Home BERITA TERKINI Inilah Helena Kmieć, yang Mungkin Bisa Menjadi “Carlo Acutis” Berikutnya

Inilah Helena Kmieć, yang Mungkin Bisa Menjadi “Carlo Acutis” Berikutnya

0

KRAWKOW, Pena Katolik – Selama beberapa tahun terakhir dunia Katolik terpesona oleh kehidupan dan teladan St. Carlo Acutis, seorang “ahli komputer” yang akan dikanonisasi sebagai santo tahun depan. Namun, Pada Minggu Kerahiman Ilahi tahun ini, Uskup Agung Krakow Mgr. Marek Jędraszewski mengumumkan pembukaan proses beatifikasi dan kanonisasi untuk Helena Kmieć.

Helena lahir di tahun yang sama dengan Carlo Acutis (1991). Ia meninggal beberapa tahun kemudian, pada tahun 2017.

Siapakah Hamba Tuhan Helena Kmieć?

Helena lahir pada tanggal 9 Februari 1991, di Krakow, Polandia, sebagai putri kedua dari Jan Kmiecia dan Agnieszka Bejska. Helena kehilangan ibunya hanya beberapa minggu setelah kelahirannya.

Dia dibaptis pada tanggal 14 April 1991 di Gereja St. Barbara di Libiąż. Kemudian, ia dibesarkan dalam keluarga yang sangat Katolik. Setelah kematian Agnieszka Kmieć, Jan menikah lagi dengan Barbara Zając, yang menjadi ibu sambung untuk Helena.

Pada tahun 2000, Helena menerima Komuni Kudus pertamanya, dan enam tahun kemudian sakramen Krisma. Setelah SMA, ia melanjutkan studi teknik di Universitas Teknologi Silesia di Gliwice, di mana dia juga belajar musik.

Selama masa studinya di universitas, Helena mulai menjadi sukarelawan dan mencari pekerjaan sebagai misionaris. Ia memutuskan untuk bergabung dengan Layanan Relawan Misionaris Salvator dari Kongregasi Imam Salvatorian. Pada tahun 2012, ia dikirim ke Galgahéviz di Hongaria untuk misi pertamanya.

Catatan Awal

Postulator proses beatifikasinya mencatat bahwa Helena senang dengan gagasan pendiri kongregasi religius Salvatorian Beato Francis Jordan, yang pernah mengatakan bahwa ‘Meskipun hanya ada satu orang di dunia yang tidak mengenal dan mengasihi Yesus Kristus, satu-satunya Penyelamat Dunia, anda tidak boleh beristirahat”.

Selama pekerjaan misionarisnya, Helena mengunjungi Zambia, Romania dan kemudian Bolivia Pada permohonannya untuk diterima dalam perjalanan misionaris ini dia menulis yang berikut ia mengatakan:

“Saya menerima rahmat Tuhan, atau DDDDD (Dar Darmo Dany Do DawaniaRed Polandia) ‘(“’Hadiah yang Diberikan Secara gratis dari Tuhan’ untuk Diberikan kepada orang lain. Maka saya harus membagikan Hadiah ini. Bakat yang saya kembangkan – tidak ditujukan untuk saya, tetapi untuk saya gunakan untuk membantu orang lain. Anugerah terbesarnya adalah saya mengenal Tuhan dan saya tidak bisa menyimpannya sendiri, saya harus mengumumkannya, membuat seseorang tersenyum, menjadi lebih bahagia, mengajar sesuatu, saya ingin melakukannya.”

Helena kemudian menjalankan misi ke Bolivia pada tahun 2017. Dalam misinya ini, ia dibunuh secara tragis pada tanggal 24 Januari 2017, saat itu usianya 25 tahun.

Meskipun pembunuhannya ini tidak termotivasi oleh praktik iman Helena, yang berarti ia tidak gugur sebagai martir, namun tujuan kanonisasi Helena didasarkan pada “kebajikan heroiknya”.

Ketika Pastor Król mengunjungi keluarga Helena, tidak lama setelah mengetahui kematian tragisnya, ia mengatakan, bahwa meskipun kesedihan orang tuanya tidak dapat disangkal, Barbara tetap mengungkapkan kegembiraannya karena Helena telah menerima Komuni Kudus pada malam sebelum dibunuh. Barbara meyakini, Helena meninggal dalam keadaan rahmat.

Saat ini, kehidupan Helena sedang diselidiki oleh Keuskupan Agung Krakow untuk menentukan apakah perjuangannya dapat diteruskan ke Roma untuk pertimbangan akhir. Sebuah film dokumenter diproduksi pada tahun 2018 yang menampilkan kehidupan heroi Helena, meskipun saat ini hanya tersedia dalam bahasa Polandia. (AES)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version