27.8 C
Jakarta
Friday, May 3, 2024

Mengapa St Ignatius dari Loyola menjadi Pelindung Tentara

BERITA LAIN

More
    Lukisan St Ignatius Loyola. IST

    LOYOLA, Pena Katolik – Selain menjadi pendiri salah satu ordo religius terbesar di dunia dan penulis “Latihan Rohani”, St. Ignatius dari Loyola juga merupakan santo pelindung para prajurit. Beginilah cara St. Ignatius menjadi pelindung tentara di seluruh dunia.

    St. Ignatius adalah anak bungsu dari 13 bersaudara. Ia lahir di sebuah kastil pada tahun 1491. Meskipun kita mengenalnya sebagai Ignatius, nama B aslinya adalah Iñigo López de Oñaz y Loyola. Terlahir dalam keluarga bangsawan Basque di tempat yang sekarang disebut Spanyol timur laut. Ia dianugerahi gelar kebangsawanan pada tahun 1517 dan dikenal sebagai pejuang yang tangguh.

    Ketika kerajaan besar Spanyol Aragon dan Castille baru saja bersatu dan mulai mengalihkan pandangan mereka ke negeri-negeri baru yang ditemukan Columbus, kerajaan-kerajaan paling utara dari Basque dan Navarrese berjuang untuk tetap merdeka. Dari selatan, “raja-raja Katolik”, Isabella dari Castille dan Ferdinand dari Aragon mengancam, sementara di utara pasukan Prancis terus-menerus berusaha masuk.

    Sebagai tentara pada usia 30 tahun, Ignatius ditempatkan di Benteng Pamplona. Dia ditugaskan untuk memukul mundur pasukan Prancis yang menyerang yang memiliki jumlah yang jauh lebih banyak. Ignatius dan rekan-rekannya dengan gagah berani mempertahankan benteng tersebut hingga ia terkena peluru meriam yang mematahkan kakinya. Dengan jatuhnya pemimpin mereka, pertahanan runtuh, dan benteng jatuh.

    Ignatius dibawa pulang ke Loyola di mana dia menjalani operasi yang menyakitkan dalam upaya untuk mengatur ulang dan menyembuhkan kakinya. Meskipun dia memilih untuk menjalani perawatan kedua untuk mencoba memulihkan kakinya, dia tidak pernah sembuh total, dan dia dikatakan berjalan pincang selama sisa hidupnya.

    Titik Terendah

    Selama titik terendah yang mengerikan dalam hidupnya inilah, Ignatius terbaring di tempat tidur dan sangat bosan, mulai membaca satu-satunya buku yang tersedia baginya: sebuah buku tentang kehidupan Kristus dan satu lagi tentang kehidupan orang-orang kudus. Ketika membaca karya-karya ini, Ignatius merenungkan kehidupannya sendiri dan ambisi duniawinya. Dia menyadari bahwa semua perbuatannya mencari kemuliaan duniawi adalah upaya sia-sia untuk mengisi kekosongan yang hanya bisa benar-benar diisi oleh Tuhan.

    Ignatius sepertinya merasa bersalah dengan pertanyaan yang sama yang kemudian diajukannya kepada St. Fransiskus Xaverius: “Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia dan kehilangan jiwanya sendiri?”

    Pada saat kesehatannya berangsur pulih, ia meninggalkan tempat tidurnya, seluruh hidup Ignatius pun berubah. Dari pada berusaha untuk terus mengejar kemuliaannya sendiri, Ignatius memutuskan untuk menjadi pemenang bagi Kristus untuk kemuliaan Allah.

    Seorang dengan Misi

    Pada tahun 1522 Ignatius menjadi seorang peziarah, memberikan semua pakaian dan harta miliknya kepada orang miskin dan mengabdikan dirinya untuk berdoa dan kontemplasi. Dia dipenuhi dengan semangat untuk mempertobatkan orang lain yang buta terhadap kasih Allah, seperti sebelumnya. Dia bahkan sampai ke Tanah Suci, berkhotbah tentang Yesus Kristus kepada umat Islam.

    Sepanjang perjalanannya, Ignatius mempertahankan kehidupan doa yang mendalam dan kontemplatif. Ia menyadari pentingnya menjaga hubungan dengan Tuhan di tengah hiruk pikuk dan kesibukan hidup.

    Antara tahun 1522 dan 1524, Ignatius menyusun “Latihan Rohani” yang sekarang dipraktikkan secara global sebagai pedoman untuk menjaga kesehatan rohani seseorang sebagaimana seseorang akan melatih tubuh fisiknya. Sama seperti para prajurit harus terus-menerus berlatih untuk mempertahankan kekuatan dan kemampuan fisik yang tinggi, demikian pula prajurit-prajurit Allah harus berlatih dalam kehidupan rohani mereka. Meskipun hari-harinya berperang untuk raja dan tentara duniawi telah berakhir, hari-harinya sebagai prajurit Tuhan baru saja dimulai.

    Pasukan Khusus Tuhan

    Pada usia 38 tahun, Ignatius mulai kuliah di Universitas Paris untuk belajar lebih banyak tentang Tuhan. Di sanalah dia bertemu dengan sesama bangsawan Basque, Fransiskus Xaverius, dan seorang teman lain yang pada 2013 dikanonisasi sebagai Santo Petrus Faber.

    Terpesona oleh ajaran dan teladan suci Ignatius, Fransiskus dan Petrus, bersama dengan beberapa rekan lainnya, membentuk Serikat Yesus, yang sekarang dikenal sebagai Yesuit. Bersama Fransiskus Xaverius, Ignatius ditahbiskan menjadi imam pada tahun 1537. Pada tahun 1540, Jesuit menerima persetujuan resmi kepausan dari Paus Paulus III.

    Paus lalu mengutus mereka untuk mengabar pertama kali ke daerah yang paling sulit di Eropa, di mana Protestantisme menyebar seperti api. Tidak sedikit, Jesuit bertanggung jawab untuk membendung gelombang Lutheranisme, Calvinisme, dan banyak ajaran sesat lainnya yang tumbuh dengan kecepatan tinggi. Sejak awal, Jesuit, seperti yang didirikan oleh Ignatius dan rekan-rekannya, menganut pola pikir militeristik dalam pengabdian dan pelayanan kepada Tuhan dan Gereja-Nya.

    Selain mengambil kaul religius yang biasa tentang kemiskinan, kesucian, dan ketaatan, para anggota masyarakat akan mengambil kaul keempat: “ketaatan dalam misi.” Dengan ini, para Jesuit asli bersumpah untuk siap menerima misi apa pun yang Tuhan berikan, melalui Paus.

    Sumpah ini mengirim Jesuit untuk mengabarkan pesan Tuhan ke setiap penjuru bumi, bahkan ke tempat yang paling berbahaya. Pastor Isaac Jogues SJ disiksa secara brutal dengan dikuliti sebagian hidup-hidup dan akhirnya dipenggal oleh penduduk asli Iroquois di hutan Kanada pada tahun 1646. Selama berabad-abad, para Jesuit tidak takut dan dengan berani membawa Injil Kristus ke mana pun mereka dipanggil.

    St Ignatius Loyola

    ‘Ad Maiorem Dei Gloriam’

    Pada tahun 1541 Ignatius terpilih sebagai pemimpin umum pertama dari Jesuit, posisi yang dia pimpin selama sisa hidupnya. Sepanjang memimpin para Yesuit, Ignatius akan menyerukan kepada saudara-saudaranya untuk tidak takut dan kuat demi kemuliaan Tuhan. Dia akan memberitahu saudara-saudara untuk “pergi dan membakar dunia.”

    Doa terkenal lainnya dari Ignatius kepada saudara-saudaranya adalah doanya: “Untuk memberi, dan tidak menghitung biayanya, untuk berjuang, dan tidak mengindahkan luka, untuk bekerja keras, dan tidak mencari istirahat, untuk bekerja, dan tidak meminta imbalan apa pun, kecuali mengetahui bahwa kami melakukan kehendak-Mu .

    Ignatius meninggal pada tanggal 31 Juli 1556, pada usia 64 tahun. Bersama dengan Fransiskus Xaverius, dia dikanonisasi sebagai santo pada tahun 1609 dan dijadikan pelindung retret, Jesuit, dan, tentu saja, tentara.

    Meskipun dia tidak pernah mencapai kemenangan militer yang gemilang seperti yang dia impikan selama masa mudanya, Ignatius dianggap sebagai prajurit Kristus yang sejati. Sebagai santo pelindung prajurit, terutama prajurit Katolik, ia melayani baik sebagai perantara untuk perlindungan dan keselamatan dalam menghadapi bahaya dan juga sebagai pengingat bagi setiap prajurit bahwa misi kita yang sebenarnya adalah melayani Tuhan. Kehidupan Ignatius mungkin paling baik diringkas dengan pepatahnya yang paling terkenal: “ad maiorem Dei gloriam” – yaitu, “semua untuk kemuliaan Tuhan yang lebih besar.”

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI