26.9 C
Jakarta
Sunday, April 28, 2024

Seorang Seniman Berhenti dari Pekerjaannya untuk Melukis Mural di Sebuah Gereja Paroki di Kansas, Amerika Serikat

BERITA LAIN

More
    Mattie Karr di samping lukisan yang ia buat untuk Gereja Nama Suci Yesus di Kansas City. bnnbreaking.com

    KANSAS, Pena Katolik –  Pada tahun 2020, momen menentukan datang bagi Karr, lulusan ilustrasi Universitas Kansas tahun 2019. Saat itu, Karr mendapati dirinya berada di persimpangan antara karier sebagai staf pemasaran dan panggilan sejatinya.

    Namun, situasi berubah setelah Karr berjumpa dengan Pastor Anthony Oulette dari Paroki Nama Suci Yesus Kristus, Keuskupan Agung Kansas. Dalam perjumpaan itu, Pastor Oulette mengatakan ide-idenya tentang renovasi gereja paroki dan rencana menambahkan beragam karya seni di Gereja.

    “Dia membawa saya ke gereja, menyampaikan ide-idenya untuk merenovasi gereja,” kenang Karr.

    Dalam perjumpaan itu, Pastor Oulette mengatakan rencananya menempatkan lukisan Pentakosta, Bunda Maria, dan St. Michael. Tak hanya itu, lukisan St. Yosef yang mempersembahkan Yesus di Bait Suci juga akan dibuat dengan ornament Malaikat Gabriel di atasnya.

    Pada bulan September 2022, Karr meninggalkan pekerjaan dan memulai karirnya di bidang seni religi. Saat itu, Karr sepenuhnya bekerja untuk gereja paroki. Perjalanannya, yang ditandai dengan keyakinan dan keberanian, telah menjadi bukti kekuatan seni dalam merevitalisasi tidak hanya ruang, namun juga semangat.

    “Saya sangat mencintai Yesus dan saya tahu bahwa Dia nyata,” ujar Karr.

    Lukisan karya Mattie Karr di Gereja Nama Suci Yesus di Kansas City. CNA

    Menemukan Maria

    Namun lompatan keyakinan itu perlahan mulai terbukti. Ketika Karr membutuhkan referensi visual untuk tokoh-tokoh dalam seni tersebut, dia dan Pastor Oulette memutuskan untuk meminta umat paroki untuk menjadi sukarelawan.

    Saat ingin menciptakan gambaran Buda Maria, mereka memikirkan umat paroki yang sama, Mary Leticia DeCaigny. Karr meminta kesediaan DeCaigny untuk menjadi model ketika ia akan menyelesaikan lukisan Bunda Maria. Karr mengambil foto DeCaigny yang mengenakan kostum untuk referensi. Ia menemukan ada hubungan yang lebih dalam dengan DeCaigny.

    DeCaigny dan suaminya kehilangan putra mereka yang berusia 8 tahun setelah lima tahun berjuang melawan kanker.

    “Dia berkata, ‘Kami kehilangan putra kami karena kanker sekitar 10 tahun yang lalu, jadi saya tahu bagaimana rasanya berjalan bersama putra kami yang menderita. Saya merasa sangat dekat dengan DeCaigny dan ini adalah konfirmasi bahwa dia melihat saya dan dia bersama saya,’” Karr mengenang perkataan DeCaigny.

    Hal ini mempengaruhi pandangan Karr terhadap proyek seni ini. Ia berpartisipasi dalam hal ini melukisnya, dan mengumpulkan model, tapi Karr menyadari karya ini jauh lebih besar darinya.

    “Tidak mungkin aku mengetahui hal itu, awalnya, aku memilihnya karena aku menyukai rambutnya (DeCaigny-red). Saya tidak tahu bahwa pengalaman masa lalunya benar-benar terkait dengan Bunda Maria. Jadi itu adalah rahmat besar.”

    Dengan pengalaman ini, Karr melihat kerja kerasnya tidak saja sebagai sebuah karya seni, tetapi ini benar-benar sesuatu yang berdampak pada orang-orang yang terlibat di dalamnya. Ia juga berharap, pengalaman ini akan berdampak pada orang-orang yang akan melihat hasil kerja seninya selama bertahun-tahun mendatang.

    Mattie Karr menunjukkan lukisan religi di ruang kerjanya di Kansas City. bnnbreaking.com

    Butuh Tiga Tahun

    Sebelumnya, Karr memiliki impian besar untuk bisa berkarier di Hollywood. Namun, kini ia justru menanam benih spiritual dalam pekerjaan yang dia lakukan.

    “Saya hampir bisa menjadi mata-mata penginjil Katolik,” katanya.

    Karr menikmati saat-saat tinggal di Kansas dan menyukai paroki di mana ia baru saja menyelesaikan tugasnya. Butuh tiga tahun untuk menyelesaikan semua karya seni yang kemudian di pasang di gereja paroki.

    Ia membuat dari dua lukisan setinggi 15 kaki yang membawa warna dan kehangatan di kedua sisi Gereja Nama Kudus Yesus Kristus di Kansas City. Selain itu, ada lukisan-lukisan lain yang ia buat.

    “Seiring pertumbuhan iman saya, saya tidak dapat menahannya. Karya seninya baru saja keluar dan semuanya bersifat religius, kebanyakan Mary. Saya tidak bisa berhenti menggambar Mary,” katanya.

    Pergeseran besar terjadi ketika dia melakukan retret. Beberapa orang juga mengakui bahwa bahwa Tuhan memanggil Karr untuk melakukan sesuatu. Satu panggilan yang kemudian ia tanggapi dengan berani dan melangkah keluar.

    “Sangat jelas Dia ingin saya melompat,” katanya.

    Seminggu kemudian, dia melakukannya, berhenti dari pekerjaannya di bidang penjualan, dan memulai karir penuh waktunya sebagai artis.

    Karr melukis dan menggambar seni sakral dan liturgi dan menggambarkan tema spiritual yang sangat berarti. Kini, setelah ia menyerah dan memutuskan menjadi seniman bertema religi, ia berkata bahwa hidup menjadi jauh lebih mudah.

    “Rasanya tidak terlalu sulit. Saya menghargai agama saya. Ini jauh lebih membebaskan.”

    Karr mengenang perjumpaannya dengan Pastor Oulette. Sang imam mengatakan bahwa ia memiliki kemampuan untuk melukis sebuah ikon Kristiani.

    “Spiritualitasmu adalah seperti seorang pelukis ikon,” ujar Karr menirukan kata-kata Pastor Oulette.

    Ketika telah menyelesaikan karya-karya seni yang mengusung tema turunnya Roh Kudus dan penampakan Yesus, pemasangan karya ini dilakukan menjelang Paskah. Momen ini diharapkan dapat menarik perhatian umat dan mengajak mereka untuk merefleksikan pesan unik yang disampaikan Roh Kudus kepada setiap komunitas.

    Diakui, Karya Karr berdiri sebagai jembatan antara yang ilahi dan duniawi, menangkap esensi iman dengan cara yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Melalui kuasnya, Karr membuat umat paroki tidak hanya melihat wajah mereka, tetapi juga kisah-kisah mereka.

    Selesainya lukisan ini bukan sekadar momen pencapaian artistik bagi Karr, namun juga perayaan iman untuk komunitas paroki. Di dunia yang sering terpecah belah, proyek ini berfungsi sebagai mercusuar persatuan, menunjukkan bagaimana seni dapat menyatukan orang-orang.

    Berdoa Sebelum Bekerja

    Kini, setelah menyelesaikan karya seni religi untuk Gereja Nama Suci Yesus, Karr menerima banyak permintaan karya seni untuk tema serupa. Saat Karr bekerja untuk mengembangkan sebuah karya yang ditugaskan, ia berdoa bersama mereka, dan meminta Roh Kudus untuk memberinya karya seperti apa untuk mereka.

    Satu kali, Karr mendapat satu proyek dari satu keluarga di mana sang istri adalah seorang konselor kesehatan mental. Klien itu berulang kali bermimpi tentang Mary yang mengenakan pakaian kerja, dengan rajin melepaskan ikatan pita panjang yang bersinar dalam cahaya yang jatuh di bahunya.

    Dari cerita itu, Karr mulai mengerjakannya. Karr mengatakan, meski gambar tersebut dibuat untuk satu klien, sering kali membuat orang lain menangis, meski sebelumnya mereka tidak tahu apa pun tentang gambaran tradisional Maria ini.

    “Saya telah melihat betapa Tuhan dapat berbicara melalui gambar-gambar ini. Kecantikan memiliki kualitas dalam menghentikan orang-orang dan membuat mereka memperhatikan,” katanya. (AES)

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI