26.9 C
Jakarta
Saturday, April 27, 2024

4 Nama Minggu Palma dan Artinya, Ada yang Menjadi Dasar Nama Florida

BERITA LAIN

More

    JAKARTA, Pena Katolik – Minggu Palma adalah pembukaan yang indah untuk Pekan Suci dan merupakan hari sukacita bercampur duka. Meskipun sebagian besar menyebut hari ini sebagai “Minggu Palem”, hari ini juga disebut dengan setidaknya empat nama lain.

    1. MINGGU PALMA

    Salah satu nama paling populer untuk hari ini adalah Minggu Palma/Palem. Itu adalah nama yang merujuk pada kebiasaan memegang daun palem selama liturgi, memperingati peristiwa Yesus memasuki Yerusalem sebelum penangkapan dan penyaliban terakhirnya.

    2. MINGGU HOSANA

    Nama yang mirip dengan Minggu Palem, Minggu Hosana mengacu pada aklamasi “Hosana di tempat tertinggi” yang diucapkan oleh orang-orang Yerusalem menyambut Yesus, ketika dia menunggang keledai dengan penuh kemenangan ke kota.

    3. PASCHA FLORIDUM

    Ada sebutan khas untuk umat Kristen di Florida Amerika Serikat, yaitu Pascha Floridum. Nenek moyang masyarkaat di sana menyebut dengan sebutan ini, karena Pesta Paskah atau Paskah yang hanya berjarak delapan hari, sekarang sudah mulai. Sehingga boleh dikatakan, umat beriman dapat mulai Pekan Suci dari hari Minggu ini untuk memenuhi ajaran Komuni Paskah. Dari kata inilah, “Floridum” negara bagian “Florida” dinamai.

    4. KAPITALIVIUM

    Nama unik lainnya untuk hari ini adalah “Capitilavium”. Nama Capitilavium diberikan pada hari Minggu ini. Nama ini berdasar tradisi kebiasaan untuk menunda hingga Sabtu Suci pembaptisan bayi yang lahir. Saat pembaptisan tiba, kepala anak-anak dibasuh dengan air kudus untuk menghormati Krisma Suci, di mana mereka akan diurapi.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI