Home BERITA TERKINI Carlo Acutis: Hidupnya dan di mana ia dimakamkan?

Carlo Acutis: Hidupnya dan di mana ia dimakamkan?

0
Beato Carlo Acutis.CNA

ASISI, Pena Katolik – Berita tentang kanonisasi Beato Carlo Acutis membuat banyak orang ingin tahu tentang hidupnya dan di mana ia disemayamkan.

Beato Acutis meninggal pada usia muda, yaitu 15 tahun pada tahun 2006 karena leukemia promyelocytic akut (M3), yang memiliki angka kematian jauh lebih tinggi dibandingkan bentuk leukemia lainnya.

Tingginya angka kematian M3 disebabkan oleh fakta bahwa sel leukemia melepaskan butiran yang mengandung protein dan enzim ke dalam aliran darah. Hal ini menyebabkan rusaknya faktor pembekuan darah, sehingga dapat mengakibatkan pendarahan serius, seperti pendarahan otak, dan juga terbentuknya gumpalan di pembuluh darah.

Carlo jatuh sakit pada bulan 2 Oktober 2006, dan awalnya dikira hanya flu. Namun kondisinya memburuk dan ia didiagnosis menderita leukemia di Klinik De Marchi di Milan. Kemudian, dia dipindahkan ke rumah sakit San Gerardo di Monza, di Italia utara.

Pada tanggal 10 Oktober 2006, Carlo meminta untuk menerima pengurapan orang sakit dan Ekaristi, karena yakin bahwa dia akan segera meninggal. Keesokan harinya, dia mengalami koma karena pendarahan otak. Dia dinyatakan meninggal secara klinis pada jam 5 sore, dan jantungnya berhenti berdetak sekitar dua jam kemudian.

Meskipun hidupnya singkat, ia meninggalkan warisan yang luar biasa atas komitmennya terhadap iman dan kemampuannya untuk memadukannya dengan kecintaannya terhadap teknologi informasi, yang membuatnya mendapatkan gelar “Rasul Siber Ekaristi”.

Antonia Salzano, ibunya, menceritakan bahwa tak lama setelah pemakaman, dia dibangunkan oleh suara yang berkata kepadanya: “Perjanjian.” Dia mencari di kamar pemuda itu berharap menemukan catatan tertulis, tetapi tidak menemukan apa pun.

Dia menyalakan komputer, perangkat yang paling sering digunakan putranya. Di desktop dia menemukan video yang direkam oleh Carlo sendiri tiga bulan sebelumnya, di mana dia berkata: “Ketika berat saya mencapai 70 kilogram, [sedikit di atas 150 pon] saya ditakdirkan untuk mati.”

Awalnya, Carlo dimakamkan di pemakaman kota Ternengo di wilayah Piedmont, Italia. Namun, pada bulan Januari 2007, jenazahnya dipindahkan ke pemakaman di Assisi, kota yang sama di mana St. Fransiskus dari Assisi, salah satu santo yang paling dihormati, dimakamkan.

Pada bulan 23vJanuari 23 Agustus 2019, jenazah Carlo digali, dan pada 6 April tahun itu, jenazahnya dipindahkan ke Gereja Paroki St. Maria Maggiore yang dikenal juga sebagai Gereja Pelepasan Keduniawian, Assisi. Gereja ini dikenang sebagai tempat ketika St. Fransiskus menanggalkan pakaian mewahnya di depan ayahnya, sebagai cara untuk meninggalkan kekayaannya.

Di dalam gereja ini di sebelah kanan, mendiang Beato Acutis disemayamkan di dalam kotak kaca. Ia tampak seperti sedang tidur. Relikui tubuh Beato Acutis berada dalam kondisi sangat baik. (AES)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version