26.1 C
Jakarta
Sunday, April 28, 2024

Relikui St. Thomas Aquinas Dibawa dalam Prosesi untuk Peringatan 750 tahun Kematiannya

BERITA LAIN

More
    Prosesi konon tengkorak St. Thomas Aquinas di Priverno, Italia, 7 Maret 2024. CNA

    PRIVERNO, Pena Katolik – Pada peringatan 750 tahun kematian St. Thomas Aquinas, tengkorak yang dihormati sebagai peninggalanrelikui St. Thomas Aquinas dibawa dalam prosesi khidmat melalui jalan-jalan berbatu di Kota Priverno, Italia selatan. Uskup Preverino, Mgr. Mariano Crociata memimpin prosesi untuk menghormati filsuf dan teolog abad pertengahan itu. St. Thomas Aquinas dianggap sebagai salah satu pemikir terbesar dalam peradaban Barat yang meninggal di dekat Biara Fossanova pada tanggal 7 Maret 1274.

    Relikui St. Thomas Aquinas dihormati di Katedral Priverno sejak abad ke-12. Sebelumnya, relikui St. Thomas Aquinas ditemukan di altar dekat Biara Fossanova pada tahun 1585. Ada dokumen yang menunjukkan bahwa relikui sisa-sisa bagian kepala St. Thomas Aquinas itu asli milik “Doctor Angelicus” itu.

    Imam Kepala Katedral Santa Maria Annuziata Priverno, Pastor Alessandro Trani mengatakan di Kota Preverino, St. Thomas Aquinas dianggap sebagai pelindungnya.

    “Di sini St. Thomas menghabiskan hari-hari terakhir hidupnya,” kata Pastor Trani kepada CNA.

    “[Aquinas] tinggal bersama sepupunya di Kastil Maenza, dan dari sana dia meminta untuk dibawa ke Biara Fossanova, di mana dia mengakhiri ziarah duniawinya.”

    Aquinas meninggal pada usia 48 tahun di biara yang terletak sekitar setengah jalan antara Napoli dan Roma setelah jatuh sakit saat dalam perjalanan untuk menghadiri Konsili Lyons. Tiga bulan sebelum kematiannya, Aquinas mengalami wahyu yang mendalam saat mempersembahkan Misa. Saat itu, ia hampir menyelesaikan karyanya yang paling penting, Summa Theologiae atau “Ringkasan Teologi.”

    Setelah mengalami wahyu ini, St. Thomas Aquinas memberi tahu sekretarisnya Pastor Reginald dari Priverno: “Akhir dari pekerjaan saya telah tiba. Semua yang telah aku tulis nampaknya hanyalah sedotan setelah hal-hal yang diwahyukan kepadaku,” dan dia tidak pernah menulis lagi.

    Relikui St. Thomas Aquinas disimpan di Biara Fossanova hingga tahun 1369 ketika reliknya dipindahkan ke Toulouse, Prancis, tempat Ordo Pengkhotbah didirikan dan makam Aquinas dapat dihormati saat ini di Gereja Jacobin.

    Relikui di Priverno adalah salah satu dari dua tengkorak yang saat ini diklaim oleh pejabat Gereja sebagai tengkorak St. Thomas Aquinas. Para Dominikan di Toulouse baru-baru ini memesan relik baru untuk tengkorak St. Thomas Aquinas, yang telah berkeliling Perancis dan luar negeri.

    Prosesi dan perayaan Aquinas di Priverno merupakan bagian dari dua tahun perayaan Yobel St. Thomas Aquinas oleh Ordo Pengkhotbah. Selama tahun yubileum, umat Katolik dapat memperoleh indulgensi penuh dengan melakukan ziarah ke tempat suci yang berhubungan dengan Ordo Dominikan.

    Tahun yubileum ganda Ordo Dominikan akan berakhir setelah pesta St. Thomas Aquinas pada 28 Januari 2025, bertepatan dengan peringatan 800 tahun kelahiran Aquinas. Aquinas lahir pada tahun 1225 di kota Roccasecca, Italia, sekitar 75 mil tenggara Roma, yang pada saat itu merupakan bagian dari Kerajaan Sisilia.

    Mgr. Crociata memimpin prosesi di Priverno setelah Misa untuk menghormaSt. Thomas Aquinas di katedral yang penuh sesak. (AES)

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI