27.1 C
Jakarta
Saturday, April 27, 2024

Dikasteri Ajaran Imam Vatikan: Transgender dapat Dibaptis Katolik dan Menjadi Saksi Pernikahan

BERITA LAIN

More
    091123 – Bejana air baptis di Katedral St. Stepanus Vienna, Austria. CNA

    VATIKAN, Pena Katolik – Dikasteri Ajaran Imam mengatakan orang dewasa yang diidentifikasi sebagai transgender dapat menerima sakramen baptisan dengan syarat yang sama seperti orang dewasa lainnya. Namun, Dikasteri ini memberi penjelasan tambahan, sakramen ini dapat diberikan selama tidak ada risiko menimbulkan skandal atau kebingungan bagi umat Katolik lainnya.

    Vatikan juga mengatakan bahwa anak-anak atau remaja yang mengalami masalah identitas transgender juga dapat menerima baptisan “jika mereka siap dan bersedia.” Dokumen yang menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dan pertanyaan-pertanyaan berbasis sakramen lainnya bagi mereka yang mengidentifikasi diri sebagai transgender dan orang-orang yang menjalin hubungan sesama jenis dibuat sebagai jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada Dikasteri Ajaran Iman pada bulan Juli oleh Mgr. Giuseppe (José) Negri, Uskup Santo Amaro, Brasil. Panduan ini muncul di tengah diskusi yang sedang berlangsung di dalam Gereja Katolik, tentang pelayanan pastoral bagi komunitas LGBTQ mengingat fokus Paus Fransiskus pada pendampingan dan sinodalitas.

    Tanggapan dari dikasteri tersebut tertanggal 31 Oktober dan ditandatangani oleh Kardinal Victor Fernández dan Paus Fransiskus. Vatikan juga menjawab pertanyaan tentang apakah orang-orang yang mengidentifikasi transgender atau mereka yang memiliki hubungan homoseksual dapat menjadi wali baptis atau menjadi saksi pernikahan, dan apakah anak-anak yang diadopsi atau dilahirkan melalui reproduksi bantuan dari pasangan sesama jenis dapat dibaptis.

    Terhadap pertanyaan terakhir, Dikasteri mengutip paragraf 868 dari Hukum Kanonik, dan mengatakan “agar seorang anak dapat dibaptis harus ada harapan yang kuat bahwa dia akan dididik dalam agama Katolik”.

    Penjelasan Vatikan

    Mengenai pertanyaan tentang mereka yang mengidentifikasi diri sebagai transgender dan penerimaan mereka terhadap sakramen baptisan, dikasteri memberikan beberapa catatan untuk dipertimbangkan, “terutama ketika ada keraguan mengenai situasi moral objektif yang dialami seseorang, atau tentang watak subjektifnya. menuju kasih karunia.” Selanjutnya dijelaskan bahwa Gereja Katolik mengajarkan bahwa baptisan yang diterima tanpa pertobatan atas dosa-dosa berat, meskipun memberikan karakter sakramental yang tak terhapuskan, tidak memberikan rahmat pengudusan.

    Vatikan mengutip Katekismus Gereja Katolik, St. Thomas Aquinas, dan St. Agustinus dari Hippo untuk menjelaskan bahwa ketika seseorang memiliki watak yang benar, yaitu, telah bertobat dari segala dosa berat, sifat sakramental baptisan “adalah sebuah penyebab langsung yang membuat seseorang menerima rahmat.”

    “Dengan demikian kita dapat memahami mengapa Paus Fransiskus ingin menekankan bahwa baptisan ‘adalah pintu yang memungkinkan Kristus Tuhan berdiam dalam pribadi kita dan memungkinkan kita tenggelam dalam Misteri-Nya.”

    “Hal ini secara konkret menyiratkan,” lanjutnya, mengutip nasihat apostolik Paus Fransiskus pada tahun 2013, Evangelii Gaudium, “bahwa ‘pintu sakramen tidak boleh ditutup hanya karena alasan apa pun. Dikasteri menyimpulkan bahwa meskipun ada keraguan mengenai situasi moral obyektif atau kecenderungan subyektif seseorang terhadap rahmat, “kesetiaan kasih Allah yang tanpa syarat, yang mampu menghasilkan perjanjian yang tidak dapat dibatalkan bahkan dengan orang berdosa” tidak boleh dilupakan.

    Kantor doktrinal tersebut mengatakan bahwa seorang transgender yang telah menjalani perawatan hormonal atau operasi penggantian kelamin dapat memenuhi peran sebagai ayah baptis atau ibu baptis untuk pembaptisan “dalam kondisi tertentu”. Namun, Dikasteri menambahkan bahwa peran tersebut bukanlah hak dan tidak boleh dilakukan jika ada bahaya menimbulkan skandal atau kebingungan dalam komunitas Gereja setempat.

    Dikatakan juga bahwa tidak ada undang-undang Gereja saat ini, yang melarang orang yang mengidentifikasi diri sebagai transgender atau orang homoseksual yang tinggal bersama, untuk bertindak sebagai saksi pernikahan. Sebagai jawaban atas pertanyaan apakah seorang homoseksual yang hidup bersama dapat menjadi wali baptis, dokumen tersebut mengutip Kitab Hukum Kanonik Gereja, paragraf 874, yang mengatakan bahwa wali baptis dapat berupa siapa saja yang memiliki bakat dan “yang menjalani kehidupan beriman dalam menjaga dengan fungsi yang akan diambil.”

    Setiap kasus memerlukan “kehati-hatian pastoral,” untuk menjaga sakramen baptisan, dan perlu mempertimbangkan nilai nyata yang diberikan oleh komunitas gerejawi terhadap tugas ayah baptis dan ibu baptis, serta peran yang mereka mainkan. dalam komunitas, dan pertimbangan yang mereka tunjukkan terhadap ajaran Gereja. Dikasteri juga mengatakan perlu dipertimbangkan apakah ada orang lain dalam keluarga besar yang dapat menjamin transmisi iman Katolik yang tepat kepada orang yang dibaptis tanpa berperan sebagai wali baptis.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI