Jumat, September 20, 2024
25.8 C
Jakarta
spot_img

20.000 orang menunggu Misa yang memperingati 50 tahun Jalan Neokatekumenal di A.S.

NEW YORK, Pena Katolik – Lebih dari 20.000 orang berpartisipasi dalam Misa hari Minggu, 7 Juli 2024 untuk memperingati 50 tahun Jalan Neokatekumenal (the Neocatechumenal Way) di Amerika Serikat. Ekaristi dipimpin oleh Nuncio Apostolik untuk AS, Kardinal Christophe Pierre di Barclays Center di Brooklyn, New York.

Misa ini memperingati kedatangan penggagas kerasulan ini, Kiko Argüello dan Carmen Hernández ke New York pada tahun 1974. Turut serta dalam Misa tersebut adalah ribuan anak muda dari berbagai penjuru Amerika Serikat yang tiba di Brooklyn.

Di akhir liturgi, sekitar 1.000 remaja putra bangkit untuk menunjukkan bahwa mereka memasuki seminari untuk memulai persiapan mereka menjadi imam. Sementara itu 1.500 remaja putri lainnya berdiri untuk mengungkapkan keinginan mereka untuk memberikan hidup mereka kepada Kristus dengan memasuki biara atau sebagai misionaris.

Meski Argüello tidak menghadiri Misa secara langsung, ia mengikuti perayaan tersebut melalui panggilan video dari Madrid, Spanyol. Dia teringat bagaimana pada tahun 1974, dia mengunjungi beberapa pastor paroki di New York. Ia mendatangi paroki itu, berdasarkan daftar yang diberikan kepadanya oleh uskup agung saat itu, Kardinal Terence Cooke. Imam terakhir yang dia temui setuju untuk memulai komunitas Jalan Neokatekumenal.

“Pada peringatan penting Jalan Neokatekumenal di Amerika Serikat ini, saya menyambut Anda atas nama Paus Fransiskus dan menegaskan kembali dukungan dan penghargaannya terhadap karya yang dilakukan Jalan Neokatekumenal dalam pelayanan evangelisasi,” kata Kardinal Pierre. kotbah.

Bapa Suci berpesan kepada para anggota kerasulan ini pada tahun 2018 di Italia, bahwa karisma mereka adalah anugerah besar dari Tuhan bagi Gereja di zaman ini.

“Ada rasa haus akan Tuhan yang tidak dapat dipuaskan oleh sekularisasi… Inilah misi Gereja: membuka pintu bagi kembalinya para pendosa,” tegasnya.

Kardinal Pierre didampingi Kardinal Joseph Tobin (Uskup Newark, New Jersey), Uskup Auxiliary Mgr. Michael Saporito dan Mgr. Elias Lorenzo; Mgr. Robert Brennan (Uskup Brooklyn), Uskup Pembantu Mgr. James Massa dan Uskup Emeritus Brooklyn, Mgr. Nicholas DiMarzio, selain beberapa uskup Amerika lainnya. Ada sekitar 300 imam mengikuti Misa ini.

Di Amerika Serikat terdapat 1.100 komunitas, selain ratusan keluarga yang menjalankan misi ini. Terdapat juga sembilan seminari keuskupan Redemptoris Mater, di mana 300 seminaris kini sedang mempersiapkan diri untuk menjadi imam dan total 270 imam telah menyelesaikan formasi mereka. Seminarinya berada di Newark, New Jersey; Washington DC.; Boston; Denver; Dallas; Brooklyn, New York; Bridgeport, Koneksi; Miami; dan Filadelfia.

Apakah Jalan Neokatekumenal itu?

Jalan Neokatekumenal secara resmi disetujui oleh Tahta Suci pada tahun 2008, bukan sebagai sebuah asosiasi atau gerakan, namun sebagai “katekumenat” pasca baptisan, sebagai instrumen untuk membantu paroki dan keuskupan dalam pekerjaan evangelisasi. Saat ini Jalam Neokatekumenal hadir di 135 negara dengan sekitar 25.000 komunitas, sehingga total anggotanya lebih dari 1 juta. (AES)

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini