27.2 C
Jakarta
Wednesday, May 1, 2024

Idul Fitri di Purwokerto, Para Suster dan Imam Terlibat Menjaga Salat Id

BERITA LAIN

More
    Para suster dan tokoh lintas iman terlibat menjaga Salat Id di Lapangan Korem Banyumas, Jawa Tengah, 10 April 2024. Dok. Sr. Charlie OP

    PURWOKERTO, Pena Katolik – Menyambut Idul Fitri 1445 H, para suster Ordo Pewarta (Ordo Praedicatorum/OP) terlibat dalam menjaga berlangsungnya Salat Id di Lapangan Korem 017/Wijayakusuma – Banyumas, Jawa Tengah 24 April. Beberapa aktivis umat lintas-iman sudah mulai berkegiatan sejak pukul 05.30. Mereka mulai bersiap menjaga Sholat Id di pos GOR dan Lapangan Korem 071.

    Para suster Dominikanes yang terlibat menyambut, mengarahkan, menjaga, sekaligus mengumpulkan infaq antara lain Sr. Marie Rosaline OP, Sr. Leonyta OP, Sr. Alberta OP dan Sr. Kamelia OP.

    Tampak hadir juga pada kesempatan ini Dandim Korem 071/Wk-Banyumas, Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama, Camat Sukaraja, serta Tim FKUB (Romo Martinus Ngarlan, Pdt Totok K, Made Sedana Yoga, Pdt Maryono, Sr. Charlie OP, dan Sr. Angela OP).

    Sebagai imam dan khotib KH. Azhar Rohman (Pengasuh Ponpes, Al Halimi Sokaraja).  Dalam khotbahnya menyampaikan, Idul Fitri adalah saat berefleksi dan memperbaiki diri.

    “Bahwa moment Idul Fitri tahun ini mengajak umatnya untuk berefleksi memperbaiki hubungan antar sesama dengan memanfaatkan untuk saling mengampuni menjadi manusia yang bersih sehingga hidup rukun, damai dan bahagia”.

    ”Mari kita memperhatikan kembali hubungan dengan orang tua yang telah melahirkan dan membesarkan kita hingga kita bisa menjadi seperti sekarang ini. Mereka telah lelah menanggung kita sejak lahir dan membesarkan kita, kini mereka telah lemah dengan usianya yang semakin tua dan sendirian, maka wajib bagi kita berbakti bersikap hormat dan sopan.

    “Kita datang untuk bersujud dan memenuhi apa yang membahagiakan. Semoga kita mendapatkan hidayah menjadi hamba yang baik dan mendapat ampun dari Allah.” 

    Kegiatan selanjutanya pada moment puncaknya tepat Hari Raya Idul Fitri 1445 H,  setelah selesai sholat Id adalah kunjungan silahturahmi. Romo Martinus Ngarlan dan beberapa romo Keuskupan Purwokerto yang mewakili beserta umat lintas iman yang mewakili bersilaturahmi ke rumah para tokoh masyarakat dan tokoh umat muslim.

    Kunjungan diawali semua bersilaturahmi ke pendopo Bupati (Pj) Hanung Cahyo Saputro, sebagai Bupati Banyumas menggantikan Acmad Husein. Selanjutnya dari pendopo kabupaten, masing-masing kelompok menyebar sesuai dengan daftar yang telah ditentukan panitia.

    Sejak masa Puasa, Paroki Katedral Purwokerto mulai menggemakan gerakan toleransi untuk merajut kasih persaudaraan yang sempat terkoyak oleh pertarungan para elit sehingga akar rumput pun terbelah. Pada masa puasa, Kepala Paroki Katedral Kristus Raja Purwokerto bersama koordinator Tim Kerja HAK Paroki Katedral E. Herni Widiastuti dan FA. Agus Wahyudi (wakil sekretaris FKUB) telah merancang program kegiatan itu. Pada bulan puasa beberapa romo dan umat yang mewakili hadir mengikuti Buka Bersama (BUBER).(Sr. Charlie OP/Purwokerto)

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI