29.7 C
Jakarta
Thursday, May 2, 2024

Jelang Idul Fitri, Dominikan Awam Surabaya Mengadakan Aksi Sosial Donor Darah di Paroki Redemptor Mundi

BERITA LAIN

More
    Dok. Dominikan Awam Chapter St Thomas Aquinas Surabaya

    SURABAYA, Pena Katolik – Dominikan Awam Chapter St Thomas Aquinas Surabaya mengadakan aksi sosial donor darah dan penyuluhan kesehatan diadakan di Paroki Redemptor Mundi Surabaya, Jawa Timur, 7 April 2024. Kegiatan ini diadakan ketika sebagian besar masyarakat bersiap untuk liburan panjang Idul Fitri.

    Pada kesempatan ini, Dominikan Awam bekerja sama dengan umat Paroki Redemptor Mundi dan mahasiswa Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya (dari Sie Kerohanian Kristen Katolik). Sementara itu, untuk penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan mengambil tema: “Build a Longlasting Outcome with Blood Donation (BLOOD)”. Tiga kegiatan diadakan pada hari ini:  penyuluhan kesehatan, pemeriksaan Gula Darah, dan Donor Darah yang didakan di poliklinik Gereja Redemptor Mundi. Sementara untuk penyuluhan, dr. Henry Purbowo Sintoro membawakan materi penyuluhan tentang diabetes mellitus ke warga gereja. Secara khusus, dr. Henry menjelaskan tentang kaki diabetes dan peluang amputasi.

    Pembicara lainnya yang juga salah satu Pengurus Dominikan Awam, dr. Verna Biutifasari yang membawakan tema parameter gula darah di laboratorium dan kapan waktu yang tepat untuk pemeriksaan gula darah. Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pemeriksaan gula darah dengan glukometer dan tekanan darah yang dilakukan secara gratis.

    Kegiatan donor darah yang diadakan menjelang lebaran ini bukan tanpa alasan. Secara umum, selama bulan puasa terjadi penurunan jumlah pendonor darah. Hal ini menjadi dorongan untuk mengadakan kegiatan donor darah ini menjelang liburan panjang Idul Fitri.

    Selama 4 jam, tak terasa 33 kantong darah terkumpul yang di akan segera diproses. Darah tersebut akan digunakan membantu para pasien di RS Dr Soetomo Surabaya yang memerlukan transfusi di bidang bedah, penyakit dalam dan anak.

    Panitia aksi sosial di Paroki Redemptor Mundi Surabaya, Jawa timur 7 April 2024. Dok. Dominikan Awam Chapter St Thomas Aquinas Surabaya

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI