28.2 C
Jakarta
Friday, May 3, 2024

Ignatius Jonan Dianugerahi Bintang Jasa Gregorius Agung dari Paus Fransiskus

BERITA LAIN

More
    Ignasius Jonan sesaat setelah mendapat anugerah Bintang St Gregorius Agung berajlan bersama Kardinal Ignatius Suharyo dan Mgr Piero Pioppo. Dok. Ignasius Jonan

    JAKARTA, Pena Katolik – Ignasius Jonan mendapat penghargaan Bintang Ordo Gregorius Agung dari Paus Fransiskus. Bintang ini diserahkan oleh Nunsius Apostolik Vatikan untuk Indonesia, Mgr. Piero Pioppo di Kedutaan Besar Vatikan, Jakarta Pusat, 15 November 2023. Pada kesempatan yang sama, Mgr. Pioppo juga menyerahkan penghargaan Kepausan untuk Lucia Maria Liando, dan Rudy Lawantara.

    “Saya dianugerahi Bintang Ordo Gregorius Agung dan diangkat menjadi Komandan Ksatria St. Gregorius Agung,” ujar Jonan dalam akun Instagram pribadinya @ignasius.jonan.

    Penghargaan ini diberikan pada peringatan 10 tahun kepausan Fransiskus. Paus Fransiskus terpilih menjadi Paus pada tahun 2013. Ia menggantikan Paus Benediktus XVI yang mengudurkan diri.

    Pada kesempatan ini, Jonan juga diangkat menjadi Komandan Ksatria St. Gregorius Agung. Sedangkan Lucia Liando mendapat Bintang Silvester dan diangkat menjadi komandan ordo tersebut. Terakhir Rudy Lawantara mendapat penghargaan Pro Ecclesia et Pontifice (Untuk Gereja dan Paus).

    Pada Peringatan 10 Tahun Kepausan Fransiskus ini hadir juga Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, Kardinal Ignatius Suharyo (Uskup Agung Jakarta), Ketua KWI Mgr. Antonius Subianto Bunjamin OSC, para duta besar negara-negara sahabat (korps diplomatik), para uskup yang baru saja mengikuti Sidang Tahunan KWI, para tokoh awam, para imam, birawan-birawati.

    Ordo Berkuda Kepausan St. Gregorius Agung (Latin: Ordo Sancti Gregorii Magni; Italia: Ordine di San Gregorio Magno) didirikan pada tanggal 1 September 1831, oleh Paus Gregorius XVI, tujuh bulan setelah terpilih sebagai Paus.

    Ordo St. Gregorius Agung

    Ordo Kepausan St. Gregorius Agung (Latin: Ordo Sancti Gregorii Magni) ada sejak 1 September 1831 pada masa Paus Gregorius XVI. Ia mendirikan ordo ini tujuh bulan setelah terpilih sebagai Paus. Ordo St. Gregorius merupakan ordo kepausan tingkat ke-4, ordo ini adalah satu dari lima ordo kepausan. Sesua tingkatannya empat ordo yang lain adalah: (1) Ordo Tertinggi Kristus (Supreme Order of Christ); (2) Ordo Pacu Emas (Order of the Golden Spur); (3) Ordo St. Pius IX; dan (5) Ordo Santo Sylvester.

    Ordo St. Gregorius Agung merupakan bentuk penghormatan kepausan yang diberikan kepada pria dan wanita Katolik (dan tokoh non-Katolik tertentu) sebagai pengakuan atas pengabdian pribadi mereka kepada Takhta Suci dan Gereja Katolik. Seseorang yang mendapat anugerah bintang penghargaan ini telah menunjukkan jasa mereka untuk Gereja dan negara di mana mereka berasal. Pemberian Ordo St. Gregorius Agung tidak memberikan kewajiban khusus bagi penerimanya terhadap Gereja Katolik.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI