27.1 C
Jakarta
Saturday, April 27, 2024

Sinode Sinodalitas dan isu-isu Kontroversial

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus dan para peserta Sinode Sinodalitas berdoa sebelum mengawali pertemuan. NCRegister

    VATIKAN, Pena Katolik – Sinode Sinodalitas telah merilis dokumen terakhirnya yang berisi pembahasan beberapa isu penting yang dalam beberapa kesempatan dinilai berbau “kontroversial”. Tema kontroversial ini terkait gagasan tentang diakon Perempuan; selibat imam yang bersifat opsional; dan mereka yang berjuang dengan gender atau identitas seksual mereka.

    Laporan setebal 42 halaman, yang diterbitkan dalam bahasa Italia pada tanggal 28 Oktober 2023. Laporan ini membagi topik menjadi “konvergensi”, “hal-hal yang perlu dipertimbangkan”, dan “proposal”. Di antara proposal yang dibuat oleh sinode, yang diadakan pada tanggal 4-29 Oktober di Vatikan, adalah permintaan untuk melanjutkan studi teologis tentang kemungkinan diakon perempuan dan agar hasil dari studi tersebut dibagikan pada sesi Sinode Sinodalitas yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2024.

    Untuk pertama kalinya dalam Sinode Para Uskup, umat awam, termasuk perempuan, mengambil bagian dalam pemungutan suara mengenai dokumen akhir. Dokumen tersebut juga mengakui adanya perbedaan pandangan di antara anggota sinode mengenai kemungkinan diakonat perempuan. Orang-orang yang merasa dikucilkan karena seksualitas atau identitas gender mereka menginginkan pendampingan dan agar Gereja membela martabat mereka.

    Dalam pertemuan Sidang Biasa Sinode Para Uskup ke-16, ratusan delegasi dan peserta lainnya bertemu untuk membahas isu-isu dan pengalaman pribadi dalam Gereja, semuanya dengan tujuan menjadi Gereja yang lebih sinode. Dokumen “sintesis” dirilis pada akhir pertemuan selama sebulan.

    Laporan tersebut dipilih berdasarkan paragraf demi paragraf oleh para delegasi sinode pada sore hari tanggal 28 Oktober. Meskipun semua bagian menerima sejumlah suara yang menentang, dua pertiga mayoritas yang diperlukan untuk memasukkan bagian tersebut ke dalam teks akhir mendapat selisih yang besar dalam laporan tersebut. setiap suara.

    Bagian dari laporan tentang perlunya studi lebih lanjut tentang diakon perempuan mendapat penolakan paling banyak, sementara 69 orang memberikan suara menentang pencantumannya dalam dokumen, sementara suara yang mendukung berjumlah 277.

    Partisipasi perempuan

    Laporan sinode mengusulkan untuk memasukkan bahasa yang lebih inklusif tentang perempuan dan pengalaman perempuan dalam teks liturgi dan teks Gereja lainnya. Laporan ini menanyakan apakah lembaga baru diperlukan untuk perempuan, untuk menciptakan lebih banyak ruang bagi perempuan di lembaga yang sudah ada. Dokumen tersebut juga mengusulkan agar perempuan yang memiliki pelatihan yang memadai, dan diizinkan menjadi hakim dalam persidangan Gereja.

    Identitas gender

    Titik “konvergensi” dalam pertemuan tersebut adalah bahwa “beberapa masalah, seperti yang terkait dengan identitas gender dan orientasi seksual, akhir hidup, situasi perkawinan yang sulit, dan masalah etika terkait dengan kecerdasan buatan, tidak hanya kontroversial di masyarakat tetapi juga di Gereja. Hal ini karena hal-hal tersebut menimbulkan pertanyaan-pertanyaan baru.

    Dikatakan bahwa kategori antropologis tidak selalu cukup untuk mencakup kompleksitas elemen “yang muncul dari pengalaman atau pengetahuan dalam sains”. Gereja harus merenungkan dan mengerjakan hal ini “tanpa menyerah pada penyederhanaan penilaian yang merugikan masyarakat dan tubuh Gereja. Ajaran Gereja dapat diterjemahkan ke dalam inisiatif pastoral yang tepat sambil mencatat bahwa bahkan ketika “klarifikasi lebih lanjut diperlukan,” Gereja harus mengikuti teladan Yesus.

    Orang-orang yang merasa terpinggirkan atau dikucilkan dari Gereja karena situasi perkawinan, identitas, dan seksualitas mereka, meminta untuk didengarkan dan didampingi agar martabat mereka dipertahankan. Mereka yang merasa tersakiti atau diabaikan oleh Gereja merindukan tempat di mana mereka merasa didengarkan dan dihormati, tanpa takut dihakimi, mendengarkan adalah prasyarat untuk berjalan bersama mencari kehendak Tuhan. Dokumen tersebut juga mengatakan bahwa pertemuan sinode ini dekat dengan mereka yang merasa kesepian karena mereka telah memilih untuk tetap setia pada ajaran Gereja.

    Pelecehan seksual

    Mengenai topik pelecehan seksual, Gereja harus mendengarkan dengan perhatian khusus terhadap para korban pelecehan seksual, spiritual, ekonomi, institusional, kekuasaan, dan hati nurani yang dilakukan oleh anggota pendeta atau orang-orang di Gereja. Mendengarkan secara autentik adalah elemen fundamental dari perjalanan menuju penyembuhan, pertobatan, keadilan, dan rekonsiliasi. Kasus-kasus pelecehan dalam berbagai bentuk terhadap para anggota hidup bakti dan anggota perkumpulan awam, khususnya perempuan, menandakan adanya masalah dalam pelaksanaan wewenang dan memerlukan tindakan tegas dan tepat.

    Selibat imam

    Laporan tersebut menanyakan apakah perlu untuk mempertahankan disiplin selibat imam dalam ritus Latin Gereja Katolik. Laporan ini meminta agar pertanyaan tersebut diangkat kembali sambil mencatat bahwa perlunya mengungkap “penilaian yang berbeda” mengenai topik tersebut.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI