Sabtu, Juli 27, 2024
33.4 C
Jakarta

Uskup Beijing Mengajak Memadukan Iman dengan Budaya Tiongkok dalam Kunjungannya ke Hong Kong

Kardinal John Tong, Kardinal Stepehen Chow SJ, Mgr. Li Shan merayakan Misa di Katedral Nong Kong. IST

HONG KONG, Pena Katolik – Dalam kunjungannya baru-baru ini ke Hong Kong, Uskup Agung Beijing, Mgr. Li Shan menekankan perlunya untuk lebih memadukan iman Katolik dan budaya Tiongkok, dengan mengatakan bahwa Gereja harus melakukan upaya evangelisasi dalam semangat “Sinicisasi”.

Dalam pidato pembukaan konferensi teologi di Hong Kong bertajuk, “Gereja Sinode dan Gereja di Tiongkok: Persekutuan, Partisipasi, Misi”, Mgr. Li mengatakan kombinasi iman dan budaya Tiongkok adalah sumber kebijaksanaan.

“Kita berdoa semoga di bawah bimbingan wahyu Roh Kudus Tuhan, di bawah arahan semangat persekutuan Gereja, dan di bawah eksplorasi tekun kita semua, Gereja Tiongkok akan mampu memajukan karya evangelisasi dan spiritualitas searah Sinicisasi,” ujarnya.

Istilah “Sinicisasi” terkadang menimbulkan kontroversi di kalangan kritikus yang melihatnya tidak hanya menunjukkan persinggungan antara iman dan budaya, tetapi juga sebagai dalih untuk memperluas kendali otoritas Komunis Tiongkok terhadap Gereja. Gereja, kata Mgr. Li, harus “mengikuti perkembangan zaman dan segera menyesuaikan fokus, metode dan cara evangelisasi seiring dengan perkembangan dan kemajuan masyarakat”.

Baik uskup Hong Kong saat ini, Kardinal Stephen Chow, dan mantan uskup Hong Kong, Kardinal John Tong, hadir pada konferensi tersebut, dan Chow menekankan perlunya memahami konsep misi sebelum melakukan tindakan apa pun dalam pelayanannya. , termasuk empati dan berbagi dengan bimbingan Roh Kudus.

Mgr. Li tiba di Hong Kong pada 13 November untuk kunjungan yang dimaksudkan untuk memperkuat hubungan antara kedua Gereja dan memfasilitasi komunikasi yang lebih kuat antara Tahta Suci dan Tiongkok daratan. Prelatus berusia 58 tahun itu adalah presiden Asosiasi Katolik Patriotik Tiongkok (CPCA) yang disponsori negara, yang telah memindahkan dan menunjuk uskup tanpa persetujuan Roma, meskipun terdapat perjanjian kontroversial pada tahun 2018 mengenai pengangkatan uskup.

Kunjungannya ke Hong Kong merupakan tindak lanjut dari kunjungan serupa yang dilakukan Kardinal Chow ke Beijing pada bulan April, di mana ia bertemu dengan para pejabat Gereja dan mengunjungi proyek-proyek keuskupan, yang menandai sebuah tonggak sejarah penting, karena ini adalah pertama kalinya seorang uskup Hong Kong melakukan perjalanan ke Beijing sejak tahun 1985, ketika Hong Kong melakukan perjalanan ke Beijing. Kong masih merupakan koloni Inggris.

Kardinal Chow dalam beberapa kesempatan mengindikasikan bahwa kunjungan timbal balik ini akan meningkat, karena kedua belah pihak bertujuan untuk memperkuat hubungan. Mgr. Li didampingi oleh empat delegasi lainnya selama kunjungannya, termasuk Pastor Zhen Xuebin, sekretaris jenderal Keuskupan Agung Beijing.

Kunjungannya dimulai dengan kebaktian Vesper di kuria keuskupan di Hong Kong, dan pada 14 November, menurut The Sunday Examiner, surat kabar keuskupan Hong Kong, dia mengunjungi seminari Roh Kudus di Aberdeen, di mana dia berterima kasih kepada Chow atas undangannya.

Ia juga berterima kasih kepada Pusat Keuskupan dan kantor Caritas setempat atas sambutan mereka, dengan mengatakan, “Kami telah melihat perkembangan nyata dari keuskupan dalam proses ini, dan kami telah belajar banyak hal untuk seminari dan paroki kami. Kami akan bekerja keras demi perkembangan Gereja kami yang lebih baik.”

Di seminari tersebut, Kardinal Tong hadir untuk menyambut delegasi Beijing dan menggarisbawahi peran bersejarah Pusat Roh Kudus sebagai jembatan antara Tiongkok dan Hong Kong untuk penelitian dan studi lainnya. Misa dirayakan bersama delegasi Beijing dan beberapa perwakilan keuskupan Hong Kong di seminari malam itu.

Mgr. Li bertemu dengan berbagai kantor keuskupan dalam upaya untuk mendorong interaksi lebih lanjut antara Gereja-Gereja di Beijing dan Hong Kong. Pada tanggal 15 November, hari terakhir kunjungannya, Li merayakan Misa bersama Chow, Tong, Uskup Joseph Yang Yongqiang dari Keuskupan Zhoucun di Tiongkok, dan Uskup Auxiliary Hong Kong Joseph Ha Chi-shing, serta para imam dan pendeta lainnya. anggota delegasi Beijing.

Kardinal Chow berterima kasih kepada Li dan delegasi lainnya atas kunjungan mereka, dengan mengatakan, “Ini adalah Gereja persekutuan, Gereja rakyat Tiongkok. Jadi, dengan rasa syukur, kami memohon agar Yesus Kristus, Tuhan kami, memberkati hati dan usaha kami”. Ia meminta umat beriman yang hadir mendoakan hasil dari konferensi teologi mendatang yang akan diselenggarakan pada tahun ini di Pusat Keuskupan.

Mgr. Li yang memberikan homili, menurut Sunday Examiner, menekankan pentingnya menumbuhkan sikap iman, pujian dan syukur. Kardinal Chow di akhir Misa menyuarakan harapannya suatu hari nanti, seluruh umat Katolik Tiongkok bisa berdoa bersama di tempat yang sama.

Di tengah perpecahan selama puluhan tahun antara pejabat Gereja dan otoritas Tiongkok, Hong Kong telah menjadi basis umat Katolik di pinggir daratan Tiongkok, tempat umat Katolik dan penganut agama lain kadang-kadang menghadapi penganiayaan di bawah pemerintahan Partai Komunis Tiongkok yang secara resmi ateis. Pada tahun 2018, Vatikan dan pemerintah Komunis Tiongkok menandatangani perjanjian sementara mengenai penunjukan uskup yang ditujukan untuk mereka.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini