Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Basilika la Sagrada Familia yang Belum Selesai Meski Sudah Dibangun Sejak 130 Tahun Lalu

Basilika Sagrada Familia Barcelona

BARCELONA, Pena Katolik –  Sebuah crane merah raksasa mengangkat sebuah panel seberat 25 ton menjadikan siapa saja yang melihatnya seolah menyaksikan “keajaiban batu dan baja. Bagi para turis yang melongo dari jalan Barcelona di bawah, ini adalah pemandangan yang menakjubkan. Lempengan besar yang dipahat ini menjuntai ditarik seuntai rantai besi saat naik ke sisi salah satu monumen paling terkenal di dunia, Basilika Sagrada Familia di Kota Barcelona Spanyol.

Namun, pemandangan ini jauh lebih menakjubkan bagi Jaume Oromi, salah satu kepala konstruksi untuk Basilika Sagrada Familia. Selama berbulan-bulan, Oromí telah menyaksikan sepotong demi sepotong panel diangkat dan dirangkai menjadi menara-menara basilica yang suatu hari nanti akan mengubah cakrawala Barcelona.

Basilika Sagrada Familia dibangun sejak peletakan batu pertama lebih dari 130 tahun lalu.  Setelah perjalanan panjang ini, akhir dari pembangunan Basilika Barcelona sudah di depan mata. Berkat masuknya dana, gereja yang sudah terkenal namun belum selesai itu sekarang dijadwalkan selesai pada 2026. Peresmiannya akan menandai peringatan 100 tahun kematian arsiteknya, Antoni Gaudí.

Pembangunan Basilika Sagrada Familia Barcelona masih terus dikebut. IST

Saat ini, lebih dari dua lusin arsitek sedang mengerjakan proyek ini. Di mana kebanyakan dari mereka adalah orang Catalan local dan total 200 pekerja terlibat dalam konstruksi. Tetapi membuat tenggat waktu akan berarti mengatasi komplikasi teknis, keraguan teologis, dan beberapa warga yang marah.

Barcelona bergulat dengan arus turis yang belum pernah terjadi sebelumnya. Situasi ini menantang gagasan tentang bagaimana seharusnya kota itu berjalan. Rencana pembangunan basilica ini nyatanya berisiko memperdalam perpecahan sosial dan politik. Seperti halnya rekonstruksi Notre Dame di Paris, proyek untuk menyelesaikan Sagrada Familia telah memicu perdebatan sengit tentang peran yang tepat dari bangunan bersejarah ikonik ini di sebuah kota modern.

Tapi mungkin ujian terbesar adalah menafsirkan ide pencipta visionernya. Salah satu arsitek pembangunan basilica, Jordi Fauli mengatakan, Gaudi meninggalkan jalan. Selanjutnyam tugas Fauli untuk meneruskannya. Faulí saat ini menjadi kepala arsitek ditugasi dengan tugas berat untuk menyelesaikan sebuah gereja, yang memakan waktu tujuh kali lebih lama untuk selesai dibangun daripada Piramida Giza di Mesir. “Namun, terkadang, kami harus bekerja keras untuk menemukannya,” kata Faulis.

Pembangunan Basilika Keluarga Kudus Barcelona yang masih terus dikerjakan. IST

Kepergian Gaudi

Ketika Gaudi wafat tiba-tiba pada usia 73, tertabrak trem di jalan Barcelona yang sibuk pada tahun 1926, sang arsitek telah mengerjakan Templo Expiatorio de la Sagrada Familia selama 43 tahun. Awalnya, Francisco de Paula del Villar memulai pembangunan basilica ini. Di mana awalnya bangunan ini semula direncanakan sebagai gereja neo-Gotik.

Namun, ketika Villar mengundurkan diri setahun setelah konstruksi dimulai, proyek tersebut beralih ke Gaudí. Meskipun dia akan terus membangun beberapa bangunan paling ikonik di Barcelona, ​​​​termasuk La Pedrera dan Parc Güell, pada saat itu, ia hanya dikenal karena berhasil membangun beberapa tiang lampu dan sebuah gereja.

Namun, tidak butuh waktu lama baginya untuk mengubah rencana awal Sagrada Familia menjadi usaha yang luar biasa ambisius. Sebuah struktur yang akan menggabungkan bentuk-bentuk alami dan simbolis Kristen menjadi sebuah gereja yang, seperti dikatakan Faulí, “mengungkapkan makna tidak hanya melalui patung dan dekorasi lainnya, tetapi melalui arsitektur itu sendiri.”

Gaudí bukanlah seorang Katolik yang taat ketika dia menerima tugas itu. Tetapi, ia menjadi semakin saleh saat dia mengerjakannya. Ia akhirnya melihat rancangannya ini sebagai sarana penginjilan Kristen.

“Klien saya tidak terburu-buru,” kata Gaudí.

Sadar bahwa Sagrada Familia tidak akan pernah selesai seumur hidupnya, ia meninggalkan banyak gambar dan model, sebuah bangunan yang ketika selesai, akan memenuhi seluruh blok kota Barcelona. Ia bersikeras menyelesaikan pintu masuk “Kelahiran”. Ia meyakini, arsitektur pintu masuk ini  akan berfungsi sebagai semacam iklan inspirasional untuk basilica seperti apa yang akan dibangun.

Pada saat kematian Gaudi, ia berhasil menyelesaikan satu menara. Hingga saatu itu, beragam Pernik, termasuk 17 menara yang tersisa dan konstruksi bangunan inti, tetap dibatalkan.

Seorang pekerja memahat panel batu sebagai bagian dari menara Yesus, maria dan empat penginjil untuk Basilika Keluarga Kudus Barcelona. IST

Perang Saudara

Untuk waktu yang lama, bangunan ini tidak berubah. Selama perang saudara Spanyol 1936–39, konstruksi dihentikan. Sebagian besar pekerjaan persiapan yang dikerjakan Gaudí dihancurkan. Bahkan setelah dimulai kembali, ada rentang waktu yang panjang dari tahun 1940-an hingga 1990. Hal ini karena dana yang tidak mencukupi. Konstruksi ini sepenuhnya bergantung pada sumbangan pribadi. Hal ini memperlambat atau menghentikan sama sekali pekerjaan tersebut.

Ketika Faulí bergabung dengan tim sebagai arsitek junior pada tahun 1990, hanya tiga dari 56 kolom interior dan beberapa jendela yang telah selesai.

Meskipun banyak orang di Barcelona pada akhirnya akan melihat pembangunan ini sebagai kutukan, jutaan pelancong yang mulai membanjiri kota pada awal abad baru. Hal ini berarti keselamatan bagi Sagrada Familia.

Ketika jumlah pengunjung meningkat, gereja saat ini mendapat kira-kira 4 juta pengunjung per tahun. Dari setiap pengunjung itu masing-masing membayar biaya masuk $16 hingga $43. Sebuah yayasan yang mengawasi basilika menemukan dirinya dalam posisi yang asing, karena memiliki cukup uang untuk menyelesaikan bagian utama nave. Neve adalah konstruksi bangunan berbentuk salib yang umum diadopsi dalam pembangunan gereja gotik. Hamparan yang menjulang dengan pilar seperti pohon dan jendela kaca patri warna-warni yang membuatnya terasa seperti hutan kaleidoskopik. Bagian tengahnya sebelumnya telah ditahbiskan oleh Paus Benediktus XVI pada tahun 2010.

Interior Basilika Keluarga Kudus Barcelona. IST

Dua Bentuk Gaudi

Dalam proses menyelesaikan interior, para arsitek menyadari hal lain yang menakjubkan. Gaudí, yang seorang ahli geometri murni, telah merancang seluruh kompleks basilica hanya dengan menggunakan dua bentuk utama: hiperboloid (yang dapat terlihat seperti jam pasir 3-D) dan paraboloid (mirip dengan keripik kentang Pringles). Dua bentuk ini terdiri dari garis lurus (sehingga membuatnya lebih mudah untuk dibangun) tetapi menciptakan kurva (memungkinkan bentuk naturalistik yang disukai Gaudí). Kedua struktur itu adalah semacam cetak biru untuk elemen basilica yang menjadikanya khas.

“Rasanya seperti belajar bahasa baru, kami tidak hanya belajar kosa kata, tetapi juga tata bahasanya,” kata Faulí.

“Begitu kami belajar mengerjakan bentuk-bentuk ini dan menggabungkannya satu sama lain, itu mengikuti aturan yang telah dia (Gaudi-red) buat dan menerapkannya ke kolom dan brankas baru.”

Ketika pengetahuan dan pembiayaan mulai diterapkan, yayasan mulai mempelajari apa yang diperlukan untuk benar-benar menyelesaikan gerejaInsinyur struktural Inggris, Tristram Carfrae, yang membangun Sydney Opera House, pernah mengadakan pertemuan pada tahun 2014 dengan yayasan Sagrada Familia dan mengagumi rancangan besar ini.

“Apakah itu benar-benar terjadi? Apakah kita benar-benar memiliki kesempatan untuk mengerjakan proyek paling fantastis di dunia ini?”

Bahwa panel dapat dibuat di luar lokasi juga penting. Ada bengkel tukang batu dan pertukangan di halaman Sagrada Familia itu sendiri, tetapi pengrajin di sana cenderung mengerjakan elemen dekoratif yang lebih kecil, karena mereka tidak memiliki ruang untuk memasang panel batu tunggal sepanjang 6 m.

Diperlukan 900 panel untuk menyusun Menara Yesus, Maria, dan empat menara penginjil. Itu sebabnya, Sagrada Familia telah mengadopsi model yang akan akrab bagi siapa saja yang tumbuh di Detroit. Komponen utama batu dan baja disiapkan di tempat lain. Bahan pembuatan materi Menara ini berasal dari berbagai tambang di seluruh dunia. Hal ini untuk mencocokkan batu polikrom, yang pada masa Gaudí, berasal dari bukit Montjuïc di Barcelona. Di barat laut Spanyol, misalnya, balok-balok batu dipotong secara presisi oleh komputer, sebelum seorang pria dengan palu besar membanting permukaan untuk membuat eksterior bertekstur.

“Ada simbiosis teknologi tinggi dan keahlian tradisional di setiap komponen. Proses menyatukan semua dimodelkan pada jalur perakitan. Semuanya selesai tepat pada waktunya,” kata Fernando Villa, direktur operasional Sagrada Familia.

Basilika Sagrada Familia Barcelona yang masih belum selesai dikerjakan. IST

Masih ada Tantangan

Sejauh ini, 400 panel telah selesai, dimuat ke truk menuju Barcelona dan dipasang di atap Sagrada Familia. Dari waktu ke waktu, pembangunan basilica ini terus berkembang. Tetapi jika tantangan teknis sebagian besar telah diselesaikan, tantangan sosial dan politik terbukti sedikit lebih sulit.

Ketika pekerjaan pertama dimulai di Sagrada Familia, gereja itu dikelilingi oleh tanah kosong yang belum dimasukkan ke dalam rencana kota Barcelona. Hal itu membuat Gaudí mendesain fasad utama kuil, yang didedikasikan untuk kemuliaan Tuhan, dengan narthex besar yang akan memanjang dari ujung selatan nave menuruni tangga besar ke taman di bawahnya. Tapi hari ini, di dekat basilica itu ada Calle Mallorca yang sibuk, memanjang melewati serambi yang direncanakan. Selain itu ada gedung-gedung apartemen berdiri di mana tangga dan taman direncanakan untuk dibangun.

Pemerintah kota belum mengambil sikap tentang bagaimana menyelesaikan masalah ini, terutama karena terlalu sibuk memikirkan bagaimana membuat konstruksi itu sendiri disahkan.

“Ada desas-desus bahwa Sagrada Familia tidak pernah mendaftar untuk izin bangunan yang layak,” kata Janet Sanz, wakil walikota untuk lingkungan, perencanaan kota dan transportasi.

“Ketika saya menjabat, saya meminta tim saya untuk memeriksanya, dan kami melihat bahwa selama lebih dari 130 tahun, mereka telah membangun tanpa izin.”

Hal itu akhirnya berubah pada 7 Juni. Sanz menegaskan bahwa yayasan tersebut tidak hanya harus memperoleh izin yang layak, tetapi juga untuk memberikan kompensasi kepada kota atas dampak pembangunan selama satu abad. Dewan Sagrada Familia sendiri tampaknya juga ingin memperbaiki situasi, dan, selain memperoleh izin dan membayar pajak konstruksi sebesar €4,6 juta, mereka setuju untuk membayar tambahan €36 juta selama dekade berikutnya untuk menutupi biaya pembangunan. Semuanya mulai dari keamanan hingga membangun pintu masuk yang mengarahkan wisatawan ke gereja

“Saya tahu Sagrada Familia akan lebih suka jika kita meruntuhkan gedung-gedung di Calle Mallorca. Tapi tidak sesederhana itu. Kami sudah dalam momen kejenuhan turis. Bagaimana kami menjamin bahwa lingkungan tidak diubah menjadi satu kios suvenir raksasa? Bagaimana kita menjaga lalu lintas mengalir? Dan ketika kita sudah mengalami kekurangan, apakah menghancurkan lebih banyak perumahan adalah solusi terbaik?” kata Sanz.

Kedua belah pihak tampaknya puas. Itulah sebabnya setiap bulan, 150 atau lebih penduduk, dari sekitar 3.000 orang yang dapat diusir dari sekitar basilica. Mereka memprotes atas pembangunan basilica ini karena telah menjadikan mereka korban gusuran.

“Saya tidak menganggap gereja sebagai musuh. Itu milik mereka, dan mereka bisa menari tarian rakyat di dalamnya untuk semua yang saya pedulikan. Tapi ketika itu merambah properti saya, apa yang harus saya lakukan?” kata Salvador Barroso, juru bicara para pengunjuk rasa.  

Seperti banyak tetangganya, dia menyalahkan pemerintah kota karena gagal melindungi penduduk, dan menginginkan jaminan bahwa dia bisa tinggal di apartemennya atau kompensasi yang adil untuk pindah. Sejauh ini, keduanya tidak ada di atas meja.

Bagi Faulí, yang seperti banyak orang di tim konstruksi adalah orang yang sangat religius. Namun ia juga menemukan makna mendalam dalam karya tersebut.

“Entah bagaimana, Sagrada Familia mengangkat semua orang sehingga mereka memberikan yang terbaik untuk itu. Ini adalah sebuah pengalaman transenden.”

Suatu hari dalam waktu dekat, panel terakhir akan diangkat ke tempatnya dan menara Yesus di atasnya dengan salib bercahaya berujung lima. Ketika pengunjung naik melalui lift dan kemudian tangga terakhir, ia akan dapat melihat Barcelona membentang di bawah, jalan-jalan lebarnya yang mengarah ke pegunungan di satu arah dan Mediterania yang berkilauan di sisi lain.

Bagi Jaume Oromí, pemandangan dari platform tempat ia mengawasi pembangunan tidak pernah berhenti membuatnya merasa lebih dekat dengan Tuhan. Tapi yang benar-benar menggerakkannya adalah berdiri sendiri di tengah malam, setelah semua turis pergi, dan meletakkan tangan di salah satu tiang luar biasa yang dirancang Gaudí.

“MAnda bisa merasakannya. Basilika itu berbicara kepadamu.”

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini