33.2 C
Jakarta
Saturday, June 22, 2024

Relikui Orang Kudus Milenial Pertama di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

BERITA LAIN

More
    Relikui Beato Carlo Acutis di Kapel Unika Atma Jaya. Unika Atma Jaya

    JAKARTA, Pena Karolik – Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UAJ) dengan bangga mengumumkan bahwa relikui Beato Carlo Acutis akan ditempatkan di kampus Semanggi, UAJ. Relikui dari bagian rambut Carlo telah diserahkan oleh Bapa Kardinal Ignatius Suharyo yang diwakilkan oleh Romo Yohanes Deodatus, SJ kepada pihak UAJ di gereja Katedral, Jakarta (14/6) yang kemudian dibawa ke kampus Semanggi.

    Relikui disambut penuh sukacita dalam ibadat sore (vesper) resmi Gereja votif Carlo Acutis. Ibadat brevir sore ini diadakan untuk menyambut kedatangan Carlo di UAJ dan pemberkatan wadah relikui serta lukisan Carlo. Selanjutnya untuk pentakhtaan dan penghormatan publik akan dilaksanakan mulai 5 Juli 2024 di Kapel Santo Albertus Magnus, UAJ. Relikui Carlo di UAJ adalah yang pertama dan sejauh ini satu-satunya relikui kelas 1 Carlo di Indonesia.

    Carlo Acutis adalah anak muda yang lahir di London, 3 Mei 1911, hidup dan bertumbuh seperti remaja pada umumnya, dan Carlo juga sangat menghayati kehidupan imannya. Sejak kecil, Carlo setiap hari secara rutin datang ke gereja dan mengajak orang tuanya untuk melakukan perjumpaan dengan Tuhan dalam Ekaristi dan di dalam doa-doa sederhana. Selain itu, Carlo juga senang menggunakan internet untuk membuat website tentang cerita mukjizat-mukjizat Ekaristi agar banyak orang dapat mengenal Yesus.

    Carlo wafat pada 12 Oktober 2006 karena Leukimia dan pada Beatifikasi tahun 2020 jenazahnya ditemukan cukup utuh (intact). Pada Mei 2024 lalu, Paus Fransiskus mengakui mukjizat kedua melalui perantaraan doa Carlo dan dalam waktu dekat Carlo akan dikanonisasi sebagai Santo, Santo pertama generasi millenial.

    “Pentakhtaan relikui Carlo di lingkungan kampus Atma Jaya akan memberikan semangat dan inspirasi spiritual bagi seluruh komunitas Atma Jaya terkhusus mahasiswa. Teladan dan spirit kehidupan spiritualitas dari Beato Carlo Acutis sebagai santo millennial pertama, sangat relevan dengan kehidupan mahasiswa,” ujar Romo Stevanus Harry Yudanto, Pr, Pastor Atma Jaya.

    Lebih lanjut, Rektor Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Prof. Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S (K) menjelaskan bahwa relikui ini akan ditempatkan di Kapel UAJ sehingga setiap orang baik internal Komunitas Atma Jaya ataupun masyarakat umum dapat datang, melihat, dan berdoa di hadapan relikui tersebut. Selain itu, ditekankan bahwa perjalanan kehidupan iman Carlo Acutis dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.

    “Carlo Acutis adalah sesosok anak muda yang hidupnya dipersembahkan untuk Tuhan melalui tindakan nyata kebaikan bagi sesama, mujizat yang hadir melalui dirinya, dan kemudian menyebarluaskannya melalui internet. Carlo menjadi contoh nyata bagi anak muda bahwa pemanfaatan internet dapat digunakan untuk beragam hal positif, seperti untuk membantu sesama, atau menyebarkan berita dan kabar baik. Saya mendorong agar seluruh anak muda dapat mencontoh Carlo dalam memanfaatkan setiap akses yang ada untuk memberikan

    dampak bagi masyarakat sekitar dan bahkan dalam skala global,” tambah Prof. Yuda, rektor sekaligus dokter ahli saraf itu.

    Penghormatan publik Relikui Beato Carlo Acutis akan dilaksanakan pada 5 Juli 2024 di Kapel Santo Albertus Magnus, Kampus UAJ, dilakukan bersamaan dengan perayaan Ekaristi Jumat Pertama dan dengan adorasi kepada Hati Kudus Yesus.

    Tentang Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

    Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UAJ) yang berdiri tanggal 1 Juni 1960 kini memiliki 20 program studi sarjana (S1) dan 14 program Pascasarjana serta 4 Prodi Profesi. Berbagai penghargaan telah diraih antara lain tahun 2019 meraih kategori tertinggi pada bidang Social Responsibility dan Employability, serta bintang lima untuk kategori online learning pada tahun 2020, versi lembaga peringkat dunia berbasis di London, QS Stars.

    Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya memiliki tiga lokasi yaitu kampus, yaitu; Kampus Semanggi sebagai Excellence for Nation Development (pusat kajian Bisnis, Pemerintahan dan Masyarakat), Kampus Pluit sebagai Excellence for Health Development (pusat pendidikan Kedokteran dan Farmasi berkualitas internasional dan Rumah Sakit Atma Jaya), dan Kampus BSD sebagai Excellence for Human Development (pusat pengembangan dan pembentukan karakter mahasiswa sebagai penerus bangsa).   

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI