Home BERITA TERKINI Pameran Lukisan Yesus Bernilai 650 Milyar yang Sempat Hilang: Salah Satu Penemuan...

Pameran Lukisan Yesus Bernilai 650 Milyar yang Sempat Hilang: Salah Satu Penemuan Terbesar dalam Sejarah Seni

0
Lukisan “Ecce Homo” karya Michelangelo Merisi da Caravaggio. CNA

MADRID, Pena Katolik Sebuah mahakarya pelukis. Italia beranama Michelangelo Merisi da Caravaggio yang hilang selama ratusan tahun, dan baru-baru ini ditemukan kembali, kini dipamerkan. Para menyebut ini sebagai ssalah satu penemuan terbesar dalam sejarah seni.

Lukisan berjudul “Ecce Homo” ‘Lihatlah Manusia’ itu dibuat antara tahun 1605-1609. Lukisan ini menggambarkan saat Pontius Pilatus mempersembahkan Yesus Kristus yang dicambuk kepada orang banyak menjelang penyalibannya.

Lukisan ini dipamerkan di Museo del Prado, Madrid, Spanyol. “Ecce Homo” adalah salah satu karya seni tua yang paling berharga di dunia. Sebelumnya, pemilik pribadi sebelumnya meyakini bahwa lukisan ini adalah karya mahasiswa seniman barok José de Ribera. Lukisan itu muncul pada tahun 2021, ketika dilelang hanya dengan harga $1.600 (sekitar 26 juta rupiah) di lelang seni di Madrid.

Sesaat sebelum dijual, para ahli seni curiga bahwa itu mungkin karya Caravaggio. Dengan cepat, Kementerian Kebudayaan Spanyol turun tangan untuk menghentikan penjualan tersebut. Selanjutnya para ahli menyelidiki lebih lanjut asal usul dan nilai lukisan itu.

Lukisan itu kemudian menjalani penyelidikan diagnostik mendalam yang dipimpin oleh Claudio Falcucci, seorang insinyur nuklir yang terkenal dengan teknik ilmiahnya dalam studi dan konservasi artefak budaya penting.

Lukisan itu kemudian menjalani proses restorasi. Museo del Prado mengatakan bahwa setelah studi dan restorasi yang intensif, empat ahli paling otoritatif dalam lukisan Caravaggio dan Barok semuanya memastikan bahwa “Ecce Homo” adalah mahakarya seniman Italia, Caravaggio.

Lukisan tersebut diyakini sebelumnya merupakan bagian dari koleksi pribadi Raja Philip IV dari Spanyol dan Portugis dan merupakan salah satu dari 60 karya masterpiece terkenal Italia yang diketahui. Menurut BBC, nilai lukisan itu kini sekitar $40 juta (65 milyar rupiah).

Caravaggio dianggap sebagai salah satu seniman paling berpengaruh pada periode Barok. Ia dikenal karena penggunaan cahaya dan bayangannya yang dramatis dan karena menggambarkan adegan-adegan alkitabiah dan mitis dalam gaya yang penuh emosi, hampir seperti teatrikal.

Banyak lukisannya, seperti “Panggilan Santo Matius”, “Perjamuan di Emaus”, “Ketidakpercayaan Santo Thomas”, dan banyak lainnya merupakan beberapa karya seni keagamaan yang paling dikenal dan dicintai hingga saat ini.

“Ecce Homo” menunjukkan Kristus yang dicambuk di tengah lukisan dengan Pilatus dan seorang tentara di kedua sisinya. Kristus mengenakan jubah merah tua dan memegang tongkat kerajaan dengan mahkota duri di kepalanya.

Meskipun darah merah cerah menetes dari mahkotanya, wajah Yesus tenang sementara Pilatus dan prajurit itu tampak khawatir. Lukisan tersebut memamerkan penggunaan cahaya dan bayangan Caravaggio yang terkenal, sementara pakaian, kulit, dan rambut dalam lukisan tersebut menunjukkan penguasaan teksturnya.

Momen khusus dari narasi sengsara yang digambarkan dalam lukisan ini memiliki arti khusus bagi umat Katolik karena “Ecce Homo” mengingatkan kita pada Yohanes 1:29: “Lihatlah Anak Domba Allah, yang menghapus dosa manusia. dunia “

Mahakarya ini dipinjamkan ke Museo del Prado dan akan dipamerkan mulai 28 Mei hingga 13 Oktober 2024. 13. Museo del Prado juga memamerkan mahakarya Caravaggio lainnya, “David dan Goliath,” yang dipajang secara permanen. (AES)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version