26.5 C
Jakarta
Saturday, May 4, 2024

Pertemuan Mayjen Iwan Setiawan dan Uskup Agung Pontianak adalah Simbol Persaudaraan

BERITA LAIN

More
    Foto: Uskup Agustinus memberikan syal Dayak dan Topi khas Dayak kepada Mayjen Iwan Setiawan, Pontianak 20 April 2024.

    PENAKATOLIK.COM, Pontianak, 23 April 2024 – di Gedung Keuskupan Agung Pontianak Jl. Merdeka Keuskupan Agung Pontianak mengalami peristiwa yang bersejarah.  Tepat pada Sabtu 20 April 2024 itu, Keuskupan menerima kunjungan langsung dari Pangdam XII Tanjung Pura Pontianak, Mayjen TNI Iwan Setiawan dan Istri Ny Betty Siti Supartini bersama jajaran struktural di KODAM XII Tanjung Pura Pontianak.

    Kedatangan mereka disambut hangat oleh Uskup Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus bersama Vikjen Keuskupan, Pastor William Chang OFMCap dan sekretaris keuskupan Pastor Pius Barces CP dengan memperkenalkan gambaran Katolik pada umumnya.

    Kedatangan Mayjen TNI Iwan Setiawan merupakan kunjungan pertama kalinya di Keuskupan Agung Pontianak sejak dia bertugas mulai sejak 28 April 2023 di Pontianak. Uskup Agustinus menyambut baik kehadiran Mayjen bersama jajarannya. Mulai turun dari mobil hingga mereka masuk ke Kapel Khas Kayu di dalam Keuskupan Agung Pontianak.

    “Kapel ini saya rancang dengan susunan khas kayu yang ada di Kalimantan. Kita disini sangat kaya akan kayu, kenapa tidak kita gunakan,” kata Uskup Agustinus saat memperkenalkan bentuk Kapel kepada Mayjen Iwan.

    Uskup Agustinus juga menggiring Mayjen Iwan dan jajarannya untuk melangkah ke dalam kapel, persis depan altar sembari menunjuk sudut-sudut penting dalam tata ruang dalam kapel tersebut. Mulai dari lantai kayu, dinding, altar, salib hingga bentuk ‘bidai’ yang biasa dipakai sebagai tikar. Dengan bangga Uskup Agustinus mengungkapkan bahwa karya kapel ini merupakan buah ide secara filosofis yang dikerjakan oleh pekerja bangunan untuk Gedung Keuskupan.

    Usai masuk ke kapel, Uskup Agustinus kemudian mengajak semua rombongan dari KODAM XII Tanjung Pura untuk naik ke lantai dua dengan jamuan snack ringan yang telah Uskup Agustinus siapkan bagi mereka. Dalam obrolannya, Mayjen Iwan Setiawan berterima kasih sudah disambut dengan mewah dan hangat oleh Uskup Agung Pontianak.

    Foto: Kiri: Mayjen TNI Iwan Setiawan, Tengah: Uskup Agustinus Agus, Kanan: Istri Mayjen, Ny Betty Siti Supartini, Pontianak 20 April 2024.

    Gedung Keuskupan Agung Pontianak ini rapi dan bersih

    Kunjungan pertama kalinya Mayjen Iwan Setiawan mengaku kagum akan tatanan ruang dan kebersihan yang ada di Gedung Keuskupan Agung Pontianak. Hal itu dia sampaikan langsung kepada Uskup Agustinus persis di ruang makan sekaligus ruang untuk menjamu tamu.

    “Pertama kali masuk yang saya lihat tempat ini sangat bersih dan rapi,” kata Mayjen sembari ditemani Uskup Agustinus saat berkeliling di Gedung Keuskupan.

    Mayjen mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Keuskupan Agung Pontianak, terlebih Uskup Agustinus karena menerima rombongan mereka dengan hangat dan penuh persahabatan. Dalam wawancaranya, Mayjen Iwan mengaku bangga bisa mengunjungi Keuskupan Agung Pontianak dalam kunjungan silahturahmi itu.

    Dia menitikberatkan bahwa kunjungan ini merupakan simbol hubungan baik antara TNI di Kalimantan Barat dengan Keuskupan Agung Pontianak, lebih khusus umat Katolik. Dia menyadari bahwa perlunya saling percaya dan komunikasi dalam pertemuan sangat mempererat hubungan persaudaraan. Baginya kunjungan Mayjen Iwan Setiawan bersama seluruh jajaran ini adalah bentuk perhatian dan kerjasama yang harus terjaga terus menerus.

    “Terima kasih kepada Bapa Uskup Agustinus telah menerima kami dengan hangat dan ini merupakan bentuk dan simbol kebersamaan TNI kepada umat beragama,” tutur Mayjen. 

    Foto: di Gedung Lantai 5, Uskup Agustinus mengajak Mayjen Iwan dan jajarannya untuk foto bersama. Dokumen: KomsosKAP, 20 April 2024.

    Keuskupan Agung Pontianak bersama TNI

    Memang  sedari awal Uskup Agustinus bertugas di Keuskupan Agung Pontianak memiliki upaya untuk menjalin kerjasama antar lembaga terutama TNI di wilayah itu. Menurut Uskup Agustinus, bersama TNI merupakan sebuah perjalanan persahabatan keamanan bagi umat sekaligus simbolisasi kekayaan relasi yang terus dijaga dan dipupuk.

    “Untuk Mayjen Iwan Setiawan dan jajarannya, terima kasih banyak untuk kunjungan di Gedung Keuskupan Agung Pontianak yang baru ini. Ini merupakan simbol bahwa Keuskupan dan TNI memiliki relasi kedekatan yang saling menjaga,” kata Uskup Agustinus.

    Rangkaian pertemuan singkat hari itu terbingkai dalam kado yang diberikan kepada Uskup Agustinus oleh Mayjen Iwan dan disambut hangat juga kado syal Dayak dan Topi Khas Dayak kepada Mayjen Iwan beserta istri dari Uskup Agustinus.

    Dari lantai satu, Uskup Agustinus dampingi Mayjen Iwan Setiawan melihat Kapel Kayu, kemudian lanjut naik lantai dua untuk menikmati snack dan diskusi ringan. Bapa Uskup juga membawa seluruh jajaran TNI KODAM XII Tanjung Pura untuk naik ke lantai lima untuk melihat penampakan Pontianak dari atas. Sembari menikmati angin sepoi-sepoi, seluruh tamu diajak untuk foto bersama.

    Foto: Mayjen Iwan Setiawan dan Uskup Agustinus tampak tengah berdiskusi. Dokumentasi KOMSOSKAP. 20 April 2024.

    By. Samuel – Pena Katolik
    Sumber: Liputan 20 April 2024- Keuskupan Agung Pontianak

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI