Sabtu, Oktober 5, 2024
32.2 C
Jakarta

Pekan Ini, Mahasiswa San Agustin Landak Beraksi untuk Alam

LANDAK, Pena Katolik | Jumat 5 Juli 2024 — Surat tugas yang diterbitkan oleh Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo untuk menghadiri Departemen Lingkungan Hidup (DLH) Landak, mengundang mahasiswa dari Universitas setempat untuk hadir pada acara yang dimulai pukul 07.00 WIB hari Jumat 05 Juli 2024.

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024, sejumlah sepuluh mahasiswa dari berbagai program studi telah ditugaskan untuk mengikuti upacara peringatan yang diadakan di Halaman Kantor Bupati Landak.

Para mahasiswa yang ditunjuk untuk tugas ini antara lain, Jhon Rapolda (PMAT21), Piati (PJKR 23), Ropinus (PJKR 23), Fernando Diansi (PJKR 23), Fransicko Yoga (PJKR 23), Yuliana Yani (PJKR 21 C), Priti Shinta (PJKR 21 C), Satria (PMAT 23), Lungcai (PMAT 23) dan Bela Santiago (PJKR 21A).

Para mahasiswa tersebut akan menghadiri acara peringatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian lingkungan hidup. Acara ini Pemerintah Kabupaten Landak harapkan dapat memberikan inspirasi bagi generasi muda dalam memelihara kelestarian alam.

Surat tugas ini menetapkan bahwa tugas mahasiswa berakhir ketika acara peringatan selesai dilaksanakan pada hari tersebut. Para mahasiswa telah diinstruksikan untuk mengikuti prosedur keamanan dan protokol kesehatan yang berlaku selama acara.

Pemerintah Kabupaten Landak tentunya memiliki harapan besar dengan kehadiran mahasiswa dapat memberikan kontribusi positif bagi kesuksesan acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024.

Jhon Rapolda (21 tahun) dari Prodi Pendidikan Matematika , Semester 6 ( enam) mengatakan bahwa  dalam memperingati hari lingkungan hidup sedunia ini menurutnya suatu kegiatan yang sangat bagus dan dijadikan kegiatan rutinitas tahunan juga memberikan bentuk kepedulian kepada mahasiswa San Agustin.

“Bahwa di dalam era sekarang ini sangat dibutuhkan orang-orang yang akan peduli terhadap lingkungan sekitar khususnya di kabupaten landak dan kegiatan ini bisa dilakukan di area kampus San Agustin,” kata Jhon, (05/07/24).

Adapun peran Mahasiswa San Agustin dalam mempersiapkan Tim untuk ikuti acara peringatan tersebut di tengah tantangan lingkungan hidup di Kabupaten Landak maupun perkembangan global sekarang menurut Jhon peran yang dilakukan mahasiswa San Agustin untuk menyiapkan tim untuk kegiatan tersebut dengan cara membentuk tim yang pedulian dan peka terhadap lingkungan sekitar.

Dia menambahkan bahwa kelengkapan itu sudah disiapkan oleh pihak Pemda sehingga mahasiswa bisa selalu berperan aktif dalam setiap kegiatan yang dilakukan.

Keterlibatan Mahasiswa San Agustin tentunya diharapkan mempengaruhi kesadaran masyarakat sekitar terhadap perlunya menjaga lingkungan hidup.

“Sampai sekarang ini mahasiswa San Agustin sangat peduli dan aktif semua kegiatan yang dilakukan oleh Pemda setempat dan mahasiswa San Agustin sangat berpengaruh terhadap masyarakat sekitar agar memberikan hal yg positif dan terutama dalam menjaga lingkungan sekitar,” kata Jhon, (05/07/24).

Menurut Jhon setelah pelaksanaan yang telah dilakukan, pastinya akan menjadi gambaran dan pengalaman yang baik untuk mahasiswa.

Dia juga menggarisbawahi hal itu juga bisa dijadikan contoh sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup di sekitarnya

Dengan demikian, tambah Jhon , dalam pelaksanaan yang telah dilakukan selalu menjadi gambaran dan komitmen mahasiswa untuk selalu peka terhadap lingkungan.

“Tetap menjaga lingkungan sekitar tidak hanya di kalangan pemerintah atau kampus tapi juga di kalangan masyarakat luas agar tetap peduli dan menjaga lingkungan hidup yang bersih dan nyaman,” tambahnya, (07/05/24).

Menutup wawancara dengan Media Center San Agustin, Jhon selaku peserta berharap, dengan terlaksananya kegiatan tersebut, mereka bisa memberikan hal positif bagi perserta hingga bisa diterapkan pada lingkungan sekitar maupun kalangan masyarakat.

Sejalan dengan itu, Priti Shinta (22 tahun), dari Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Semester 6 juga salah satu diantara 10 anak yang ditunjuk untuk terlibat memiliki motivasi yang sama terutama menunjukan rasa bangga dan peduli terhadap Bangsa dengan berpartisipasi dalam upacara memperingati hari lingkungan hidup sedunia.

Menurutnya kehadiran tersebut menyadari perlunya menambah wawasan tentang iklim dan seiring berjalannya waktu iklim semakin berubah.

Hari Lingkungan Hidup, (LANDAK) – San Agustin (2024)

UKM Mapala Udas Borneo

“Mahasiswa San Agustin mempersiapkan tim dengan sangat matang dan sebelumnya sudah di koordinasikan nama-nama yang siap dan bersedia dengan kesadaran hati untuk mengikut acara memperingati hari lingkungan hidup sedunia tersebut,” kata Priti dalam wawancara pagi ini, (05/07/24).

Lanjut Priti, sejauh ini mahasiswa San Agustin sering berkolaborasi bersama dinas lingkungan hidup di Kabupaten Landak melalui UKM MAPALA UDAS BORNEO yang merupakan salah satu UKM San Agustin.

“Pada bulan lalu UKM MAPALA UDAS BORNEO berkolaborasi dalam membersihkan Taman pahlawan yang berlokasi di Kecamatan Mandor, kegiatan tersebut juga dalam rangka  memperingati hari lingkungan hidup,” tambah Priti, (05/07/24).

Dia juga menambahkan dalam waktu dekat ini, mereka berharap bisa meningkatkan kesadaran dan keseriusan mahasiswa San Agustin di lingkup kampus tentang pentingnya pelestarian lingkungan hidup dan  menjaga kualitas lingkungan.

Serupa itu, Priti bersama dengan mahasiswa lain melakukan trobosan untuk mendorong perubahan perilaku mahasiswa San Agustin agar lebih peduli terhadap lingkungan. Hal yang paling utama baginya meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pelestarian lingkungan hidup.

“Semoga mahasiswa San Agustin lebih peduli dengan lingkungan di sekitar dan berpartisipasi langsung bersama dengan pemangku kepentingan terutama dinas lingkungan hidup,” ujarnya, (05/07/24).

Priti juga mengungkapkan bahwa pertemuan dalam rangka perayaan hari Lingkungan hidup diikuti dengan kegiatan-kegiatan lainnya seperti kampanye lingkungan, penyebaran informasi tentang pentingnya pelestarian lingkungan, serta program-program yang lebih spesifik untuk meningkatkan kesadaran dan perubahan perilaku masyarakat terhadap lingkungan hidup

Di penghujung wawancara, Priti menitikberatkan agar ada peningkatan kesadaran, komitmen, dan kinerja dalam pengelolaan lingkungan dan kesehatan masyarakat.

“Harapan saya semoga mahasiswa San Agustin lebih peka terhadap lingkungan di sekitarnya, terutama di kampus san Agustin,” pungkasnya, (05/07/24). (Sam).

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini