Jumat, September 20, 2024
26.7 C
Jakarta
spot_img

Kisah Inspiratif dari Dosen San Agustin Kalimantan Barat, Landak

LANDAK, Pena Katolik | Kamis, 11 Juli 2024 – Bak sebuah persaudaraan dengan ritme alam, anak-anak Kalimantan sudah mengayun mengikuti ritme nada rindang-rindang pohon. 

Jalan bubur, wajah anak penuh dengan bedak debu, ditambah titian kecil, bagi orang Kalimantan bukanlah hal yang asing lagi.

Seorang dosen dari belahan pulau lain datang menyaksikan setiap aroma kehidupan  hingga warna bahasa yang kala itu membelai secara halus kedalam hatinya.

Seolah panorama yang tengah ia saksikan itu memberikan sapaan pada hati kecilnya.

“Hai, lihatlah kami – inilah kami, sini Bu pegang tangan kami,” begitulah mungkin simbolik bahasanya.

Mengajar di Ujung Dunia: Kisah Inspiratif dari Kalimantan yang ditulis oleh Dosen San Agustin, Hj. Tuminah , SS, M.Pd nama panggilan akrab Ibu Mona.

Dia tinggal Komplek BTN Bisma Residence Blok D8 Ngabang Kabupaten Landak Kalimantan Barat.

Kuranglebih sepuluh tahun mengajar anak-anak Kalimantan Barat di Universitas Santo Agustinus Hippo, Jl. Ilong Pal IV Dsn. Gasing, Ds. Amboyo Utara, Ngabang, Kab. Landak, Kalimantan Barat.

Mona memiliki ketertarikan yang menjadi belahan hati untuk mengajar dan belajar.

Disamping itu dia gemar membaca, menulis artikel ilmiah, belajar bahasa asing, berenang dan jalan sehat.

Buku dengan judul “Mengajar di Ujung Dunia” ini merupakan buku ke sebelas (11) yang akan rilis seminggu mendatang.

Mona menjelaskan dalam sinopsis buku barunya itu, bahwa bukunya bukan hanya sebuah buku tentang pengalaman mengajar dan mengabdi, tetapi sebuah ‘manifesto’ tentang keberanian, ketekunan, dan cinta akan pendidikan.

Buku itu menceritakan kisah nyata perjalanan seorang dosen perempuan dari Solo Jawa Tengah yang melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam mengabdikan diri di daerah kampung-kampung Pedalaman Landak, Kalimantan Barat dengan suka dan dukanya.

Buku itu jelas mau mengajak pembaca untuk melihat bahwa di balik setiap tantangan terdapat peluang besar untuk perubahan dan bahwa setiap individu memiliki potensi untuk menjadi agen perubahan.

Dengan gaya bahasa yang menarik dan menyentuh, buku itu diharapkan dapat memotivasi para pembaca untuk terus bermimpi, berjuang, dan berkontribusi bagi dunia Pendidikan, khususnya di daerah pedalaman Indonesia.

Kisah Inspiratif dari Kalimantan

Berjalan dalam titian kecil, masuk melalui lorong yang tak disangka-sangka mengubah profesi menjadi perziarahan batin.

Hidup di tengah kicauan burung dengan rindang melenggang pohon-pohon membentuk sebuah karya yang penuh dengan inspirasi dan pelajaran hidup.

Mona meramu tulisan itu dengan bahasa yang pastinya menarik dan menyentuh, buku ini diharapkan dapat memotivasi para pembaca untuk terus bermimpi, berjuang, dan berkontribusi bagi dunia pendidikan.

Sinopsis buku itu menunjukkan dengan jelas bahwa setiap tantangan adalah peluang untuk perubahan.

“Mari kita ambil bagian dalam perjalanan ini dan jadilah saksi dari kekuatan pendidikan dalam mengubah dunia,” tulis Mona dalam Sinopsis buku ke sebelasnya itu.

Mengajar di Ujung Dunia: Kisah inspiratif dari Kalimantan. (2024)

Mona Ikhlas dan Mencintai Bumi Kalimantan

“Mengajar di Ujung Dunia: Kisah Inspiratif dari Kalimantan” Buku ini bukan hanya sebuah karya tulis, tetapi juga sebuah cermin dari dedikasi, semangat, dan ketulusan seorang pendidik dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi di pedalaman Landak (The land of Dayak) selama sepuluh tahun,” tulis Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak, Hery Mulyadi, SH., M.A.P. (Juli 2024).

Sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak, dia bangga dan terharu membaca kisah nyata yang ditulis oleh Dosen San Agustin tersebut.

“Buku ini menggambarkan dengan sangat jelas berbagai tantangan dan hambatan yang dihadapi oleh para pendidik di daerah pedalaman,” kata Hery (Juli 2024).

Hery dalam tulisan itu menitikberatkan tentang harapan dari kesulitan hidup.

Menurutntya penulis menunjukkan bahwa dengan semangat yang kuat, keikhlasan, dan komitmen yang tinggi, semua rintangan dapat diatasi.

“Buku ini bukan hanya menginspirasi, tetapi juga memberikan pelajaran berharga bagi kita semua, khususnya para guru dan dosen,” tulis Hery, (Juli 2024).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Landak juga dengan ‘gamblang’ mengatakan kisah nyata itu menyadarkan akan pentingnya peran pendidikan dalam membangun bangsa, terutama di daerah-daerah terpencil yang sering kali luput dari perhatian.

Dia melihat Pengabdian yang ditunjukkan oleh penulis menjadi teladan bagi semua untuk selalu memberikan yang terbaik dalam mendidik generasi muda penerus bangsa.

“Saya berharap buku ini dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi para pendidik di seluruh Indonesia,” tambahnya, (Juli 2024).

Hery berharap semoga kisah yang diangkat dalam buku itu mendorong lebih banyak pendidik untuk mau mengabdi di daerah-daerah yang memerlukan, sehingga pendidikan yang merata dan berkualitas dapat terwujud di seluruh pelosok tanah air.

“Akhir kata, saya mengucapkan selamat kepada penulis atas terbitnya buku yang luar biasa ini. Teruslah berkarya dan menginspirasi, karena pendidikan adalah jembatan menuju masa depan yang lebih baik,” tutup Hery dalam sambutan buku tulisan Dosen San Agustin itu, (Juli 2024).

Buku- buku Bu Dosen Mona San Agustin

Adapun 10 buku yang sudah diterbitkan yaitu: Buku Non Fiksi Secercah Cahaya di Pedalaman. Pena Persada Yogyakarta. 2017, Buku Referensi Bunga Rampai Pendidikan Zaman Now. Desanta Muliavisitama. 2019.

Buku Referensi Solusi Jitu Pembelajaran Abad ke 21. Media Edukasi Indonesia. 2019.

Buku Referensi Peran Guru Dalam Pendidikan Zaman Now. Media Edukasi Indonesi. 2019.

Buku Referensi The Power of Entrepreneurship. Bintang Sembilan Visitama. 2019. 6. Buku Ajar Psikologi Belajar Bahasa Inggris. Pena Persada. 2020.

Buku Referensi Pendidikan Karakter Zaman Now. Media Edukasi Indonesia. 2021.

Buku Ajar Narrative Text In Local Story Telling Of Dayak For First Semester Students Majoring English Education. Yudha English Gallery. 2021.

Buku Referensi Potensi Pariwisata di Kabupaten Landak. Pena Persada. 2022.

Buku Ajar How To Cook Traditional Food From Kalimantan A Study Of Procedure Texts. 2024. (Sam).

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini