Home BEASISWA Festival Praktisi Mengajar San Agustin ‘Redefining Education with Transformative Learning’

Festival Praktisi Mengajar San Agustin ‘Redefining Education with Transformative Learning’

0

LANDAK, Pena Katolik | Kamis 25 Juli 2024- Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo baru-baru ini telah berhasil menyelenggarakan Festival Praktisi Mengajar 4 dengan tema “Redefining Education with Transformative Learning“.

Acara yang berlangsung pada 17 Juli 2024 ini digelar secara hybrid, baik offline di Gedung C1 Kampus Utama San Agustin maupun online melalui platform Zoom.

Festival ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang konsep pendidikan transformatif yang berpusat pada perubahan mendasar dalam metode dan pelaksanaan pembelajaran.

Acara ini dihadiri oleh para praktisi pendidikan, dosen, dan mahasiswa dari berbagai latar belakang.

Salah satu highlight dari festival ini adalah sesi talkshow yang menampilkan berbagai narasumber berkompeten, termasuk dosen dan praktisi pendidikan.

Dalam kesempatan itu, Veggie berhasil menuliskan informasi salah satu narasumber, Kristian, M.Ed., M.A., yang terlibat dalam program Praktisi Mengajar 4 sekaligus guru di SMAN 01 Ngabang. 

Ketika ditanya mengenai evaluasi keberhasilan program dan rencana ke depan, Kristian menyampaikan bahwa evaluasi dilakukan dalam setiap pertemuan bersama dosen dan praktisi dengan cara merefleksikan hasil pengajaran sehingga ditemukan keunggulan dan kelemahan.

San Agustin Praktisi Mengajar (2024)

“Keunggulan akan terus ditingkatkan, sedangkan kelemahan menjadi masukan bagi pengajaran selanjutnya,” kata Kristian (17/07/24).

Kristian juga menambahkan harapannya untuk program ini di masa depan, agar kolaborasi terus berlanjut dan dapat ‘berdaya-guna’ untuk banyak orang.

“Untuk selanjutnya, kami masih ingin mendaftar dan berpartisipasi di Praktisi Mengajar 5. Semoga dibuka lagi. Dan kolaborasi yang baik ini akan terus ditingkatkan demi kebermanfaatan bagi mahasiswa,” pungkasnya, (17/07/24).

Selain sesi talkshow, Veggie juga meliput serangkaian festival yang mengadakan Students’ Poster Presentation, di mana mahasiswa berkesempatan memamerkan poster-poster mereka yang menggambarkan berbagai ide inovatif di bidang pendidikan.

Festival Praktisi Mengajar 4 itu terbuka bagi mahasiswa, dosen, serta praktisi pendidikan yang ingin meningkatkan pemahaman mereka tentang pendidikan transformatif.

Diharapkan bahwa acara ini dapat memberikan dampak yang positif bagi kemajuan pendidikan di Indonesia.

Menurut Veggie dengan berhasilnya penyelenggaraan Festival Praktisi Mengajar 4 ini, Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo sekali lagi membuktikan komitmennya dalam memajukan dunia pendidikan melalui kolaborasi dan inovasi. (Sam).

Tidak ada komentar

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version