29.7 C
Jakarta
Thursday, May 2, 2024

Kardinal Ignatius Suharyo Mengunjungi Markas TNI-Polri di Palembang

BERITA LAIN

More
    Kardinal Mgr Suharyo bersama Uskup Keuskupan Agung Palembang, Mgr. Yohanes Harun Yuwono mengunjungi Kapolda Sumsel Irjen A Rachmad Wibowo di Mapolda Sumatra Selatan, di Palembang, Selasa 10 oktober 2023.

    Kardinal Prof. Dr. Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo Pr, bersama rombongan melakukan kunjungan pastoral  di lingkungan TNI-Polri dan Keuskupan Agung Palembang, Selasa (10/10/2023).

    Kedatangan Kardinal dan rombongan  di VIP room disambut oleh Uskup Agung Palembang, Mgr. Yohanes Harun Yuwono  dan panitia di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badarrudin II Palembang.

    Audiensi Mgr Kardinal Suharyo dan rombongan di Kodam II Sriwijaya diterima oleh Irdam Brigjen TNI Heru Setio Paripurnawan., MDA., MSS

    PALEMBANG, Pena Katolik – Uskup Ordinariatus Castrensis Indonesia, Kardinal Ignatius Suharyo mebgunjungi sejumlah pimpinan TNI-Polri di Sumatera Selatan, yakni dengan Pangdam II Sriwijaya yang diterima oleh Irdam Bpk Brigjen TNI Heru Setio Paripurnawan,MDA.,MS. Berikutnya, kunjungan silaturahmi ke Kapolda Sumsel Irjen Rahmad Wibowo serta kunjungan ke Katedral Santa Maria di Jalan Tasik Palembang, tempat tinggal Uskup Agung Palembang.

    Sore harinya diadakan perayaan ekaristi bersama umat di Keuskupan Agung Palembang dan anggota TNI-Polri yang beragama Katolik. Setelah itu, dilanjutkan dengan sambung rasa bersama keluarga besar TNI-Polri di Aula Gereja Katedral Santa Maria Palembang.

    Audiensi ke Kodam II Sriwijaya
    Pangdam II Sriwijaya diwakili oleh Irdam Brigjen TNI Heru Setio Paripurnawan,MDA.,MSS mengucapkan terimakasih atas kunjungan pastoral dan audiensi Kardinal ke Kodam II Sriwijaya. Irdam juga memohon maaf karena Pangdam sedang kunjungan ke Muaraenim sehubungan kabut asap yang masih melanda Sumsel. Kardinal Mgr Suharyo mengucapkan terimakasih atas sambutan yang begitu baik oleh pimpinan TNI-Polri yang ada di Sumsel, termasuk pimpinan Danlanal/Danlanud.

    Kardinal menceritakan peran keuskupan militer sejak jaman kemerdekaan, teladan dan semangat cinta tanah air yang di wariskan oleh para pahlawan untuk kemerdekaan dari Mgr Soegiyopranoto sampai saat ini beberapa Romo yang menjadi anggota TNI. Selanjutnya diadakan penyerahan cinderamata dari Kodam II Sriwijaya kepada Kardinal.

    Di akhir acara bapak Kardinal mendoakan mulai dari pimpinan dan seluruh anggota agar selalu bekerja dengan baik sesuai dengan panggilannya sebagai bukti rasa cinta tanah air. Selesai acara dilanjutkan dengan foto bersama Kardinal dengan Irdam dan TNI Kodam II Sriwijaya.

    Audiensi ke Polda Sumsel

    Kapolda Sumatera Selatan Irjen A. Rachmad Wibowo menyambut kedatangan Kardinal Mgr Suharyo dan rombongan di markas Kepolisian Daerah Sumatera Selatan, Jalan Jendral Sudirman Palembang. Kapolda Irjen A. Rachmad Wibowo menjelaskan saat ini sedang dilaksanakan briefing Karhutlah setelah pagi hari Kapolda mengunjungi beberapa titik yang menyebabkan kebakaran di Sumsel.

    Saat audiensi, Kardinal memperkenalkan diri dan menjelaskan keberadaan 37 keuskupan teritorial dan satu keuskupan khusus Katolik dilingkungan TNI-Polri.Kardinal berharap ke depan ada Romo yang dapat masuk menjadi anggota Kepolisian.

    “Ada beberapa Romo yang menjadi perwira di lingkungan TNI untuk bertugas sebagai Pembina mental dan rohani. Namun sampai saat ini belum ada Romo yang bertugas di lingkungan kepolisian,” ujar Kardinal Suharso.

    HUT ke-10 Episkopal Mgr Harun

    Tiba di keuskupan, Kardinal beserta rombongan disambut oleh Uskup Emeritus Mgr Aloysius Sudarso, Vikjen KAPal Romo Yohanes Kristianto dan panitia dengan memakaikan tanjak atau topi tutup kepala ciri khas Palembang.

    Tanggal 10 Oktober merupakan hari ulang tahun Episkopal Mgr Yohanes Harun Yuwono, maka sebelum santap siang bersama dilakukan acara syukuran perayaan dengan menyanyikan lagu selamat ulangtahun dan pemotongan kue. Mgr Harun mengatakan senang sekali ulang tahun episkopalnya dihadiri oleh bapak Kardinal dan Romo Yos Bintoro beserta rombongan dari Jakarta. Semoga kesetiaan dalam panggilan tugas tetap sampai sepanjang masa.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI