34.3 C
Jakarta
Tuesday, April 30, 2024

Uskup Terpilih di Skotlandia Meninggal, Beberapa Minggu Sebelum Ditahbiskan

BERITA LAIN

More

    SKOTLANDIA, Pena Katolik – Mgr. Martin Chambers terpilih memimpin Keuskupan Dunkeld. Namun, kabar gembira ini pupus, ketika ia wafat tiba-tiba dalam tidurnya pada 10 April 2024. Ia wafat beberapa minggu sebelum ia ditahbiskan. Ketika masih menjadi imam, ia mendedikasikan karyanya untuk kerja misionaris di Ekuador, melayani masyarakat miskin di sana.

    Sedianya, Mgr. Chambers akan ditahbiskan pada 27 April 2024. Hingga kini, penyebab kepergiannya belum diumumkan. Mgr. Chambers meninggal mendadak dan sebelumnya diyakini dalam keadaan sehat, tanpa kondisi medis yang sudah berlangsung lama. Berita tentang Mgr. Chambers diumumkan oleh Uskup Galloway, Mgr. Frank Dougan.

    Saat masih di Ekuador, Mgr. Chambers bergabung dengan Masyarakat Misionaris St. James di Ekuador, dari tahun 2004 hingga 2009. Mgr. Chambers mencontohkan kualitas pribadi “cinta, antusiasme, humor, dan keyakinan mendalam yang menghidupkan semua yang dia lakukan.”

    Pada tahun 2006, Mgr. Chambers mendirikan Martin Chambers Ecuador Trust yang terus mendukung mereka yang tinggal di daerah termiskin di Ekuador. Ia menggulirkan program makanan, inisiatif pendidikan, dan berbagai kegiatan amal.

    Mgr. Chambers mensyukuri karyanya sebagai misionaris. Dalam pernyataannya untuk pengangkatannya sebagai uskup, ia berjanji menjadikannya sebagai uskup sarana untuk semakin menjadi murid misionaris yang akan duduk berdoa sebagai murid di kaki Yesus.

    “Namun perlahan tapi pasti, kami meninggalkan daerah kaya dan mulai melihat daerah miskin, rumah bambu yang menempel di sisi gunung. Dan, saat kami mematikan jalan raya menuju daerah kami, ada ribuan orang berkerumun di sekitar jalan pasar. Kami melewati pasar darurat di mana orang-orang menyiapkan meja untuk menjual apa pun yang mereka bisa. Dan di seluruh sektor, di tengah panas terik Guayaquil, tercium bau makanan busuk,” demikian kata-kata Mgr. Chambers suatu kali seperti disampaikan di Aleteia.

    Keuskupan Dunkeld mengadakan Misa untuk mengenang kehidupan Mgr. Chambers pada 12 April 2024 di Katedral St. Andrew di Dundee, Sekotlandia. (AES)

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI