32.7 C
Jakarta
Sunday, April 28, 2024

Bikin Bangga! Pakar Manajemen Kelas Dunia Asal US Hadir di Universitas Katolik Agustinus Hippo Kalimantan Barat

BERITA LAIN

More
    Foto: Fullbright Specialist Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo, Kalimantan Barat, Rita Shea Van Fossen, Ph.D.
    Associate Professor of Management, Nova Southeastern University, Florida, USA (11 Maret 2024)

    Pena Katolik, Ngabang, Kalimantan Barat, 12 Maret 2024 – Civitas Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo (San Agustin), Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, berhasil menembus program prestisius Fulbright Specialist setelah  melalui seleksi ketat selama satu tahun. 

    Program Fulbright Specialist ini akan menghadirkan pakar kelas dunia yang akan mendukung pengembangan San Agustin sebagai salah satu perguruan tinggi berkelas dunia  di Kalimantan Barat.

    Program Fulbright Specialist merupakan bagian dari Fulbright Foundation, Amerika Serikat yang dikelola oleh World Learning, organisasi mitra yang ditunjuk oleh Bureau of Educational and Cultural Affairs (ECA) di bawah United States Department of State.  

    Program ini bertujuan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia melalui kemitraan, pengembangan kurikulum dan perencanaan institusi sesuai dengan kebutuhan perguruan tinggi yang ada di Indonesia yang telah melewati seleksi ketat.

    “San Agustin berbangga sebagai universitas baru yang sejajar dengan sejumlah universitas di Indonesia yang telah memperoleh kesempatan serupa, antara lain Universitas Gajah Mada, Universitas Padjajaran, Unika Atma Jaya Jakarta,” ujar Rektor Unika Santo Agustinus Hippo, Romo Dr. Johanes Robini, OP.

    San Agustin mendapat kesempatan kolaborasi selama enam minggu dengan Dr. Rita Shea Van Fossen, pakar manajemen dari Nova Southeastern University (NSU) Florida, Amerika Serikat.  Adapun ruang lingkup kolaborasi berupa peningkatkan kualitas manajemen, sumber daya manusia, dan kegiatan tridharma perguruan tinggi  mulai dari 26 Februari hingga 4 April 2024.

    Kehadiran pakar manajemen dunia ke San Augustin ini bukan saja untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi akan tetapi juga mendukung penyediaan sumber daya manusia yang akan berkontribusi bagi Kalimantan Barat dan Indonesia.

    “Suatu kebanggaan saya dapat terlibat dalam pengembangan SDM San Agustin. Saya berharap dapat membantu universitas ini sekaligus Kalimantan Barat untuk maju satu langkah lagi”, ujar Dr. Rita.

    Hal ini menjadikan San Agustin resmi diakui sebagai universitas melalui Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 489/E/0/2022 tanggal 12 Juli 2022.

    Universitas ini merupakan penggabungan antara Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pamane Talino di Kabupaten Landak, Akademi Keperawatan Dharma Insan Pontianak di Kota Pontianak, serta Akademi Kebidanan St. Benedicta Pontianak di Kota Pontianak, yang membentuk Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo.

    Penyelenggaraan universitas ini dilaksakan dibawah naungan Yayasan Landak Bersatu yang bekerja sama dengan Keuskupan Agung Pontianak, Konggregasi Dominikan dan Konggregasi Pasionis.

    “Kehadiran ahli kelas dunia akan memberikan kontribusi besar bagi pengembangan organisasi. Kesempatan langka ini juga sangat berharga karena tidak hanya membawa transfer pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga memperluas jaringan San Agustin dengan perguruan tinggi di Amerika Serikat”, pungkas Romo Dr. Johanes Robini, OP.

    By. Sam & Juniardi Sucinda – Pena Katolik
    Sumber: Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI