Mgr. Isidoro Mora pada 14 Januari 2024. Mgr. Mora telah ditahan sejak 20 Desember 2023. Sehari sebelumnya, dalam sebuah Misa, ia telah meminta doa untuk Uskup Matagalpa yang dipenjara. Menurut rezim Sandinista, pembebasan itu dilakukan setelah “koordinasi yang sangat hormat dan bijaksana dilakukan” dengan Takhta Suci.

Selama pengasingannya, Mgr. Álvarez menerima Penghargaan Libertas 2024 dari Kerajaan Asturias atas komitmennya terhadap pembelaan dan kebebasan rakyat Nikaragua.

Pada tanggal 16 September 2024, Vatikan mengumumkan bahwa Mgr. Álvarez akan berpartisipasi dalam sesi kedua Sinode tentang Sinodalitas, yang dimulai pada tanggal 2 Oktober. Nama Uskup asal Nikaragua ini muncul dalam daftar orang yang ditunjuk langsung oleh Paus Fransiskus.

  1. Lahir di Rumah Sederhana

Álvarez lahir pada 27 November 1966, di sebuah rumah sederhana di Managua. Menurut media Nikaragua Despacho505, ayahnya, Miguel, adalah seorang pekerja yang terlibat dalam gerakan pembaruan karismatik sementara ibunya, Angela, menghadiri Jalan Neokatekumenal dan menjual minuman tradisional berbahan dasar jagung dan air.

  1. Pada 13 September 1983, pemerintahan pertama Front Pembebasan Nasional Sandinista mengesahkan undang-undang tentang Dinas Militer Patriotik untuk merekrut ribuan pemuda dan menggunakan mereka untuk menghadapi kaum kontrarevolusioner yang dikenal sebagai Contras. Álvarez, yang saat itu berusia hampir 17 tahun, tergabung dalam kelompok pemuda Katolik dan menyatakan penentangannya terhadap perintah rezim ini.

Dalam wawancara tahun 2018 dengan La Prensa yang dikutip oleh media Article66, Alvarez mengingat bahwa ayahnya menawarkan untuk membawanya ke luar negeri dua hari sebelum undang-undang tersebut mulai berlaku. Namun, pemuda itu memilih untuk tetap tinggal di Nikaragua.

Álvarez menolak untuk melakukan dinas militer dan ditangkap beberapa kali. Rumahnya digerebek dan penganiayaan yang dialami keluarganya memaksanya untuk berlindung di Guatemala, tempat ia kemudian akan bersatu kembali dengan kerabatnya.

  1. Ia belajar di Roma dan ditahbiskan sebagai pendeta pada usia 28 tahun.
    Di Guatemala, Álvarez menyelesaikan sekolah menengah atas dan memulai studinya di bidang filsafat di Seminari Tinggi Nasional Our Lady of the Assumption di Guatemala City. Ia memperoleh gelar sarjana teologi dari Universitas Kepausan Lateran di Roma dan gelar filsafat dari Universitas Kepausan Gregorian.

Sementara itu, pemerintahan Sandinista pertama Daniel Ortega berakhir pada Februari 1990. Pada 7 Desember 1994, di katedral metropolitan Maria Dikandung Tanpa Noda dari Keuskupan Agung Managua, Álvarez ditahbiskan menjadi pendeta pada usia 28 tahun.

Ia juga bekerja sebagai dosen dan prefek di seminari Managua dari tahun 1994–2006 dan memimpin Radio Katolik Nikaragua mulai tahun 2001. Pada Maret 2011, Paus Benediktus XVI mengangkatnya menjadi uskup Matagalpa dan pada Juli 2021, Paus Fransiskus mempercayakannya dengan administrasi apostolik Keuskupan Estelí.

  1. Meskipun mengalami pelecehan oleh rezim Sandinista, ia tetap melanjutkan pelayanannya sebagai uskup. Pada tahun 2007, Ortega kembali berkuasa dan, meskipun pada awalnya hubungan dengan Gereja tampak membaik, dua tahun kemudian ketegangan kembali berkobar, terutama karena kritik para uskup terhadap rekayasa terus-menerus pemimpin Sandinista dalam pemilihannya kembali untuk mempertahankan kendali negara.

Situasi memburuk sejak April 2018 dengan demonstrasi menentang reformasi pensiun dan kesehatan. Selama penindasan, yang berlangsung beberapa bulan, agen pemerintah mengepung sebuah gereja tempat sekelompok anak muda berlindung.

Untuk menyelesaikan krisis, Gereja Katolik mencoba memediasi pembicaraan antara pemerintah dan oposisi dan Álvarez adalah salah satu perwakilan yang dipilih oleh para uskup. Namun, pembicaraan gagal dan krisis berlangsung selama beberapa bulan.

Pada bulan Juni tahun itu, Álvarez mengecam serangan terhadap Pusat Pastoral Cartuja di Matagalpa. Selain itu, pada bulan September sekelompok pendukung rezim menghinanya dengan memanggilnya “teroris” dan “pembunuh” ketika mobilnya dihentikan oleh sekelompok polisi di jalan raya.

Pada bulan Juli 2019, uskup mengatakan bahwa selama kunjungan pastoral ke komunitas di La Joya, ia diperingatkan oleh penduduk setempat bahwa ia sedang diawasi oleh orang-orang bersenjata.

Meskipun mengalami pelecehan, uskup tersebut melanjutkan karya pastoralnya dan pada bulan Februari 2020 menerbitkan dekalog etika untuk para politisi dalam menghadapi pemilihan umum pada tanggal 7 November tahun berikutnya.

Pada bulan Juni 2021, ia menyerukan toleransi, karena “Nikaragua sedang mengalami konflik yang serius dan kompleks.” Saat itu, polisi Nikaragua telah mengurung tiga kandidat presiden di rumah mereka dan kandidat oposisi utama, Cristina Chamorro, berada dalam tahanan rumah.

  1. Diculik dan Dipenjarakan

Pada pertengahan Mei 2022, Álvarez memulai aksi mogok makan karena pelecehan polisi juga memengaruhi keluarganya. Ia mengatakan akan terus melakukan aksi mogok makan hingga privasi keluarganya dihormati.

Pada tanggal 4 Agustus, Álvarez keluar dari kediamannya sambil memegang Sakramen Mahakudus dalam monstrans sebagai tanggapan atas polisi yang tidak mengizinkan para pendeta dan kolaboratornya masuk untuk merayakan Misa di kapel kanselir.

Setelah hampir satu jam menyerukan dialog dan penghormatan terhadap Gereja, uskup kembali ke dalam dan merayakan Ekaristi bersama para kolaboratornya. Polisi antihuru-hara berdiri di luar pintu dan mengurung mereka di kediaman tersebut hingga tanggal 19 Agustus.

Pada pagi hari tanggal 19 Agustus, polisi mendobrak masuk ke kanselir dan membawa pergi Álvarez, bersama para pendeta, seminaris, dan kaum awam yang menemaninya. Uskup dipindahkan ke Managua dan ditempatkan dalam tahanan rumah.

Meskipun ada kekhawatiran yang disuarakan oleh para uskup Nikaragua dan Paus Fransiskus, selama bulan-bulan berikutnya sang uskup terus mendapat tekanan dari rezim tersebut, yang pada 10 Februari 2023, menjatuhkan hukuman 26 tahun empat bulan penjara kepadanya, menuduhnya melakukan “pengkhianatan” dan mencabut kewarganegaraan Nikaraguanya.

Hukuman tersebut dijatuhkan satu hari setelah 222 tahanan politik, termasuk beberapa pendeta, dideportasi ke Amerika Serikat. Uskup tersebut menolak untuk menjadi bagian dari kelompok tersebut dan naik pesawat.

Hukuman terhadap uskup tersebut dikecam oleh para uskup dan organisasi internasional. Sementara itu, Paus Fransiskus menyatakan pada 12 Februari keprihatinannya terhadap Álvarez, “yang sangat saya cintai.”

Sementara uskup Matagalpa dipenjara, kedutaan besar Vatikan ditutup di Nikaragua pada 17 Maret atas permintaan pemerintah Ortega setelah Paus dalam sebuah wawancara membandingkan rezim Sandinista dengan “kediktatoran komunis tahun 1917 atau kediktatoran Hitler tahun 1935.” (AES)

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini