Paus Fransiskus: Prapaskah adalah Masa Tobat dan Kebebasan

0
323
Paus Fransiskus. VN

VATIKAN, Pena Katolik – Dalam pesannya untuk Masa Prapaskah 2024, Paus Fransiskus mengajak umat beriman untuk “berhenti sejenak”, berdoa, dan membantu saudara-saudari yang membutuhkan.

“Ketika Tuhan kita menyatakan diri-Nya, pesan-Nya selalu berupa kebebasan,” kata Paus Fransiskus dalam pesannya untuk Masa Prapaskah 2024.

Mengingat Eksodus orang-orang Ibrani dari Mesir, Bapa Suci menjelaskan bahwa perjalanan kita melalui padang pasir dapat menjadi masa rahmat. Paus menegaskan perlunya melawan globalisasi ketidakpedulian.

Namun, masa Prapaskah adalah sebuah “masa rahmat, masa pertobatan,” di mana padang gurun dapat menjadi tempat di mana kebebasan dapat semakin matang dalam keputusan pribadi. Dalam masa ini, Paus mengajak untuk berhenti sejenak untuk berdoa dan membantu sesama kita

“Cinta kepada Tuhan dan cinta terhadap sesama adalah satu cinta. Dimensi kontemplatif masa Prapaskah dapat membantu kita melepaskan energi baru, untuk menjadi lebih peka satu sama lain.”

Paus Fransiskus mengakhiri pesan Prapaskahnya dengan catatan penuh harapan: “Sejauh masa Prapaskah ini menjadi masa pertobatan, manusia melihat secercah harapan baru.”

Menyerukan umat beriman untuk siap mengambil risiko, Paus mengajak untuk menemukan keberanian melihat dunia.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here