Home BERITA TERKINI Mgr. Fransiskus Nipa Resmi Menjadi Uskup Agung Makassar

Mgr. Fransiskus Nipa Resmi Menjadi Uskup Agung Makassar

0

MAKASSAR, Pena Katolik – Mgr. Fransiskus Nipa secara resmi menerima tugas penggembalaan menjadi Uskup Agung Makassar pada Misa di Katedral Makassar, 17 Oktober 2024. Ia menerima peralihan tugas ini dari Mgr. John Liku Ada yang telah memasuki masa pensiun. Mgr. John sebelumnya sudah memimpin Keuskupan Agung Makassar (KAM) selama 33 tahun.

Saat menyampaikan homili, Kardinal Ignatius Suharyo berharap umat di KAM terus berjalan bersama-sama dalam dinamika iman persaudaraan dan belarasa. Ia mengajak umat untuk belajar dari St. Paulus, bertumbuh dari kesempurnaan kekudusan.

“Kita dipanggil untuk menjadi kudus, dengan menghayati hidup kita dengan kasih dan masing-masing memberikan kesaksiannya sendiri dalam kegiatan sehari-hari di manapun kita berada,” ungkap Kardinal Suharyo.

Sekretaris Jenderal Konferensi Waligereja Indonesia, Mgr. Paskalis Bruno Syukur OFM menyampaikan terima kasih atas pelayanan Mgr. John di KAM. Ia menyampaikan selamat bertugas kepada Mgr. Fransiskus yang secara resmi telah memulai tugas penggembalaan di KAM.

Paus Fransiskus telah menunjuk Mgr. Fransiskus Nipa, sebagai Uskup Agung Koajutor Makassar. Saat ini, Mgr. Fransiskus adalah Vikaris Yudisial Keuskupan Agung Makassar dan membantu sebagai Pastor Rekan Paroki Katedral Makassar, Sulawesi Selatan.

Mgr. Fransiskus lahir pada tanggal 29 Januari 1964 di Marcali. Ia belajar filsafat dan teologi di Fakultas Teologi Wedabhakti Yogyakarta. Ia ditahbiskan menjadi imam pada 3 Juli 1990. Ia kemudian diutus belajar Hukum Gereja di Universitas Kepausan Urbaniana Roma, Italia. Hingga kini, ia masih mengajar di Institut Katekese-Pastoral Toraja.

Ia ditahbiskan menjadi imam pada 3 Juli 1990 oleh Mgr. Franciscus van Roessel, CICM, Uskup Agung Makassar pada masa itu. Usai tahbisan imam, ia mendapatkan aneka tugas pastoral, diantaranya sebagai Pastor Vikaris Parokial dan Pastor Paroki di beberapa paroki, yakni di Paroki Messawa, Paroki Mamasa, Paroki Polewali, Paroki Kare, dan terakhir ia bertugas di Paroki Katedral Makassar. Ia sempat menempuh pendidikan lanjut di Roma untuk mendalami Hukum Gereja.

Mgr. Fransiskus Nipa ditahbiskan menjadi Uskup Agung Kuajutor Makassar hari ini di Makassar, Sulawesi Selatan. Nunsius Apostolik untuk Indonesia, Mgr. Piero Pioppo memimpin Misa Tahbisan Uskup ini didampingi Mgr. John Liku Ada dan Mgr. Benedictus Stephanus Rolly Untu MSC. (AES)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version