Selasa, Juli 23, 2024
32.1 C
Jakarta

Katedral Jakarta dan Paroki St. Theresia Mempersembahkan Hewan Kurban untuk Umat Muslim di Jakarta, Wujudkan Toleransi

Sapi kurban dari Paroki Katedral kepada Masjid Istiqlal Jakarta, yang diserahkan kemarin 16 Juni 2024. Dok. Katedral Jakarta

JAKARTA, Pena Katolik – Tahun ini Paroki Katedral Jakarta kembali mempersembahkan seekor sapi untuk menyambut Idul Adha 1445 H di Masjid Istqlal Jakarta Pusat. Kepala Paroki Katedral, Romo A. Hani Runi Hartoko SJ menyerahkan langsung sapi kurban ini ke Masjid Istqlal kemarin, 16 Juni 2024 untuk menjadi hewan kurban pada hari ini. Sapi dari seberang Masjid Istiqlal tersebut pun tampak ditempatkan bersama sapi-sapi lainnya di halaman Masjid Istiqlal.

Sapi dari Gereja Katedral ini memiliki badan yang besar dengan warna cokelat pada tubuhnya dan memiliki warna putih pada bagian kepala. Tulisan ‘Katedral’ pun melekat di tubuh sapi tersebut.

Sapi ini diterima oleh Kepala Bidang Riayah Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) sekaligus Juru Bicara Masjid Istiqlal Ismail Cawidu saat dikonfirmasi di Jakarta, Ahad. Menurut Ismail, sapi tersebut bukan merupakan hewan kurban, tetapi sebagai hadiah.

“Tahun ini Katedral menyumbang seekor sapi, ini sebagai semangat persaudaraan pada perayaan Idul Adha 1445 Hijriah,” kata Ismail.

Gereja Katedral juga menyediakan lahan parkir kendaraan jamaah yang akan melaksanakan Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal.

Romo Hani menyampaikan, bahwa sapi ini merupakan wujud persaudaraan dari umat Katolik di Paroki Katedral untuk saudara umat Islam yang akan merayakan Idul Adha di Masjid Istqlal. Ia bersyukur atas persaudaraan yang selama ini sangat baik terjalin antara Katedral Jakarta dan Masjid Istqlal.

Romo Johanes Haryanto menyerahkan hewan kurban dari Paroki St Theresia berupa satu ekor sapi seberat 610 Kg kepada Ustaz Babay dalam rangka perayaan Iduladha 2024.

Selain itu, Gereja Santa Theresia Menteng, Jakarta tak mau ketinggalan. Romo Paroki St. Theresia Menteng, Romo Johanes Haryanto SJ menyerahkan hewan kurban kepada Ustaz Babay dari Rumah Singgah Hurin in Study Center di Jati Bundar, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu 16 Juni 2024. Rumah singgah ini biasanya menjadi tempat bagi anak-anak di wilayah Tanah Abang dan sekitarnya untuk belajar mengaji dan meningkatkan keterampilan.

Romo Hariyanto mewakili Dewan Paroki dan Umat Gereja Santa Theresia Jakarta menyerahkan satu ekor sapi seberat 610 Kg kepada Ustaz Babay dalam rangka perayaan Iduladha 2024.

“Kami menyerahkan hewan kurban ini dalam rangka perayaan Iduladha. Semoga menjadi barokah,” ujar Romo Hariyanto.

Romo Hariyanto mengatakan, sumbangan ini sebagai bentuk solidaritas dan kerukunan antarumat beragama. Menurutnya, ini sesuai dengan Arah Dasar Keuskupan Agung Jakarta 2024, yaitu Solidaritas dan Subsidiaritas.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini