Home BERITA TERKINI Suster Agnes Sasagawa, Saksi (Visioner) Penampakan Bunda Maria Akita, Meninggal pada Usia...

Suster Agnes Sasagawa, Saksi (Visioner) Penampakan Bunda Maria Akita, Meninggal pada Usia 93 Tahun

0

AKITA, Pena Katolik – Suster Agnes Sasagawa meninggal pada 15 Agustus pada usia 93 tahun pada 15 Agustus 2024. Ia adalah biarawati berkebangsaan Jepang yang mendapat penampakan Perawan Maria dengan gelar Bunda Maria dari Akita. Dalam penampakan itu, Bunda Maria berpesan bagi umat manusia untuk berdoa rosario dan bertobat dari dosa.

Sr. Sasagawa adalah biarawati Institut Para Pembantu Ekaristi Kudus. Selama ini, Sr. Sasagawa, yang telah menjalani perawatan medis selama beberapa waktu. Ia meninggal pada hari raya Maria Diangkat ke Surga.Ia terkenal menerima serangkaian pesan dari Bunda Maria dan menyaksikan fenomena supernatural lainnya yang dimulai 50 tahun yang lalu.

Uskup Niigata, Mgr. John Shojiro Ito kemudian memberikan izin kepada umat di keuskupannya untuk menghormati Bunda Maria dari Akita pada bulan April 1984. Keputusan ini diambil setelah delapan tahun penyelidikan. Mgr. Ito menemukan, bahwa pesan-pesan Bunda Maria AKita “tidak mengandung sesuatu yang bertentangan dengan doktrin atau moral Katolik”, syarat penerimaan pada pengakuan mukjizat iman.

Sr. Katsuko Sasagawa lahir pada tahun 1930 dari keluarga Budha. Ia dibaptis setelah kesaksian seorang perawat Kristen yang memberinya air dari Lourdes untuk diminum. Selanjutnya, ia mengikuti kehidupan religius dan mengambil nama Agnes.

Patung Bunda Maria Akita. IST

Maria Akita

Pengalaman spiritual Sr. Sasagawa yang tidak biasa dimulai pada tahun 1973. Saat itu, ia masih baru mengenal komunitas religius.

Pada tanggal 12 Juni 1973, Sr. Sasagawa melihat sinar cemerlang datang dari tabernakel di biara. Penglihatan itu terjadi lagi pada dua hari berikutnya. Kemudian, pada tanggal 28 Juni 1973, ia mendapat anugerah mistik lain. Terdapat luka berbentuk salib yang menyakitkan dan mengeluarkan banyak darah muncul di tangan Sasagawa.

Pada tanggal 6 Juli 1973, Sr. Sasagawa mendengar suara yang berasal dari patung kayu Maria yang ada di biara. Patung itu diukir dari satu balok kayu satu dekade sebelumnya. Suara itu memberitahunya, bahwa masalah pendengarannya saat itu akan disembuhkan. Suara itu juga menyerukan, bahwa dia harus “berdoa untuk silih dosa manusia”. Suara itu juga mengajarinya doa pengabdian kepada hati Yesus.

Segera setelah itu, patung Maria di biara mengalami luka yang mirip dengan luka Sr. Sasagawa, tetapi di sisi yang berlawanan. Seiring waktu, luka Sr. Sasagawa akhirnya hilang.

Pada tanggal 3 Agustus 1973, Bunda Maria kembali berbicara dengan Sasagawa, berbicara tentang pesan “penting” yang harus disampaikan Sasagawa kepada atasannya.

“Banyak orang di dunia ini yang menindas Tuhan. Aku rindu jiwa-jiwa menghiburnya untuk melunakkan murka Bapa Surgawi. Aku berdoa, bersama Puteraku, bagi jiwa-jiwa yang mau memperbaiki penderitaan dan kemiskinan mereka bagi para pendosa dan orang-orang yang tidak tahu berterima kasih. Agar dunia mengetahui kemarahannya, Bapa Surgawi bersiap untuk memberikan hukuman besar kepada seluruh umat manusia,” kata Bunda Maria kepada Sr. Sasagawa.

“Bersama Putraku aku telah campur tangan berkali-kali untuk meredakan murka Bapa. Aku telah mencegah datangnya malapetaka dengan mempersembahkan kepadanya penderitaan Putra di kayu salib, darah-Nya yang berharga, dan jiwa-jiwa terkasih yang menghibur Dia dengan membentuk kelompok jiwa-jiwa korban. Doa, penebusan dosa, dan pengorbanan yang berani dapat melunakkan amarah Bapa. Saya juga menginginkan hal ini dari komunitas Anda… agar mereka mencintai kemiskinan, agar mereka menyucikan diri mereka sendiri dan berdoa sebagai silih atas rasa tidak berterima kasih dan kemarahan banyak orang.”

Bunda Maria kemudian meminta Sr. Sasagawa untuk mendaraskan doa para Hamba Ekaristi dengan kesadaran akan maknanya; mempraktikkannya; menawarkan perbaikan (apa pun yang Tuhan kirimkan) untuk dosa.

Pesan Kedua

Pesan kedua Bunda Maria kepada Sr. Sasagawa terjadi pada 13 Oktober 1973, hari peringatan kemunculan Maria di Fatima.

“Seperti yang telah Aku katakan kepadamu, jika manusia tidak bertobat dan memperbaiki diri, Bapa akan memberikan hukuman yang mengerikan kepada seluruh umat manusia. Ini akan menjadi hukuman yang lebih besar dari air bah, yang belum pernah terjadi sebelumnya. Api akan turun dari langit dan melenyapkan sebagian besar umat manusia, baik yang baik maupun yang jahat, baik para imam maupun umat beriman. Orang-orang yang selamat akan mendapati diri mereka begitu sunyi sehingga mereka iri pada orang mati. Satu-satunya lengan yang tersisa untukmu hanyalah rosario dan tanda yang ditinggalkan oleh Putraku. Setiap hari mendaraskan doa rosario. Dengan rosario, berdoalah untuk Paus, para uskup, dan para imam,” kata Bunda Maria.

“Pekerjaan iblis akan menyusup bahkan ke dalam Gereja sedemikian rupa sehingga orang akan melihat para kardinal menentang para kardinal, uskup melawan uskup. Para imam yang menghormati saya akan dicemooh dan ditentang oleh rekan-rekan mereka… gereja-gereja dan altar-altar dijarah; Gereja akan penuh dengan orang-orang yang menerima kompromi, dan setan akan mendesak banyak imam dan jiwa-jiwa yang dikuduskan untuk meninggalkan pelayanan kepada Tuhan. Setan akan sangat keras kepala terhadap jiwa-jiwa yang dikuduskan kepada Tuhan. Pikiran tentang hilangnya begitu banyak jiwa adalah penyebab kesedihanku. Jika dosa bertambah jumlah dan beratnya, tidak akan ada lagi pengampunan bagi dosa tersebut.”

Terus Berlanjut

Pada bulan Januari 1975, hampir dua tahun kemudian, patung Maria mulai menangis – terus menangis sebanyak 101 kali selama tujuh tahun berikutnya. Sebuah stasiun televisi Jepang dilaporkan merekam tangisan tersebut.

Dalam surat tertanggal 22 April 1984, Mgr. Ito mengakui “karakter supernatural dari serangkaian peristiwa misterius mengenai patung Bunda Suci Maria.”

“Oleh karena itu, saya mengizinkan, di seluruh keuskupan, untuk melakukan penghormatan terhadap Bunda Suci Akita, sambil menunggu Takhta Suci menerbitkan keputusan pasti mengenai masalah ini,” tulis uskup.

“Dan saya meminta agar diingat bahwa meskipun Tahta Suci kemudian mengeluarkan keputusan yang sehubungan dengan peristiwa Akita, itu hanyalah wahyu pribadi dari Tuhan. Umat ​​​​Kristen diwajibkan untuk hanya mempercayai isi wahyu ilahi yang bersifat publik (ditutup setelah kematian Rasul terakhir), yang berisi semua yang diperlukan untuk keselamatan. Meskipun demikian, Gereja, hingga saat ini, juga telah banyak memberikan wahyu ilahi secara pribadi untuk memperkuat iman,” lajut Mgr. Ito.

Sebuah kapel yang dibangun didedikasikan untuk Maria Bunda Penebusselesai dibangun di Akita pada tahun 2002. Kapel ini menjadi tujuan ziarah dan sejak tahun 2017 telah dikunjungi sekitar 7.000 peziarah setiap tahunnya.

Vatikan hingga kini belum secara resmi mengakui mukjizat Bunda Maria dari Akita. Kardinal Joseph Ratzinger pada tahun 1988 mendukung penilaian Mgr. Ito dan menyampaikan bahwa penampakan dan pesan-pesan itu dapat diterima oleh umat beriman. (AES)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version