27.4 C
Jakarta
Monday, April 29, 2024

Para Uskup Indonesia Memulai Sidang KWI 2023 di Jakarta, Pertama Kali Setelah Pandemi

BERITA LAIN

More
    Peserta Sidang KWI 2023 di Jakarta 7-15 November 2023. IST

    JAKARTA, Pena Katolik – Membuka Sidang Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) 2023, Ketua KWI, Mgr. Antonius Subianto Bunjamin OSC mensyukuri rahmat Tuhan, karena dalam sidang kali ini, para uskup dapat menggunakan aula sidang di Kantor KWI yang baru di Cikini, Jakarta Pusat. Sidang kali ini akan berlangsung 7 – 15 November 2023.

    Mgr. Anton menengang, bahwa Gedung KWI saat ini meski masih belum sepenuhnya selesai dibangun, ia berharap akan dapat diresmikan pada 15 Mei 2024, tepat seabad sejak pertama kali para uskup Indonesia bersidang di lokasi yang sama. Uskup Bandung ini juga mengajak untuk mensyukuri atas keberhasilan Gereja dan bangsa melewati masa-masa pandemi Covid-19.

    “Dengan penuh syukur kepada Tuhan dan dengan kebersamaan dengan para uskup, saya membuka sidang tahunan onferensi waligereja Indonesia 2023.”

    Sidang KWI tahun ini penting mengingat berdekatan dengan tiga peristiwa, Pemilu 2024, Seabad Kantor KWI, dan Sinode para uskup di Roma. Mgr. Anton mengatakan, sidang ini dapat berjalan lancer karena dukungan dari berbagai pihak.

    Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr. Piero Pippo mengawali sambutannya dengan mengajak para uskup untuk mensyukuri 100 tahun berdirinya KWI. Ia melihat, berdirinya KWI adalah berdasar keinginan luhur yang ditujukan Tuhan kepada Gerejanya di Indonesia.

    “Syukur atas perkembangan besar yang telah dibuat Gereja katolik di sini. Semoga Tuhan memberikan kepada kita keberanian baru, untuk mengobarkan api misi, untuk mewartakan Yesus Kristus, dan mengobarkan sukacita untuk mengobarkan dialog dan misi,” ujar Mgr. Pioppo.

    Mgr. Pioppo berterima kasih atas persaudaraan dan kerja sama dengan Nunsiatura. Ia mendorong para uskup untuk melayani dengan setia umat dan Gereja di Indonesia. Ia berharap, para imam di Indonesia semakin memancarkan hidup yang menampilkan cinta kasih Yesus. Hanya dengan cara ini, seperti  Mazmur 133, Tuhan akan memberikan berkat dan kehidupan untuk selama-lamanya.

    “Saya menjamin bahwa Bapa Suci menyemangati anda, dia bergembira bersama anda dan saya berterima kasih atas perhatian anda yang selalu ramah, selamat bekerja saudara-saudari terkasih,” pesan Mgr. Pioppo.

    Sidang ini juga dihadiri oleh Bimas Katolik, Kementrian Agama Republik Indonesia A.M Adiyarto Sumardjono dan Ketua PGI, Pdt. Gomar Gultom. Peserta sidang adalah para Uskup dan Administrator diosesan, para sekretaris Komisi dan wakil Koptari. Sidang KWI ini mengambil tema: Berjalan Bersama Menuju Indonesia Damai.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI