Home BERITA TERKINI Kardinal Ignatius Suharyo: Pesparani adalah Karya Agung Tuhan untuk Persaudaraan Sejati

Kardinal Ignatius Suharyo: Pesparani adalah Karya Agung Tuhan untuk Persaudaraan Sejati

0
Kardinal Ignatius Suharyo bersama Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Chilil Qoumas. Pena Katolik

JAKARTA, Pena Katolik, Uskup Agung Jakarta Mgr. Ignatius Kardinal Suharyo memimpin Misa Pembukaan Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Tingkat Nasional III di Beach City International Stadium Pantai Carnaval, Ancol, Jakarta, Sabtu 28 Oktober 2023. Ia mengatakan, bahwa Pesparani merupakan karya Agung Tuhan, untuk memaknainya, kagiatan ini harus dijalankan dengan semangat cinta kasih kepada Tuhan dan juga sesama. Inilah dasar untuk membangun persatuan dan kesatuan serta persaudaraan sejati.

“Bagaimana kita ingin meyakini Pasparani sebagai Karya Agung Tuhan, yaitu melalui cinta kasih. mencintai Tuhan dan sesama. Kalau demikian kita  sampai pada kata yaitu cinta kepada sesama berarti membawa kesatuan dan membangun persaudaraan sejati. Inilah yang menjadi dasar kita mengambil tema ‘kebersamaan dalam keberagaman’ sebagai buah cinta kita kepada Tuhan,” kata Kardinal Suharyo.

Uskup Agung Jakarta itu mengajak para peserta untuk mengikuti pesparani ini dengan rasa bahagia, sebab mereka telah mengambil bagian dalam karya Agung Tuhan. Sementara melalui tema, ‘kebersamaan dan keberagaman,’ Kardinal mengingatkan momen untuk membangun persatuan sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa. Persatuan ini perlu dirajut di tengah keberagaman yang ada sebagai wujud cinta kasih.

“Semoga Pesparani ketiga ini sebagai momen pesartuan. Satu nusa satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa sebagai wujud persatuan.” Ucapnya.

Pada kesempatan ini, Kardinal Suharyo didampingi konselebran, Uskup Agung Semarang, Mgr. Robertus Rubyatmoko dan Uskup Manado, Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untuk, MSC. Sementara Hadir pula Uskup Agung Medan, Mgr. Kornelius Sipayung, OFMCap beserta puluhan imam dari berbagai keuskupan di Indonesia.

Yakobus Maturbongs

Tidak ada komentar

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version