Home BERITA TERKINI Katedral St. Maria Assumpta Maasin di Filipina, Menjadi Tempat Ziarah Nasional

Katedral St. Maria Assumpta Maasin di Filipina, Menjadi Tempat Ziarah Nasional

0

MAASIN, Pena Katolik – Katedral St. Maria Assumpta Maasin, Leyte, Filipina dinobatkan sebagai tempat ziarah national Filipina. Penobatan ini melambangkan curahan rahmat bagi setiap orang Katolik yang berdevosi pada Mahal nga Patrona ‘Bunda Maria Diangkat ke Surga’.

Pengumuman ini disampaikan pada sidang pleno Konferensi Waligereja Filipina (Catholic Bishops’ Conference of the Philippines/CBCP) ke-128 di Kota Cagayan De Oro di Pulau Mindanao pada tanggal 6 Juli 2024. Dengan penobatan ini, tempat suci itu akan berada di bawah CBCP demikian seperti diberitakan UCA News.

Dibangun Abad ke-18

Katedral St. Maria Assumpta Maasin akan menjadi lokasi ziarah nasional pertama untuk Wilayah Visayas. Wilayah ini terdiri dari enam provinsi dengan jumlah penduduk sekitar empat juta jiwa, sebagian besar dari mereka beragama Katolik.

Sebagai kuil nasional, CBCP telah mengakui pentingnya Katedral St. Maria Assumpta Maasin sebagai pusat devosi dan ziarah.

“Kami mengharapkan peziarah dari seluruh Filipina,” kata Mgr. Oscar Cadayona, Vikjen Jenderal Keuskupan Maasin.

Selain Katedral Maasin, Gereja St. Maria Bunda Pengasih di Novaliches, Quezon City juga diakui sebagai tempat ziarah nasional oleh lebih dari 70 uskup yang menghadiri pertemuan tersebut.

Perayaan Syukur

Keuskupan Maasin berencana mengadakan perayaan resmi dalam waktu dekat. Paroki Katedral Maasin terdapat 85.000 penduduk yang awalnya dipimpin Imam Jesuit pada tahun 1771. Kemudian para imam Fransiskan mengambil alih paroki tersebut dan didedikasikan kepada Maria Assumpta pada tahun 1843.

Ketika gereja tersebut dinyatakan sebagai katedral pada tahun 1968, keuskupan Maasin yang baru berdiri menjadikan Bunda Maria Diangkat ke Surga sebagai pelindungnya. (AES)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version