Home BERITA TERKINI Apakah Ada Unsur Setan dalam Musik Rock?

Apakah Ada Unsur Setan dalam Musik Rock?

0

ROMA, Pena Katolik – Claudia Caneva, seorang dosen berkebangsaan Italia di Universitas Tre Roma, baru-baru ini memberikan presentasi tentang “Musik dan Setanisme” dalam kursus “Doa Eksorsisme dan Pembebasan” yang diadakan di Roma dan didukung Kepausan Athenaeum Regina Apostolorum dan Sosioreligius Italia Kelompok Penelitian dan Informasi.

Berbicara dengan ACI Prensa, Caneva memperingatkan tentang pengaruh musik rock dan subgenre lain seperti heavy metal, death metal, atau death rock terhadap perilaku generasi muda, yang hanya “korban” dari industri budaya yang diproduksi. oleh “dunia orang dewasa.”

Caneva juga dosen di Institut Ilmu Pengetahuan Universitas Kepausan Lateran dan Universitas Salesian Roma. Ia telah mempelajari selama bertahun-tahun, bagaimana produk seni mempengaruhi perilaku kaum muda.

Sebagai penulis buku tentang hasutan imajinasi kontemporer, atau tentang hubungan antara musik dan filsafat, Caneva menegaskan, bahwa jenis musik ini berbahaya dan bahkan dapat “mengubah remaja secara fisiologis”.

“Pengaruh setan melalui musik, yang merupakan salah satu sarana penyebaran, adalah sebuah fenomena yang harus kita waspadai,” dia memperingatkan.

Canev menyatakan bahwa heavy metal, yang memiliki suara yang sangat menusuk hingga menyelimuti generasi muda, telah menjadi objek kajian dan menjadi topik yang saat ini sedang diminati para ahli dan peneliti.

Dalam hal ini, ia mengenang kasus Davide Canotti dari Italia, mantan pengikut sekte setan Marco Dimitri yang dikenal sebagai “Anak Setan,” yang didirikan pada tahun 1982 di Bologna, Italia.

Canotti diinterogasi oleh polisi setelah dia menodai beberapa osuarium di kuburan di Italia. Canotti mencuri tulang anak-anak yang dikuburkan.

“Dalam tanggapannya kepada pihak berwenang, dia mengatakan bahwa dia tidak pernah menggunakan narkoba dan satu-satunya obat yang dia konsumsi adalah musik,” kata Caneva.

Canotti mengaku mendengarkan grup-grup black metal yang lagu-lagunya bahkan mengajak orang untuk menghancurkan batu nisan dan mematahkan salib.

Menurut Caneva, ini hanyalah salah satu contoh bagaimana setanisme hadir dalam jenis musik ini, yang sejak awal membangkitkan jenis perilaku tertentu dan menimbulkan emosi tertentu dalam diri seseorang.

Namun, Caneva mencatat, bahwa banyak pengusiran setan yang dilakukan karena korban mendengarkan lagu-lagu jenis tersebut.

“Saya yakin generasi muda adalah korban dari situasi ini, dan saya selalu bertanya pada diri sendiri: Siapa yang memproduksi barang-barang ini? Siapa yang mengendalikan mereka? Mengapa hal-hal tertentu diperbolehkan?” dia mengeluh.

Sejalan dengan hal ini, Caneva merujuk pada fenomena yang disebut “mirror neurons” sebuah penemuan ilmu saraf relevan yang digunakan dalam bidang pendidikan, yang menjelaskan bagaimana neuron memiliki perilaku yang mirip dengan cermin.

Dinamika ini menunjukkan, bahwa tindakan yang kita amati pada individu lain tercermin di otak kita, sehingga neuron memainkan peran yang menentukan dalam perilaku manusia.

Oleh karena itu, Caneva memperingatkan bahwa musik bukan sekedar musik. Musik adalah sebuah pertunjukan dan generasi muda adalah korban dari mereka yang memproduksinya.

Peran mendasar orang tua

Caneva menekankan kepada ACI Prensa pentingnya peran orang tua dalam bidang ini dan peran mereka dalam membentuk anak-anak mereka.

“Orang tua adalah pendidik dan harus penuh perhatian, memulai pembicaraan dengan generasi muda, menumbuhkan kedewasaan.”

“Kaum muda sangat sensitif terhadap dinamika neuroendokrin, terutama pada masa remaja, di mana mereka mengalami ledakan hormonal, sarat dengan agresivitas dan afektifitas emosional,” ujarnya.

Ia juga menegaskan kembali bahwa pelarangan jenis musik ini “tidak ada gunanya”, melainkan sebuah proses yang membutuhkan upaya serius dan kesadaran untuk membuat generasi muda melihat bahwa jenis musik ini “dapat menimbulkan konsekuensi yang sangat negatif”.

Caneva juga mengutip subgenre musik Trap dan sektor industri lainnya seperti video game atau serial televisi, yang mengarah pada “emosi negatif, agresivitas, dan kegelisahan”.

Mengenai tujuan yang dikejar oleh sebagian besar industri saat ini, pakar Italia tersebut mengatakan bahwa mereka mencari “kurangnya harapan yang menghancurkan generasi muda, membuat mereka tidak aman dan mampu memanipulasi mereka.”

“Dalam serial televisi mereka mengusulkan ‘antihero’ sebagai panutan. Kaum muda adalah masa depan dan Setanisme tidak hanya ditemukan dalam musik, mereka yang memicu perang atau mengeksploitasi orang miskin di tempat kerja juga merupakan setan,” tegasnya. (AES)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version