Home BEASISWA Manfaat Spiritualitas Rantai Pasok, Ini Kata Dosen Logistik San Agustin

Manfaat Spiritualitas Rantai Pasok, Ini Kata Dosen Logistik San Agustin

0

SAN AGUSTIN, Pena Katolik | Kamis 11 Juli 2024- Rantai pasok sering kali dilihat sebagai proses mekanis dan efisien untuk mengantarkan produk dari produsen ke konsumen.

Namun, di balik sistem kompleks ini terdapat dimensi spiritual yang dapat membawa makna dan tujuan yang lebih dalam bagi semua pihak yang terlibat.

Spiritualitas mendasari bahwa bisnis sebagai tindakan manusia. Tindakan yang dilandasi oleh semangat untuk meningkatkan relasi manusia yang saling mengembangkan adalah dasar dari panggilan hidup insan Tuhan.

Menemukan Makna dalam Interaksi Bisnis

Spiritualitas rantai pasok mengacu pada kesadaran dan nilai-nilai etika yang dibawa ke dalam proses bisnis. Ini berarti mempertimbangkan dampak tindakan kita terhadap orang lain, lingkungan, dan komunitas secara keseluruhan.

Kesadaran dampak tindakan bisnis semestinya dikelola dengan baik. Harapannya mengarah kepada dampak positif, dampak kemajuan, dan kemaslahatan bagi banyak orang.

Dengan menerapkan prinsip-prinsip spiritualitas dalam rantai pasok, kita dapat menciptakan hubungan yang lebih kuat dan bermakna antara semua pemangku kepentingan. Ini dapat mengarah pada peningkatan kolaborasi, transparansi, akuntabilitas, serta memberikan hasil yang lebih berkelanjutan dan adil.

Kuatnya relasi yang baik akan memberikan dampak baik. Oleh karena itu, spiritulaitas rantai pasok menitik tekankan pada semangat untuk menuju kepada perputaran rantai bisnis yang positif.

Beberapa contoh penerapan spiritualitas dalam rantai pasok:

  1. Memperlakukan pekerja dengan hormat dan bermartabat.

Ini berarti menyediakan kondisi kerja yang aman dan adil, serta menghargai kontribusi mereka. Sikap menghargai dan menghormati manusia sebagai hakikat kehidupan manusia (humanism).

Dalam bisnis humanism akan membangun suatu perilaku manusia yang memanusiakan manusia, menjunjung tinggi harkat kemanusia dengan memperlakukan mereka sebagai manusia bermarbat bukan seperti barang.

  • Membangun hubungan yang saling menguntungkan.

Bekerja sama dengan pemasok dan pelanggan untuk menciptakan nilai bersama dan mencapai tujuan bersama.

Sikap menguntungkan kedua pihak sebagai keadilan bisnis yang menyenangkan.

Kondisi ini merupakan salah satu prinsip pokok untuk mampu membangun hubungan bisnis yang sehat.

  • Menjaga lingkungan.

Operasi rantai pasok dengan menggunakan bahan yang berkelanjutan dan mengurangi emisi gas rumah kaca, berperan besar dalam menjaga lingkungan.

Spiritualitas atau semangat untuk menjaga dan merawat lingkungan mendorong stakeholder bisnis memandang lingkungan sebagai amanah kehidupan.

Pemanfaatan bahan-bahan yang bisa didaur ulang dalam bisnis mengurangi rusaknya ekositim lingkungan.

  • Berbagi keuntungan dengan masyarakat.

Spiritualitas rantai pasok mendukung komunitas lokal melalui inisiatif filantropi dan pengembangan masyarakat.

Masyarakat dikembangkan dengan semangat kepedulian terhadap sesame,  mendorong kegiatan bisnis untuk mendukung yang lemah agar bisa bangkit bukan malahan mematikan.

Manfaat Spiritualitas Rantai Pasok

Menerapkan spiritualitas rantai pasok dapat membawa banyak manfaat bagi bisnis.  Semua pihak yang terlibat mendapatkan berbagai manfaat, antara lain: 1) Meningkatkan kepercayaan dan loyalitas.

Pelanggan dan pemasok yang merasa dihormati serta dihargai akan lebih cenderung untuk menjalin hubungan jangka panjang dengan perusahaan, 2) Meningkatkan motivasi dan produktivitas.

Karyawan yang merasa terhubung dengan tujuan perusahaan dan nilai-nilainya akan lebih termotivasi untuk bekerja keras dan memberikan kontribusi terbaik mereka. 3) Meningkatkan reputasi dan citra publik.

Perusahaan yang berkomitmen terhadap tanggung jawab sosial dan lingkungan akan mendapatkan reputasi positif dan menarik lebih banyak pelanggan serta investor. 4) Menciptakan dampak positif bagi dunia.

Rantai pasok yang berkelanjutan dan adil dapat membantu memecahkan masalah sosial dan lingkungan yang paling mendesak di dunia.

Albertus Rianto (Dosen Prodi Teknik Logistik) (2024)

Menjalin Kesadaran dalam Jaringan Bisnis

Spiritualitas rantai pasok bukanlah konsep baru. Banyak perusahaan dan organisasi telah mulai menerapkan prinsip-prinsip ini dalam operasi mereka.

Namun, masih banyak ruang untuk pengembangan dan perluasan praktik-praktik ini. Kita semua dapat berkontribusi untuk membangun rantai pasok yang lebih spiritual.

Kesadaran tentang pentingnya spiritualitas dalam bisnis perlu dipahami bersama.

Melalui kegiatan berbagi informasi dan contoh tentang bagaimana perusahaan menerapkan prinsip-prinsip spiritualitas dalam rantai pasok, diharapkan muncul kesadaran bahwa bisnis bukan hanya memetik keuntungan melainkan juga upaya meningkatkan taraf hidup.

Oleh karena itu, dalam bisnis, manusia hendaknya lebih dimuliakan bukan hanya seperti barang.

Spiritualitas akan mendorong pelaku bisnis untuk makin transparan dan terbuka terhadap dampak-dampak bisnis yang dilakukan.

Selain itu, spiritualitas rantai pasok mendorong aktivitas bisnis semakin beradab dan menjunjung nilai kemanusiaa.

Sehingga, kita akan dapat menciptakan rantai pasok yang lebih manusiawi, berkelanjutan, dan adil yang bermanfaat bagi semua orang.

By. Albertus Rianto (Dosen Prodi Teknik Logistik) San Agustin.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version