Home BERITA TERKINI Paus Fransiskus: Kekayaan Sejati adalah Dicintai oleh Tuhan.

Paus Fransiskus: Kekayaan Sejati adalah Dicintai oleh Tuhan.

0

VATIKAN, Pena Katolik – “Kebahagiaan tidak ditemukan dalam hal-hal materi, tetapi dalam Tuhan sendiri, yang menunjukkan kepada kita sukacita yang ditemukan dalam menjadikan hidup kita sebagai hadiah bagi orang lain,” kata Paus Fransiskus dalam pidato Angelusnya hari Minggu 13 Oktober 2024.

Paus merenungkan betapa banyak orang membawa dalam [hati mereka] kebutuhan yang tak tertahankan untuk kebahagiaan dan untuk kehidupan yang penuh makna.

“Mari kita ingat ini: Kekayaan sejati bukanlah barang-barang dunia ini. Kekayaan sejati adalah dicintai oleh Tuhan dan belajar untuk mencintai seperti Dia,” kata Fransiskus.

Paus menyampaikan refleksi ini sebagai tanggapan terhadap bacaan Injil hari Minggu dari Bab 10 Injil Markus, yang akan dibacakan dengan suara keras di setiap gereja Katolik Roma di seluruh dunia pada Misa hari Minggu ini.

Injil menceritakan kisah seorang kaya yang berlutut di hadapan Yesus dan bertanya kepadanya: “Guru yang baik, apa yang harus aku perbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?”

“Yesus ingin membawa kita kembali ke kebenaran keinginan kita dan membuat kita menemukan bahwa, pada kenyataannya, kebaikan yang kita dambakan adalah Tuhan sendiri, kasih-Nya bagi kita dan kehidupan kekal yang hanya dapat diberikan-Nya kepada kita.”

Paus Fransiskus mendorong orang-orang untuk berdoa memohon perantaraan Perawan Maria “untuk membantu kita menemukan harta kehidupan dalam Yesus.”

Permohonan perdamaian

Setelah memanjatkan doa Angelus dalam bahasa Latin, dan memberikan berkatnya kepada orang banyak yang berkumpul di Lapangan Santo Petrus, Paus kembali menyerukan gencatan senjata segera di Timur Tengah. Ia mendesak semua pihak untuk menghentikan kekerasan dan mencari perdamaian melalui dialog.

“Saya dekat dengan semua populasi yang terlibat, di Palestina, Israel, dan Lebanon, di mana saya meminta agar pasukan penjaga perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa dihormati,” katanya.

Paus memanjatkan doa bagi para korban konflik, orang-orang terlantar, dan para sandera, menyerukan pembebasan mereka segera. Ia mengutuk siklus kebencian dan balas dendam yang memicu kekerasan, dengan menggambarkan perang sebagai “ilusi” dan kekalahan bagi semua orang, terutama bagi mereka yang percaya bahwa mereka tak terkalahkan.

“Tolong hentikan! Perang tidak akan pernah mendatangkan perdamaian maupun keamanan.”

Paus Fransiskus memperluas seruannya untuk mencakup wilayah lain yang menghadapi kekerasan, termasuk Ukraina, tempat ia menyerukan diakhirinya serangan udara terhadap warga sipil dan perlindungan bagi mereka yang paling rentan saat cuaca berubah dingin, “agar warga Ukraina tidak dibiarkan mati kedinginan.

Paus juga menyoroti inisiatif doa global yang dijadwalkan pada 18 Oktober 2024, yang diselenggarakan oleh Yayasan Aid to the Church in Need, yang meminta 1 juta anak untuk membaca rosario demi perdamaian.

Memperhatikan bahwa hari Minggu ini menandai peringatan penampakan terakhir Bunda Maria dari Fátima. Paus Fransiskus mempercayakan kepada perantaraan Perawan Maria “Ukraina, Myanmar, Sudan yang tersiksa, dan populasi lain yang menderita akibat perang dan segala bentuk kekerasan dan kesengsaraan. (AES)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version