29.2 C
Jakarta
Monday, April 29, 2024

Vatikan Mengumumkan Proyek Restorasi Besar-besaran di Basilika Santo Petrus

BERITA LAIN

More
    Bagian dalam Basilika Santo Petrus. Di tengah adalah kanopi berbentuk kubah buatan Bernini yang terkenal, pahatan kanopi perunggu di atas altar utama. © Viacheslav Lopatin | Shutterstoc

    VATIKAN, Pena Katolik – Vatikan mengumumkan pada hari Kamis, 11 Januari 2024 bahwa Takhta Suci akan merenovasi besar-besaran Baldacchino yang menjulang tinggi di atas altar utama Basilika Santo Petrus. Baldacchino dirancang oleh Gian Lorenzo Bernini 400 tahun lalu.

    Proyek restorasi dan konservasi yang ambisius, yang diperkirakan akan selesai tepat sebelum dimulainya tahun Yobel Gereja Katolik pada bulan Desember 2025. Selama renovasi, proses ini akan memerlukan pemasangan perancah di sekitar kanopi altar utama basilika selama hampir satu tahun.

    Restorasi senilai 700.000 euro (sekitar $768.000) ini didanai oleh Knights of Columbus dan akan dilaksanakan oleh ahli restorasi seni di Museum Vatikan. Kardinal Mauro Gambetti, imam agung Basilika Santo Petrus, telah meyakinkan bahwa liturgi kepausan masih dapat berlangsung di basilika tersebut di tengah pekerjaan restorasi.

    Patrick Kelly, ketua Knights of Columbus, hadir di Roma pada konferensi pers pada 11 Januari 2024, seperti berita Vatican News untuk mengumumkan restorasi di basilika, dan menyebut proyek tersebut sebagai “salah satu restorasi terbesar” dari sekian banyak proyek yang didanai oleh Knights of Columbus.

    “Itu adalah Baldacchino karya Bernini… Ini adalah mahakarya seni sakral yang luar biasa – yang langsung dapat dikenali dan mengesankan. Tetapi, jika itu belum cukup, proyek ini juga sangat sesuai dengan misi kami dan dengan sejarah pelayanan kami kepada Gereja, dan khususnya, penerus Santo Petrus.”

    Paus Urbanus VIII menugaskan Bernini pada tahun 1624 untuk merancang dan membangun kanopi besar di atas Altar Pengakuan Dosa Kepausan, yang terletak tepat di atas makam Rasul Santo Petrus.

    Dengan tiang-tiang perunggu yang dipelintir, Baldacchino membentang setinggi 92 kaki. Dihiasi secara rumit dengan malaikat Barok berlapis emas, kerub, lebah, dan cabang pohon salam, kanopi tersebut membutuhkan waktu sembilan tahun bagi Bernini untuk membuatnya dengan bantuan besar dari saingan arsitekturnya, Francesco Borromini.

    Paus mengarahkan Bernini untuk membongkar dan melebur balok perunggu dari Pantheon kuno Roma untuk membantu menciptakan Baldacchino raksasa. Total berat konstruksi ini hampir 70 ton. Kanopi tersebut akhirnya selesai pada tahun 1633.

    Setelah mengunjungi Basilika Santo Petrus pada tahun 1873, novelis Henry James menggambarkan pertemuannya dengan Baldacchino: “Anda hanya perlu berjalan-jalan dan berjalan-jalan dan memandang dan memandang; untuk menyaksikan kanopi altar yang megah mengangkat arsitektur perunggunya, sulaman liuk-liuknya yang sangat besar, seperti kuil di dalam kuil, dan rasakan diri Anda sendiri, di bagian bawah kubah yang sangat dalam menyusut hingga menjadi titik merangkak.”

    Pada konferensi pers Vatikan, Pietro Zander, kepala warisan artistik dan arkeologi basilika, menjelaskan bahwa penyelidikan awal menemukan bahwa Baldacchino memiliki “kondisi konservasi yang terdegradasi” dan seluruh permukaannya ditutupi “dengan lapisan gelap. Bagian ini memerlukan pembersihan besar-besaran.

    “Masalah kerusakan… sebagian disebabkan oleh banyaknya pengunjung dan peziarah yang berduyun-duyun ke Basilika Santo Petrus setiap hari, sehingga mengubah iklim mikro karena kehadiran mereka,” kata Zander.

    Basilika St Petrus dikunjungi hingga 50.000 orang setiap hari. Variasi iklim mikro yang cukup besar pada siang hari dan perubahan suhu dan kelembapan yang kuat antara siang dan malam berinteraksi dengan kanopi, menyebabkan perubahan dan korosi pada logam. Oksidasi penyangga dan penguat besi; dan perluasan bagian-bagian kayu yang mengakibatkan terangkatnya dan terkelupasnya lapisan-lapisan pada permukaannya.

    Zander mengindikasikan bahwa studi lebih lanjut tentang “iklim mikro basilika” juga akan membantu membentuk rencana konservasi untuk semua karya seni di basilika. Pekerjaan restorasi akan dimulai pada 12 Februari, satu hari setelah Paus Fransiskus dijadwalkan memimpin kanonisasi santo pertama Argentina dalam Misa di Basilika Santo Petrus.

    Alberto Capitanucci, yang memimpin tim teknis “Fabric of St. Peter,” kantor yang bertanggung jawab atas konservasi dan pemeliharaan Basilika Santo Petrus, memperkirakan akan memakan waktu sekitar empat minggu untuk memasang perancah tersebut, yang akan memungkinkan tim dari 10-12 ahli yang bekerja setiap hari pada pemulihan Baldacchino. (AES)

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI