28.4 C
Jakarta
Monday, April 29, 2024

Paus Fransiskus Rayakan 60 Tahun Hubungan dengan Korea Selatan

BERITA LAIN

More
    2023.11.26 Angelus  (VATICAN MEDIA Divisione Foto)

    PENAKATOLIK.COM-Paus Fransiskus mengungkapkan rasa syukurnya dalam pesan kepada Uskup-uskup Korea saat merayakan 60 tahun hubungan diplomatik antara Republik Korea dan Takhta Suci.

    Dalam harapannya, Paus Fransiskus ingin kedua pihak terus mengembangkan hubungan persahabatan mereka sambil bekerja bersama demi perdamaian dan rekonsiliasi di Semenanjung Korea.

    Paus Fransiskus mengirimkan pesan khusus kepada Uskup Matthias Ri Iong-Hoon dari Suwon, Presiden Konferensi Waligereja Katolik Korea (CBCK), dengan ucapan selamat dan jaminan kedekatan spiritual dalam menyambut 60 tahun hubungan diplomatik yang dimulai pada tahun 1963.

    Hubungan erat ini telah terjaga, termasuk kunjungan Paus Santo Yohanes Paulus II pada tahun 1984 dan 1989, serta kunjungan Paus Fransiskus pada tahun 2014 untuk Hari Pemuda Asia ke-6.

    Peringatan 60 tahun ini disoroti oleh Misa syukur yang dipimpin oleh Uskup Ri Iong-Hoon di Katedral Myeongdong di Seoul.

    Dalam pesan yang dibacakan selama perayaan, Paus Fransiskus berharap agar Korea Selatan dan Takhta Suci terus bersatu untuk mencapai perdamaian dan rekonsiliasi di Semenanjung Korea.

    Paus juga menyampaikan rasa syukur atas berbagai anugerah yang diterima oleh Komunitas Katolik di Korea.

    Dia menyatakan keyakinannya bahwa penyebaran Injil, pertumbuhan Gereja lokal, dan kontribusinya terhadap kesejahteraan masyarakat Korea akan terus menghasilkan buah budaya dan rohaniah, terutama bagi yang terpinggirkan, miskin, dan tanpa harapan.

    Kenangan manis dari Perjalanan Apostolik tahun 2014 di Seoul juga diungkapkan oleh Paus Fransiskus.

    Dia mengenang Misa untuk beatifikasi Martir Korea, menyebut mereka sebagai mereka yang “dengan cinta kepada Yesus dan keinginan untuk menyebarkan Kerajaan Tuhan, memberikan hidup mereka untuk menanam benih bagi Gereja yang berkembang dan berkembang.”

    Paus juga menyatakan antisipasinya untuk Hari Pemuda Sedunia (WYD) 2027 di Korea Selatan.

    Dalam doanya, Paus berharap agar para pemuda terus memberikan kesaksian berharga untuk Kristus, mengingat bahwa Seoul akan menjadi tuan rumah WYD kedua di Asia setelah Filipina pada tahun 1995.

    Menutup pesan ini, Paus Fransiskus menyerahkan negara ini kepada perantaraan Martir-martir Korea dan Maria, Bunda Gereja, serta memberikan berkat sebagai jaminan rahmat dan perdamaian dalam Tuhan Yesus Kristus. (Sam/PENA- Lisa Zengarini/VatikanNews).

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI