Home BERITA TERKINI Paus Fransiskus Menyetujui Kanonisasi St. Carlo Acutis Bersama 14 Orang Kudus Baru

Paus Fransiskus Menyetujui Kanonisasi St. Carlo Acutis Bersama 14 Orang Kudus Baru

0
Lukisan St. Carlo Acutis. CNA


Paus Fransiskus memimpin Konsistori Biasa dalam rangka menyetujui kanonisasi 15 orang kudus, termasuk St. Carlo Acutis. Generasi milenial pertama yang diangkat menjadi orang suci. Dalam konsistori ini para kardinal menyetujui kanonisasi St. Carlo Acutis. Selanjutnya, tanggal pasti kanonisasi akan ditentukan

Dewan Kardinal memberikan suara positif terhadap kanonisasi St. Carlo Acutis pada hari Senin 1 Juli 2024 setelah Paus Fransiskus bulan lalu mengakui mukjizat kedua. Ini adalah langkah terakhir sebelum tanggal kanonisasinya dapat ditetapkan.

Paus Fransiskus mengatakan pada 1 Juli bahwa tanggal kanonisasi remaja pengkode komputer itu akan diumumkan di lain waktu, kata Vatikan. Sebelumnya diberitakan, St. Carlo Acutis dapat dikanonisasi pada Tahun Yobel Gereja Katolik 2025, demikian seperti diberitakan Vatican News.

Pada kesempatan ini, Dewan Kardinal menyetujui kanonisasi 15 orang kudus, selain St. Carlo Acutis, dalam konsistori di Vatikan pada pagi hari tanggal 1 Juli. Paus menetapkan bahwa 14 orang yang diberkati lainnya, termasuk 11 Martir Damaskus, akan dinyatakan sebagai orang suci pada hari Minggu, 20 Oktober 2024.

St. Carlo Acutis meninggal pada tahun 2006 pada usia 15 tahun. Ia dibeatifikasi dalam sebuah upacara di Basilika Santo Fransiskus dari Assisi pada 10 Oktober 2020.

Dalam dekrit tanggal 23 Mei 2024, Paus Fransiskus menyetujui mukjizat kedua melalui perantaraan anak laki-laki Italia tersebut, yang membuka jalan baginya untuk menjadi orang suci milenial pertama.

Mukjizat terjadi pada seorang wanita berusia 21 tahun dari Kosta Rika, Valeria Valverde, secara ajaib disembuhkan melalui perantaraan St. Carlo Acutis setelah dia hampir meninggal karena cedera kepala serius yang dideritanya dalam kecelakaan sepeda saat belajar di Florence pada tahun 2022.

Setelah wanita tersebut menjalani kraniotomi darurat untuk mengurangi tekanan intrakranial, keluarga diberitahu bahwa situasinya sangat kritis dan dia bisa meninggal kapan saja, menurut Dikasteri Vatikan untuk Penggelaran Orang Suci.

Enam hari setelah kecelakaan itu, ibu Valverde pergi berziarah ke Assisi untuk berdoa bagi kesembuhan putrinya di makam St. Carlo Acutis, dengan meninggalkan catatan tertulis. Pada hari yang sama, Valverde mulai bernapas sendiri dan keesokan harinya dia memulihkan fungsi anggota badan atasnya dan memulihkan sebagian kemampuan bicaranya.

Valverde keluar dari unit perawatan intensif 10 hari setelah ibunya berziarah dan menjalani tes lebih lanjut yang menunjukkan bahwa memar kortikal temporal kanan hemoragik di otaknya telah hilang sepenuhnya.

Bertentangan dengan prediksi medis, Valverde hanya menghabiskan satu minggu menjalani terapi fisik dan pada 2 September 2022, dua bulan setelah kecelakaannya, dia pergi berziarah ke makam St. CarloAcutis di Assisi bersama ibunya untuk merayakan kesembuhan totalnya. (AES)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version