Selasa, September 17, 2024
28.6 C
Jakarta
spot_img

Ribuan Warga Padati Masjid Istiqlal Ingin Bertemu Paus Fransiskus, Beberapa di Sana Sejak Subuh

JAKARTA, Pena Katolik – Ratusan warga mulai memadati pintu masuk Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis 5 September 2024 pukul 08.30 WIB. Mereka ingin menyapa dan bertemu Paus Fransiskus yang diagendakan berkunjung ke terowongan silahturahmi Masjid Istiqlal-Gereja Katederal pukul 09.00 WIB.

Ratusan warga berjajar di sepanjang terotoar Jalan Taman Penjambon sampai Jalan Katedral di sekitar pintu masuk Masjid Istiqlal. Beberapa warga tampak mengenakan payung untuk melindungi diri dari sinar matahari pagi. Para warga tampak dijaga aparat keamanan.

Salah satu warga bahkan mengaku sudah berada di pintu masuk sejak jam 05.00 WIB. Ia hanya ingin menyapa dan bertemu Paus Fransiskus.

“Saya ingin melihat pemimpin besar umat Katolik. Semoga mendapatkan berkah,” kata Dias di lokasi.

Saat Kedatangannya, Paus disambut Imam Besar Masjiqd Istqlal, KH Nasarudin Umar. Hingga berita ini diturunkan, Paus Fransiskus sedang berkunjung ke Masjid Istiqlal Jakarta. Terlihat berkumpul di Istqlal di antaranya: Shinta Nuriyar Abdurahmanwahid; Menteri Keuangan, Sri Mulyani; KH Quraish Sihab; dan Mantan Menteri Perindustrian, Mari Eka Pangestu.

 Di Istqlal, Paus akan bertemu sejumlah tokoh lintas agama dan berkunjung ke Terowongan Silaturahmi Istiqlal-Katedral. Kemudian, ia akan melanjutkan pertemuan dengan penerima manfaat dari organisasi amal di kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

Lalu pada sore, pukul 17.00 WIB, Paus akan memimpin misa akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

Lawatan Paus asal Buenos Aires pada 3-6 September ke Indonesia merupakan yang ketiga bagi pemimpin umat Katolik itu. Sebelumnya, Paus Paulus VI mengunjungi Indonesia pada 1970, diikuti 19 tahun kemudian oleh Paus Yohanes Paulus II pada 1989.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini