Sabtu, Oktober 5, 2024
26.3 C
Jakarta

Situasi di Lebanon Semakin Meningkat, Umat Kristiani Teguh Menentang Perang

LEBANON, Pena Katolik – “Tidak untuk perang!” telah menjadi seruan di antara komunitas Kristiani di Lebanon. Mereka telah mempertahankan sikap ini sejak bentrokan antara Hizbullah dan Israel mulai memanas. Umat Kristen di Lebanon bersiap untuk menghadapi periode baru kehancuran, ketakutan, dan pengungsian.

Pertempuran antara Hizbullah dan Israel menyebar ke berbagai wilayah negara itu. Rudal yang diluncurkan dari Lebanon menjangkau lebih jauh ke Israel. Sementara itu, serangan Israel menargetkan wilayah tertentu di seluruh Lebanon yang terkait dengan Hizbullah. Serangan ini termasuk di selatan, wilayah Bekaa, dan pinggiran selatan Beirut. Meskipun ini merupakan eskalasi terburuk sejak 2006, ini belum dianggap sebagai “perang skala penuh.”

Sementara kota-kota Kristen sejauh ini menghindari penembakan langsung, mereka belum luput dari konsekuensinya. Dalam situasi yang sangat akrab bagi orang Lebanon sejak 1975, muncul pertanyaan penting: Bagaimana komunitas Kristen mengatasi konflik yang semakin meningkat?

Wilayah Kristen terancam

Situasi yang berubah dengan cepat di lapangan menimbulkan ketakutan di kalangan umat Kristiani. Mereka khawatir tentang kegagalan untuk menetapkan gencatan senjata dan potensi situasi menjadi tidak terkendali. Kekhawatiran ini membentuk kehidupan sehari-hari mereka.

Dalam perkembangan terkini dengan implikasi politik yang jelas, pesawat Israel menargetkan sebuah kota di distrik Keserwan di Gunung Lebanon untuk pertama kalinya Rabu lalu. Daerah ini dikenal sebagai jantung komunitas Kristen karena populasi Maronitnya yang besar dan keberadaan situs keagamaan penting seperti Patriarkat Maronit dan Kuil Our Lady of Lebanon.

Namun, distrik tersebut juga mencakup beberapa desa dengan mayoritas Muslim Syiah, termasuk Al-Ma’aysarah. Terletak sekitar 24 mil dari Beirut, kota ini langsung diserang dalam sebuah serangan yang menargetkan seorang pejabat Hizbullah.

“Kami berusaha untuk hidup normal sebisa mungkin, tetapi kami diliputi rasa takut. Tidak ada tempat yang terasa aman lagi setelah pengeboman kota terdekat [Al-Ma’aysarah]. Kami menginginkan kehidupan yang normal. Kami ingin anak-anak kami kembali bersekolah. Kami berdoa agar Tuhan menyelamatkan kami dari kegilaan ini.”

Segera setelah itu, daerah di sekitar kota Ras Ashtar, di jalan menuju Annaya di distrik Jbeil, juga menjadi sasaran. Jalan ini mengarah ke Biara Mar Maroun Annaya, tempat makam St. Charbel berada. Suara tembakan bergema melalui desa-desa Kristen di sekitarnya dan mencapai biara yang terkenal itu.

“Kami tidak takut. St. Charbel ada di sini bersama kami. Pengeboman kota di jalan menuju tempat pemujaannya tidak akan menghentikan orang-orang untuk mengunjungi biara. Doa kami tidak akan berhenti. Lebanon berada di bawah perlindungan orang sucinya,” kata mereka kepada ACI Mena.

Mengungsi ke Daerah Aman

Kota-kota Kristen di seluruh Lebanon kini dipenuhi orang-orang yang mengungsi dari desa-desa selatan yang diserang. Lebih dari 90.000 orang telah mengungsi, menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi. Rumah sewa, sekolah umum, dan hotel telah membuka pintu mereka untuk menampung mereka. Namun, ini tidak terjadi di mana-mana.

ACI Mena mengetahui bahwa beberapa desa di daerah Keserwan menolak untuk menyewakan rumah-rumah kosong. Mereka khawatir orang-orang yang mengungsi mungkin memiliki hubungan dengan kelompok militan, yang berpotensi membahayakan desa mereka.

Baik penganut Syiah maupun beberapa orang Kristen yang tinggal di desa-desa perbatasan telah mengungsi, sementara sebagian besar penganut Kristen telah pergi sebelum eskalasi militer baru-baru ini.

Patriark Gereja Katolik Maronit, Mar. Bechara Boutros al-Rahi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang menerima orang-orang yang menderita di rumah mereka di daerah yang aman. Langkah ini ditempuh sambil menekankan perlunya gencatan senjata segera. Patriark yang diangkat Kardinal pada masa Benediktus XVI tahun 2012 ini menyerukan dihentikannya serangan, untuk menghindari lebih banyak korban.

Sekolah-sekolah Katolik belum membuka pintu mereka untuk para pengungsi. Lembaga pendidikan mengumumkan bahwa mulai Senin, 30 September, pendidikan mungkin dilanjutkan baik secara langsung, virtual, atau dalam mode hibrida.

Eksodus dari kota

Beirut dan daerah pinggirannya melihat beberapa keluarga Kristen pindah ke rumah musim panas mereka di daerah pedesaan. Banyak yang percaya bahwa perlu untuk menjauhkan diri dari ibu kota, fasilitas utamanya, dan pinggiran selatannya.

Namun, perpindahan ini terutama merupakan tindakan pencegahan, terutama jika serangan meningkat. Banyak yang khawatir terulangnya skenario perang 2006, di mana jembatan dan jalan penting yang menghubungkan distrik-distrik dibom, sehingga mustahil untuk meninggalkan Beirut menuju Gunung Lebanon dan utara. Selama konflik itu, banyak yang terjebak di rumah mereka, terisolasi dan takut mati di jalan.

Pemandangan bandara dan pasar

Di Bandara Internasional Beirut, aula keberangkatan penuh sesak, sementara terminal kedatangan kosong. Sebagian besar maskapai penerbangan yang masih beroperasi di Beirut membatalkan penerbangan. Situasi ini menambah kecemasan.

Hal ini meredam harapan bagi sebagian umat Kristen yang ingin meninggalkan negara itu jika perang skala besar meletus. Pencarian cepat untuk penerbangan yang meninggalkan Beirut menunjukkan bahwa semuanya sudah dipesan hingga pertengahan Oktober, tanpa ada kursi yang tersedia.

Situasi di pom bensin serupa. Pemilik stasiun pengisian bahan bakar di Sin el-Fil (Gunung Lebanon) melihat banyak orang membeli bensin dan bahkan solar dalam tiga hari terakhir.

“Menjelang musim dingin, banyak orang takut terjebak di rumah mereka di Metn bagian tengah dan atas tanpa pemanas jika perang pecah.”

Ia menegaskan bahwa “stok masih cukup, tetapi ketakutan masyarakat Lebanon mendorong mereka untuk menimbun terlalu banyak setiap saat, khawatir kehabisan atau harga melambung tinggi. (AES)

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini