26.1 C
Jakarta
Sunday, April 28, 2024

Presiden Argentina : Aborsi adalah pembunuhan yang parah

BERITA LAIN

More
    Presiden Argentina, Javier Milei saat berjumpa Paus Fransiskus di Vatikan. CNA

    BUENOS AIRES, Pena Katolik – Presiden Argentina, Javier Milei, mengatakan, aborsi “adalah pembunuhan yang diperburuk oleh ikatan antara ibu dan anak”. Ia jugamengutuk “penghentian kehamilan secara sukarela,” sebuah eufemisme untuk membunuh anak dalam kandungan.

    Pernyataan Milei ini merupakan bagian dari pidato tanggal 6 Maret 2024, di Sekolah Menengah Atas Cardenal Copello di Buenos Aires, tempat Milei pernah bersekolah.

    Dalam hukum pidana Argentina, “pembunuhan yang diperparah oleh ikatan keluarga” adalah suatu tingkat pembunuhan di mana pembunuh dan korban mempunyai hubungan darah. Selama kampanye pemilihannya, Milei telah berjanji bahwa ia akan mencabut undang-undang aborsi yang permisif di negaranya. Ia menargetkan aktivis pendukung aborsi yang biasa mengenakan syal yang diberi tulisan “aborsi legal, aman, dan gratis”, yang ditampilkan selama kampanye mereka untuk melegalkan aborsi pada tahun 2020 di awal masa jabatan Presiden Alberto Fernández.

    “Bagi saya, aborsi adalah pembunuhan yang diperburuk oleh ikatan dan saya dapat menunjukkannya dari sudut pandang matematis dan filosofis, dari liberalisme dan juga dari sudut pandang biologis,” kata Milei di depan auditorium yang dipenuhi siswa dan guru di sekolah tersebut.

    “Apa yang dilakukan politisi adalah berpesta dan meloloskan undang-undang kepada generasi yang bahkan belum lahir, dan beberapa politisi, yang juga mencoba membunuh, adalah pembunuh yang mengenakan syal hijau,” kata Milei seperti diberitakan CNA.

    Meskipun pemerintahan Milei telah berkali-kali menyatakan penolakannya terhadap aborsi, dalam tiga bulan pertama masa jabatannya sebagai presiden, ia belum memperkenalkan rancangan undang-undang tertentu yang selaras dengan ide ini. Di Argentina, rancangan undang-undang juga dapat diajukan di kongres oleh lembaga eksekutif.

    Beberapa hari sebelum pemilu 2023, calon wakil presiden Milei, yang saat itu menjadi kandidat dan sekarang wakil presiden Victoria Villarruel, mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa pencabutan undang-undang aborsi adalah masalah yang “tidak terlalu mendesak mengingat perekonomian sedang sangat berat.

    Namun, anggota Kongres pada bulan Februari lalu, Rocío Bonacci, anggota La Libertad Avanza (Kemajuan Kebebasan), koalisi politik pemenang yang dipimpin oleh Milei, memperkenalkan rancangan undang-undang untuk mencabut undang-undang aborsi yang ada. Hal ini memicu kontroversi di dalam koalisi, karena ia tidak mendapat persetujuan koalisi dan presiden sendiri tidak diajak berkonsultasi.

    “RUU ini adalah inisiatif saya, bukan inisiatif lembaga eksekutif, dan diajukan untuk pertimbangan badan di mana saya menjadi anggotanya. Saya membela kehidupan. Tidak lebih, tidak kurang,” kata Bonacci saat itu. (AES)

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI