26.9 C
Jakarta
Saturday, April 27, 2024

Vatikan ke Konferensi Uskup Jerman: Pentahbisan Perempuan dan perubahan Ajaran Gereja tentang Homoseksualitas Tidak Dapat Menjadi Bahan Diskusi

BERITA LAIN

More

    VATIKAN, Pena Katolik  – Vatikan telah memberi tahu para uskup Jerman secara tertulis bahwa pentahbisan perempuan dan perubahan dalam ajaran Gereja tentang homoseksualitas tidak dapat menjadi bahan diskusi dalam pertemuan mendatang dengan delegasi Sinode Jerman di Roma. Surat tertanggal 23 Oktober itu juga mengingatkan para uskup tentang potensi konsekuensi disipliner bagi siapa pun yang menentang ajaran Gereja, lapor CNA Deutsch, mitra berita CNA berbahasa Jerman.

    Surat itu ditulis oleh Kardinal Pietro Parolin, sekretaris negara Vatikan, dan ditujukan kepada sekretaris jenderal Konferensi Waligereja Jerman, Beate Gilles, surat itu dibagikan kepada seluruh uskup diosesan Jerman. Surat ini menjadi yang terbaru dalam daftar intervensi Vatikan mengenai Jalan Sinode Jerman, surat itu diterbitkan secara lengkap pada tanggal 25 November oleh surat kabar Tagespost.

    Para uskup Jerman dan perwakilan Kuria Roma bertemu di Vatikan pada bulan Juli untuk berdiskusi mengenai Jalan Sinode Jerman. Pembicaraan ini akan dilanjutkan pada bulan Januari, April, dan Juli 2024. Pembicaraan ini diharapkan mencakup eklesiologi, antropologi, moralitas dan liturgi, serta teks-teks Jalan Sinode.

    Surat Vatikan itu mengingatkan para uskup Jerman akan Sinode Sinode yang sedang berlangsung di Roma: “Mengingat jalannya Jalan Sinode Jerman sejauh ini, pertama-tama kita harus menyadari bahwa Jalan Sinode universal sedang berlangsung, yang diselenggarakan oleh Bapa Suci.”

    Surat tersebut menekankan bahwa “oleh karena itu penting untuk menghormati jalan Gereja universal ini dan untuk menghindari kesan bahwa inisiatif paralel sedang dilakukan dan tidak peduli dengan upaya untuk ‘berjalan bersama.’” Garis yang ditarik pada penahbisan perempuan, tindakan homoseksual

    Mengingat keputusan Sinode Jerman untuk mendorong pentahbisan perempuan, surat tersebut mengingatkan para uskup Jerman bahwa Paus Fransiskus telah berulang kali dan “secara tegas menegaskan kembali” apa yang ditulis oleh St. Yohanes Paulus II dalam Ordinatio Sacerdotalis tentang Gereja yang “tidak memiliki otoritas apa pun. untuk menganugerahkan penahbisan imam kepada wanita.”

    Sambil mengutip Paus Fransiskus tentang pentingnya mengakui peran dan martabat perempuan – mengingat “seorang perempuan, Maria, lebih penting daripada para uskup,” seperti yang dikatakan Paus dalam Evangelii Gaudium – surat itu juga memperingatkan “konsekuensi disipliner” bagi mereka. yang melanggar doktrin, termasuk kemungkinan ekskomunikasi karena “mencoba menahbiskan seorang wanita,” lapor CNA Deutsch.

    Mengenai ajaran Gereja mengenai tindakan homoseksual, surat Parolin kepada para uskup Jerman mengatakan bahwa ini adalah “masalah lain yang tidak mungkin diambil oleh Gereja lokal untuk mengambil pandangan berbeda.”

    Surat tersebut menjelaskan lebih lanjut: “Sekalipun kita mengakui bahwa dari sudut pandang subyektif mungkin terdapat berbagai faktor yang meminta kita untuk tidak menghakimi orang lain, hal ini sama sekali tidak mengubah penilaian terhadap moralitas obyektif dari tindakan-tindakan tersebut.”

    Catatan Vatikan juga merujuk pada surat Paus Fransiskus tahun 2019 kepada umat Katolik di Jerman. Di dalamnya, Paus Fransiskus memperingatkan terhadap “dosa besar keduniawian dan semangat duniawi yang anti-Injili.”

    Pada bulan Januari, Paus Fransiskus lebih eksplisit dengan mengecam Jalan Sinode Jerman sebagai “elitis” dan “tidak membantu dan tidak serius.” Baru-baru ini, dalam surat tertanggal 10 November, Paus kembali menyatakan keprihatinan mendalam mengenai Jalan Sinode Jerman. Ia memperingatkan bahwa langkah-langkah yang diambil oleh segmen Gereja lokal ini dapat menyimpang dari jalur Gereja universal, terutama dorongan Jerman untuk membentuk “Dewan Sinode” permanen, yang merupakan gabungan antara umat awam dan uskup untuk memerintah Gereja Katolik di Jerman.

    Sebaliknya, Paus Fransiskus menyarankan pendekatan alternatif bagi Gereja di Jerman, dengan menekankan perlunya doa, penebusan dosa, dan adorasi. Reaksi Jerman terhadap intervensi terbaru dari Roma ini akan menunjukkan betapa penyelenggara Sinode telah sangat memperhatikan seruan kepausan.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI