30 C
Jakarta
Sunday, May 5, 2024

Peresmian Biara Pusat Kongregasi Suster Santo Dominikus Indonesia

BERITA LAIN

More
    Mgr Antonius Subianto Bunjamin OSC memberkati altar di Biara Pusat Kongregasi Suster St Dominikus Cimahi. Dominikan

    Uskup Bandung, Mgr. Antonius Subianto Bunjamin OSC memimpin Misa pemberkatan Biara Pusat Kongregasi Suster-Suster Santo Dominikus Indonesia di Cimahi, Jawa Barat, 12 Desember 2023. Proses pembangunan biara pusat ini sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu. Setelah melalui rangkaian proses perencanaan dan konstruksi, biara pusat ini selesai dikerjakan.

    Pada kesempatan ini, Mgr. Anton menyampaikan syukur kepada Allah dan terima kasih kepada saudara-saudari yang bermurah hati. Ia menyampaikan selamat pula kepada para Suster St. Dominikus yang baru saja menyelesaikan Pembangunan rumah induk.

    “Semoga sungguh menjadi rumah induk, di mana spiritualitas St. Dominikus memancar dari tempat ini,” ujar Mgr. Anton.

    Dalam homily, Mgr. Anton mengatakan bahwa tuntutan karya kadang menggiring untuk bersifat pragmatis, siapa yang mendukung dalam karya, namun siapa yang membandel, lebih baik disingkirkan. Inilah yang biasa ditemukan dalam bisnis dan politik, lawan bisa menjadi teman, sebaliknya teman bisa menjadi musuh. Perhitungan semacam ini adalah sesuatu yang matematis, tidak jelek, bahka bisa dikembangkan dalam berbagai cara.

    Namun, dalam karyanya, Yesus tidak memakai perhitungan matematis ini. Berkaitan dengan keselamatan, Yesus menggunakan logika lain, yaitu logika belas kasih yang mengatasi hitungan matematis dan pikiran logis.

    “Yesus tidak mencaci maki logika manusia, Ia melengkapinya dengan logika Ilahi yang mengutamakan belas kasih yang mengatasi sikap pragmatis dan pikiran praktis,” ujar Mgr. Anton. Pada Misa peresmian biara pusat ini, Mgr. Anton didampingi beberapa imam di antaranya Vikjen Romo Yustinus Hilman Pujiatmoko, Provinsial OP Korea Selatan, Pastor John Kim OP, Romo Andreas Kurniawan Op, dan beberapa imam lain.

    Mgr Antonius Subianto Bunjamin OSC dan Sr Elisabeth Yaya Budiarti OP menandatangi prasasti Biara Pusat Kongregasi Suster St Dominikus Indonesia di Cimahi Jawa Barat, 12 desember 2023.

    Biara Pusat Suster OP di Cimahi ini tetap mempertahankan rumah biara awal yang masih berdiri sampai saat ini. Bangunan yang sudah ada sejak zaman Belanda ini kini bahkan telah diakui sebagai cagar budaya. Pemimpin Umum Kongregasi Suster St. Dominikus Indonesia, Sr. Elisabeth Yaya BUdiarti OP menatakan, butuh waktu kurang-lebih tiga tahun untuk menyelesaikan biara pusat ini.

    Suster Santo Dominikus (OP) sudah berkarya di Nusantara sejak 12 Desember 1931. Sejak saat itu Pemimpin di Indonesia disebut sebagai Pemimpin Misi. Ini berarti, keberadaan Suster OP di Indonesia sudah sekitar 92 tahun. Awalnya, para suster yang datang dari Belanda memulai karya mereka di Cilacap. Seiring waktu, karya mereka bergeser ke arah barat di Cimahi.

    Misi di Indonesia berkembang yang sebagian besar anggotanya adalah orang-orang Indonesia. Pada Kapitel tahun 1982, Misi di Indonesia diberi wewenang dalam mempersiapkan kemandirian atau otonomi. Pada tanggal 12 Desember 1987, Misi di Indonesia diberi otonomi dan menjadi Kongregasi mandiri.

    Sehari setelahnya, di Gereja St. Ignatius Cimahi, Uskup Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus memimpin Misa Syukur Hidup Membiara dan Pengikraran kaul Kekal dari beberapa Suster St. Dominikus Indonesia. Ada tiga suster mensyukuri ulang tahun hidup membiara: Sr. M. Margaretha OP (70 tahun), Sr. M. Hildegardis OP (40 tahun), dan Sr. M. Angelica OP (65 tahun). Sementara itu, ada tiga suster yang mengikrarkan Kaul Kekal yakni: Sr. M. Laurentia OP, Sr. M. Lutgardis OP, dan Sr. M. Norbertine OP.

    Pada kesempatan ini, Sr. Hildegardis yang merayakan syukur 40 tahun hidup membiara membagikan pengalamannya ketika ia ingin masuk menjadi suster. Awalnya, orang tuanya tak merestui, mereka beralasan karena ia tak cocok menjadi suster. Namun, setelah melalui tahun-tahun dalam panggilan, Sr. Hildegardis mensyukuri atas rahmat panggilannya.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI