Home BERITA TERKINI Betangas: Meraih Juara 1 dengan Kreativitas Video Tradisional

Betangas: Meraih Juara 1 dengan Kreativitas Video Tradisional

0

PONTIANAK, Pena Katolik-  Sabtu, 29 Juni 2024 – Dalam rangka merayakan Dies Natalis ke-22 pada 20 Juni 2024 STIKES Medistra Indonesia yang bertemakan ‘To Be The Best Building Humanist Development In The Modern Era’, telah diselenggarakan Lomba Video Kreatif nasional.

Acara ini menampilkan berbagai karya inovatif dari mahasiswa di bidang kesehatan, salah satunya diantaranya adalah video kreatif berjudul “Betangas”.

Tim video kreatif yang terdiri dari Gracea Villa Kurnia, Bernadeta Sutma Adevelamesti, dan Fransiska Alya Yola dari Fakultas Kesehatan, Program Studi D III Kebidanan Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo, berhasil memenangkan juara pertama dalam kompetisi ini.

Video mereka memperlihatkan praktik tradisional betangas, yang merupakan cara menggunakan rempah-rempah alami untuk perawatan ibu nifas.

Menurut mereka gambaran besar dari betangas adalah ibu nifas yang menggunakan cara tradisional untuk menghilangkan bau yang ada pada tubuhnya dengan menggunakan betangas.

Cara betangas menggunakan bahan rempah-rempah alami hasil dari kekayaan alam itu sendiri.

Mereka mengaku sangat senang dan bangga tentunya dengan kerjasama tim dan juga bersama dosen pembimbing mereka Youlenta Erneshonta, SST., M.Keb, dan  Apriliana Pipin, S. Tr.Keb., M.Kes juga Marsela Renasari Presty, SST., M. Keb selaku dosen kebidanan yang sudah membantu dalam pengembangan cerita video kami dan juga kampus Universitas San Agustin.

Bagi kelompoknya, mulai dari tenaga, ide yang diberikan kepada mereka karena sudah memfasilitasi mahasiswanya dalam pengembangan bakat melalui kegiatan yang berbau positif seperti lomba video kreatif yang mereka ikuti.

Kelompok mereka berharap bagi Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo semoga kedepan tetap mendukung kegiatan dan karya mahasiswa dalam melakukan perlombaan ataupun kegiatan lainnya.

Harapan besar kelompok mereka, semoga karya-karya dari mahasiswa Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo bisa dikenal oleh banyak orang.

Tim Video kreatif Betangas. Rumah Betang Sutoyo Pontianak – 2024.

Gracea Villa Kurnia, sebagai ketua tim, menyampaikan rasa bangganya atas pencapaian tersebut.

“Perasaan kami sangat senang dan bangga dengan kerjasama tim kami yang solid dalam menghasilkan karya ini. Kami juga berterima kasih kepada dosen pembimbing yang telah membimbing kami dengan baik,” katanya, (28/02/24).

Begitu juga yang dirasakan oleh Fransiska Alya Yola. Dia menambahkan banyak terima kasih kepada Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo yang telah memberikan dukungan mereka lewat Tim Media Center San Agustin.  

“Kami juga berterima kasih kepada Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo yang telah memberikan dukungan penuh untuk mahasiswa dalam mengembangkan bakat melalui kegiatan-kegiatan positif seperti ini,” katanya, (29/06/24).

Sebagai pemeran ibu nifas, Bernadeta Sutma Adevelamesti menyampaikan harapan tim untuk universitas mereka. Dia berharap agar San Agustin tetap mendukung mahasiswa dalam kegiatan seperti ini.

“Semoga ke depannya Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo tetap mendukung mahasiswa dalam mengikuti berbagai perlombaan dan kegiatan lainnya, serta semoga karya-karya kami dapat dikenal lebih luas,” tuturnya (29/09/24).

Pada kesempatan yang sama, dosen pembimbing mereka, Youlenta Erneshonta, SST., M.Keb, mengungkapkan kebanggaannya.

“Kami ucapkan selamat dan terima kasih atas prestasi yang diraih oleh mahasiswa kami. Mereka telah menunjukkan antusiasme dan dedikasi yang tinggi meskipun sedang sibuk dengan jadwal praktik di rumah sakit,” kata Ernes, (29/06/24).

Menurut Ernes, tema video “Betangas” dipilih karena sesuai dengan tema Dies Natalis STIKES Medistra Indonesia yang menyoroti kekayaan alam.

Konsep betangas sendiri diambil dari pengalaman pribadi Gracea Villa Kurnia.

 “Betangas merupakan mandi uap dengan rempah-rempah seperti daun sirih, serai wangi, dan kulit pohon wangi, yang telah jarang dilakukan generasi muda dewasa ini,” jelasnya, (29/06/24).

Ernes berharap dengan kemenangan ini, tim kreatif dari Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo berharap dapat terus berpartisipasi dalam kompetisi-kompetisi yang lebih besar untuk meningkatkan prestasi dan mencatatkan nama baik almamater mereka di tingkat nasional maupun internasional.

Baginya kesempatan ini juga menjadi momentum untuk mendorong mahasiswa lainnya agar lebih aktif dalam mengeksplorasi dan mempromosikan kekayaan budaya dan alam Indonesia melalui berbagai media, termasuk video kreatif seperti yang mereka ciptakan.(Sam).

Tidak ada komentar

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version