Selasa, Juli 2, 2024
32.1 C
Jakarta

Paus Fransiskus: Uang, Kekuasaan, Kesenangan bisa Memperbudak

Paus Fransiskus

VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus mendesak umat manusia untuk merenungkan pada hari Minggu, 9 Juni 2024, apakah mereka mengorbankan ketenangan dan kebebasan mereka untuk diperbudak oleh uang, kekuasaan, dan kesenangan.

Paus Fransiskus saat memimpin Doa Angelus, meminta umat untuk merenungkan godaan yang dapat memenjarakan kebebasan yang terdapat dalam Kristus.

“Jika kita membiarkan diri kita dikondisikan oleh pencarian kesenangan, kekuasaan, uang, atau konsensus, kita menjadi budak dari hal-hal tersebut,” katanya.

Dalam pidatonya dari jendela Istana Apostolik Vatikan, Paus menyoroti banyak hal yang membuat “Yesus adalah manusia bebas”.

Yesus tidak diperbudak oleh kekayaan, namun menganut kehidupan miskin yang penuh ketidakpastian, dengan leluasa merawat orang sakit dan siapapun yang datang meminta pertolongannya, tanpa pernah meminta imbalan apa pun.

“Dia bebas dalam hal kekuasaan. Sesungguhnya, meskipun mengajak banyak orang untuk mengikutinya, Yesus tidak pernah mewajibkan siapa pun untuk melakukan hal tersebut, juga tidak pernah mencari dukungan dari pihak yang berkuasa, namun ia selalu memihak pihak yang paling kecil, dan mengajar murid-muridnya untuk melakukan hal yang sama.”

“Tuhan juga terbebas dari kebutuhan akan ketenaran dan pengakuan, dan karena alasan ini, Dia tidak pernah berhenti mengatakan kebenaran,” katanya.

Paus Fransiskus menggarisbawahi, bahwa Yesus tidak pernah berhenti menyampaikan kebenaran, bahkan dengan konsekuensi tidak dipahami atau menjadi tidak populer – bahkan sampai mati di kayu salib.

Paus menambahkan bahwa Yesus tidak membiarkan dirinya diintimidasi, dibeli, atau dirusak oleh apa pun atau siapa pun. Paus Fransiskus meminta umat untuk meluangkan waktu merenungkan “kebebasan Yesus” ini, dan kemudian memeriksa hati nurani mereka, apakah ada area dalam hidup di mana mereka “dipenjara” oleh mitos uang, kekuasaan, dan kesuksesan.

Setelah memimpin Doa ANgelus dalam bahasa Latin, Paus menyampaikan seruan penuh semangat untuk perdamaian di Tanah Suci. Ia meminta masyarakat berdoa untuk negosiasi gencatan senjata dan mendesak komunitas internasional untuk memastikan bantuan kemanusiaan tiba bagi mereka yang paling membutuhkan.

Paus Fransiskus juga meminta masyarakat untuk berdoa bagi orang-orang yang menderita di Myanmar dan Ukraina.

“Semoga Perawan Maria membantu kita hidup dan mencintai seperti yang Yesus ajarkan kepada kita, dalam kebebasan anak-anak Tuhan,” kata Paus Fransiskus.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini