Beberapa Anak dari Gaza tiba di Roma untuk Mendapatkan Perawatan Medis Setelah Menjadi Korban Ledakan

0
84
Seorang ayah menggendong anaknya karena terkena ledakan dalam serangan Israel di Gaza. Vatican Media

ROMA, Pena Katolik – Sepuluh anak dari Gaza yang membutuhkan perawatan medis tiba di Roma, Italia dengan pesawat militer pada akhir 29 Januari 2024. Mereka akan menerima perawatan di Italia karena lobi para imam Fransiskan yang berkarya di Tanah Suci. Diketahui, negosiasi ini melibatkan pemerintah Italia, Israel, Palestina, dan Mesir.

Sepuluh anak-anak dan seorang pemuda dibawa dari bandara militer Ciampino Roma ke Rumah Sakit Anak Bambino Gesù yang dikelola Vatikan. Mereka akan mendapat pemeriksaan awal dan dirawat lebih lanjut, demikian yang dilaporkan Vatican News.

Anak-anak yang dirawat itu merupakan korban yang terluka parah dalam perang yang sedang berlangsung antara Israel dan Hamas. Selain itu, anak lain menderita sakit kronis yang tidak dapat lagi menerima perawatan yang diperlukan di Gaza.

Empat pasien akan dirawat di Bambino Gesù. Beberapa anak lain akan dirawat di Rumah Sakit Camillus di Roma dan Rumah Sakit di Genoa, Bologna dan Florence. Sementara pemuda yang disebutkan itu akan dirawat di Rumah Sakit St. Louis, Roma.

Anak-anak yang tiba di Roma ini disambut Pastor Ibrahim Faltas OFM bersama dengan Menteri Luar Negeri Italia dan Jenderal Angkatan Darat Italia, Francesco Figliuolo yang mengoordinasikan pengangkutan melalui udara.

Pastor Faltas tidak dapat menahan emosinya menyambut kedatangan anak-anak ini. Vatican News menggambarkan suasana ini sebagai “tanda pertama perdamaian”. Figliuolo mengatakan kepada wartawan di bandara bahwa pemerintah Italia dan angkatan bersenjata mempelajari kemungkinan mendirikan rumah sakit lapangan di Gaza, namun situasi keamanan membuat hal itu mustahil.

Sebelumnya, anak-anak ini dan orang tua atau wali mereka mendampingi hingga menyeberang dari Gaza ke Mesir melalui penyeberangan Rafah. Selanjutnya, mereka dibawa ke rumah sakit di Kairo sebelum diterbangkan ke Roma. Rencana awal akan dibawa 100 anak Palestina, yang sangat membutuhkan perawatan medis yang tidak dapat diberikan di Gaza.

Kapal rumah sakit militer Italia, Vulcano, yang saat ini berlabuh di Mesir akan berlayar ke Roma dengan membawa 50 hingga 60 anak lainnya pada 31 Januari 2024. Pengangkutan udara lainnya diperkirakan akan dilakukan pada bulan Februari.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here