27.1 C
Jakarta
Saturday, April 27, 2024

Para Imam Bertemu dengan Gembong Narkoba untuk Merundingkan Perdamaian di Meksiko

BERITA LAIN

More
    Seorang imam mengawasi beberapa orang yang sedang mengevakuasi sebuah mobil yang dibakar oleh geng narkoba di Meksiko. IST

    CHILPANCINGO, Pena Katolik – Setelah hampir 10 hari teror karena pertikaian antar geng di Chilpancingo, Guerrero, Meksiko perdamaian akhirnya tercapai setelah seorang imam meminta para pemimpin kedua geng untuk bernegosiasi. Imam itu “melobi” melalui telepon pada 13 Februari 2024.

    Pada periode tersebut, dua kelompok kriminal menyerang dan membunuh tujuh sopir bus. Peristiwa ini menyebabkan masyarakat untuk tinggal di rumah karena takut ditembak di jalan.

    Sejak lobi imam itu, tidak ada lagi aksi kekerasan terkait perdagangan narkoba yang terjadi di kota tersebut. Pastor José Filiberto Velázquez, kepala Pusat Hak Asasi Manusia Minerva Bello, yang memberikan dukungan kepada korban kekerasan dan keluarga mereka.

    Inisiatif Pastor Velázquez adalah bagian dari program nasional yang disebut Dialog Nasional untuk Perdamaian yang dipromosikan sejak tahun 2022 oleh Serikat Yesus Meksiko, para uskup Meksiko, Konferensi Keagamaan, dan organisasi umat awam untuk membangun perdamaian di negara Amerika Utara.

    Gerakan ini diluncurkan setelah pembunuhan mengejutkan terhadap dua imam Jesuit, Pastor Joaquín Mora SJ yang berusia 80 tahun dan Pastor Javier Campos SJ yang berusia 79 tahun. Keduanya ditembak mati bersama dengan seorang awam di dalam gereja mereka di Chihuahua pada bulan Juni 2022.

    “Kejahatan semakin meningkat sejak tahun 2006 dan pemerintah telah meluncurkan strategi perang melawan geng, sesuatu yang hanya memperburuk situasi. “Kelompok-kelompok tersebut menjadi lebih beragam dan berkembang,” kata Pastor Velázquez kepada Crux.

    Pastor Jorge Atilano, Direktur Eksekutif Dialog Nasional untuk Perdamaian, mengatakan kepada Crux bahwa proyek tersebut dimaksudkan untuk dilaksanakan dalam tiga tahap. Yang pertama melibatkan pembentukan jaringan luas umat gereja, cendekiawan, dan organisasi non-pemerintah yang berupaya mengurangi kekerasan di Meksiko. Para aktivis dan gerakan sosial yang berkumpul dalam Dialog tersebut menetapkan agenda nasional untuk perdamaian, yang mencakup tindakan yang harus diambil di tingkat lokal dan nasional.

    “Pada fase kedua, yang kini sedang berlangsung, idenya adalah menetapkan agenda lokal untuk perdamaian dan menerapkan tindakan-tindakan kecil ke arah itu,” jelas Pastor Atilano.

    Pada tahap ketiga, orang-orang yang terlibat dalam dialog akan menerima pelatihan dan proyek perdamaian. Meskipun aksi nasional melibatkan pembuatan kebijakan untuk menangani remaja rentan dan komitmen politisi terhadap agenda perdamaian, inisiatif lokal, seperti yang dilakukan oleh Pastor Velázquez, mencakup langkah-langkah seperti memberikan dukungan kepada korban kekerasan, menetapkan program untuk mencegah, dan memberantas kekerasan. Intervensi lokal ini termasuk penanganan kecanduan narkoba dan mendorong penyelesaian konflik secara damai.

    “Setiap paroki dan keuskupan menerapkan tindakan tersebut dengan caranya masing-masing. Namun, kita bisa membangun perspektif bersama, yang menentukan agenda nasional untuk perdamaian,” kata Pastor Atilano.

    Pastor Velázquez bukanlah satu-satunya imam yang berbicara langsung dengan penjahat untuk menenangkan geng. Uskup Toluca, Mgr Maximino Martínez mengatakan kepada pers awal pekan ini, bahwa ia telah berbicara dengan gembong narkoba setempat untuk menemukan perdamaian. Uskup Emeritus Chiapas, Kardinal Felipe Arizmendi, juga mengungkapkan bahwa dirinya telah melakukan pertemuan dengan para pengedar narkoba.

    “Sejumlah imam sudah berdiskusi langsung dengan pelaku kejahatan. Sayangnya inisiatif tersebut sering kali tidak menghasilkan kemajuan,” kata Pastor Atilano.

    Pastor Velázquez telah bekerja dengan para korban kekerasan sejak tahun 2017 dan telah memberikan bantuan kemanusiaan kepada mereka dan komunitas miskin di Guerrero dalam banyak kesempatan. Dengan cara ini, ia akhirnya mengenal beberapa gembong narkoba setempat. Dari kedekatan ini, ia berhasil berbicara dengan mereka.

    “Saya melihat kemungkinan untuk menghubungkan mereka, guna menyelesaikan perselisihan mereka dan saya melakukannya. Kedua belah pihak bersedia untuk berbicara dan keduanya percaya pada proses tersebut,” kata Pastor Velázquez.

    Lebih dari seminggu telah berlalu, dan serangan baru belum dilaporkan di Chilpancingo. Bekerja sangat dekat dengan penjahat dapat membawa banyak tantangan dan risiko. Tahun lalu, mobil Pastor Velázquez ditembak berkali-kali saat dia sedang mengemudi. Untungnya, ia tidak terkena.

    “Pekerjaan kami mungkin bertentangan dengan kepentingan geng kriminal dan otoritas pemerintah. Selalu ada risiko bagi kami,” kata Pastor Velázquez.

    Pastor Velázquez menambahkan, bahwa penting bagi para imam seperti dirinya untuk menjelaskan kepada para penjahat, bahwa mereka hanya ingin menyampaikan pesan perdamaian.

    Hubungan orang-orang yang terlibat dalam Dialog Nasional dengan para politisi Meksiko juga tidak mudah. Pastor Atilano mengenang bahwa Presiden António Manuel López Obrador baru-baru ini mengatakan, bahwa dia menganggap pertemuan antara imam dan gembong narkoba adalah hal yang positif. Namun, politisi setempat mengatakan bahwa kekerasan dan perdamaian adalah tanggung jawab negara. (AES)

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI