Minggu, September 22, 2024
34.2 C
Jakarta
spot_img

Paus Fransiskus merayakan ulang tahun panggilannya menjadi imam

VATIKAn, Pena Katolik – Tujuh puluh satu tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 21 September 1953, panggilan imamat Jorge Mario Bergoglio yang masih muda lahir. Ia memasuki novisiat Serikat Yesus pada tanggal 11 Maret 1958, dan ditahbiskan menjadi imam pada tanggal 13 Desember 1969. Ia ditahbiskan beberapa hari sebelum ulang tahunnya yang ke-33. Pada tanggal 13 Maret 2013, ia terpilih menjadi paus.

Dalam homili yang disampaikan pada bulan Mei 2013, Paus Fransiskus berbagi cerita tentang saat ia merasakan gejolak panggilan menjadi imam.

“Saya melewati paroki tempat saya akan pergi, bertemu dengan seorang imam, yang tidak saya kenal, dan merasa perlu untuk mengaku dosa. Ini adalah pengalaman perjumpaan: Saya menemukan bahwa seseorang sedang menunggu saya.”

Paus menjelaskan bahwa ia tidak tahu mengapa ia merasa terpanggil untuk mengaku dosa, terutama karena ia tidak mengenal imam tersebut. Setelah pengakuan dosa, ia merasa ada sesuatu yang berubah.

“Saya tidak sama lagi. Saya mendengar sesuatu seperti suara, panggilan: Saya yakin bahwa saya harus menjadi seorang imam,” katanya.

Hari ketika Paus Fransiskus mengalami perubahan hidup juga bertepatan dengan hari ketika Gereja merayakan pesta St. Matius, pemungut cukai yang dipanggil Yesus untuk menjadi rasul.

Mengingat bahwa panggilannya sendiri datang melalui pengalaman belas kasih Tuhan, Paus Fransiskus memilih mottonya, “Miserando atque eligendo,” dari homili yang disampaikan oleh St. Bede atas panggilan St. Matius. Kutipan tersebut diterjemahkan menjadi “dengan memiliki belas kasih, ia memanggilnya.”

Paus juga telah berulang kali menggambarkan lukisan panggilan St. Matius karya Caravaggio di Gereja San Luigi dei Francesi di Roma.

Dalam homili yang disampaikan pada 21 September 2017, Paus Fransiskus mengenang: “Yesus datang setelah menyembuhkan seorang lumpuh dan ketika ia pergi, ia bertemu dengan seorang pria bernama Matius. Injil mengatakan: ‘Ia melihat seorang pria bernama Matius.’ Dan di manakah pria ini? Duduk di bilik pajak. Salah satu dari mereka yang membuat orang Israel membayar pajak, untuk diberikan kepada orang Romawi — seorang pengkhianat negaranya.”

“Pria itu merasa dipandang rendah oleh Yesus. Ia berkata kepadanya, ‘Ikutlah Aku.’ Dan ia bangkit dan mengikuti-Nya. Tetapi apa yang terjadi? Itulah kekuatan tatapan Yesus. Tentunya ia menatapnya dengan begitu banyak kasih, dengan begitu banyak belas kasihan, tatapan Yesus yang penuh belas kasihan. ‘Ikutlah Aku, datanglah,’” katanya. “Dan yang lainnya melihat ke samping, dengan satu mata menatap Tuhan dan yang lainnya menatap uang, berpegang teguh pada uang seperti yang dilukis Caravaggio: persis seperti itu, berpegang teguh dan juga dengan tatapan masam, kasar. Dan Yesus penuh kasih, penuh belas kasihan. Dan perlawanan orang yang menginginkan uang — ia adalah budak uang — pun runtuh.”

Paus juga telah berbagi bahwa ia sering merasa dapat memahami Matius. “Jari Yesus seperti itu, ke arah Matius. Begitulah saya. Begitulah perasaan saya. Seperti Matius,” kata Paus Fransiskus dalam sebuah wawancara dengan Pastor Antonio Spadaro.

“Gerakan Matius itulah yang membuat saya tersadar,” kata Paus. “Ia meraih uangnya, seolah berkata: ‘Tidak, bukan saya! Tidak, uang ini milik saya!’ Inilah saya: seorang pendosa yang kepadanya Tuhan telah mengarahkan pandangan-Nya. Dan inilah yang saya katakan ketika mereka bertanya kepada saya apakah saya akan menerima pemilihan saya sebagai paus.” (AES)

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini