27.8 C
Jakarta
Friday, May 3, 2024

Suara Sinode: Panggilan untuk Mendengarkan Jeritan Orang Miskin

Gereja adalah persaudaraan, sinodalitas, pilihan yang memungkinkan kita untuk memahami bahwa kita semua adalah saudara dan saudari

BERITA LAIN

More
    Sister Gloria Liliana Franco Echeverri, a Colombian religious of the Company of Mary Our Lady, US Cardinal Joseph William Tobin (right) and Paolo Ruffini (left) (Vatican News)

    Pena Katolik, Vatikan – Dalam konferensi pers pada hari Selasa, Dr. Paolo Ruffini memberikan pembaruan mengenai diskusi kelompok kerja, sementara Kardinal AS Tobin berbicara tentang kekayaan perbandingan berbagai pengalaman dan budaya, dan Suster Kolombia, Echeverri, menegaskan “panggilan untuk mendengarkan jeritan orang miskin.”

    Kardinal Amerika Serikat Joseph William Tobin, Uskup Agung Newark, menggambarkan bahwa “keindahan sejati Gereja Katolik muncul ketika pintunya terbuka dan menerima orang. Kami berharap Sinode akan membantu kami untuk membukanya lebih luas.”

    Ini adalah penjelasan dari Kardinal Tobin mengenai tema modul kedua Instrumentum laboris.

    Modul tersebut berfokus pada tema: “Komuni yang menyinari: Bagaimana kita bisa menjadi tanda dan alat yang lebih penuh dari persatuan dengan Allah dan persatuan seluruh umat manusia?” yang dibahas dalam kelompok-kelompok kecil pada hari Senin sore dan Selasa pagi.

    Kardinal Tobin berbicara dalam konferensi pers mengenai karya Majelis yang dipimpin oleh presiden Komisi Informasi, Dr. Paolo Ruffini, Prefek Dikasteri Komunikasi.

    Dalam kelompok-kelompok kerja kecil, peserta dalam Majelis Agung membahas pendidikan, lingkungan, multikulturalisme, dan mendampingi mereka yang terpinggirkan dan para migran. Pada hari Senin, mereka memilih anggota Komisi Laporan Sintesis dan anggota Komisi tersebut.

    Kelompok-kelompok kecil, yang diorganisir berdasarkan tema yang sedang dibahas, membicarakan subbab Modul B1 yang didedikasikan untuk komuni, dan menyampaikan pemikiran mereka dalam Konsili Agung kelima pada hari Selasa sore dan dalam Konsili keenam dan ketujuh pada hari Rabu.

    Menanggapi pertanyaan wartawan, Dr. Ruffini menekankan bahwa dalam Sinode ketiganya, para anggota memiliki lebih banyak kesempatan untuk berbicara, terutama dalam kelompok-kelompok kecil.

    “Ikatan antara semua peserta sangat kuat, menurut pengalaman pribadi saya,” kata Dr. Ruffini, “yang dimulai dengan retret pra-sinode.”

    Menanggapi pertanyaan mengenai apakah Majelis ini diarahkan dari atas ke bawah, Kardinal Tobin mengatakan ia merasa “percaya, karena hal-hal tidak datang kepada kami dari atas, melainkan ini adalah sebuah proses yang dimulai dari bawah, dari keterlibatan Umat Allah, dan mencapai puncaknya. Saya tidak merasa terbatas atau terikat.”

    Selain Kardinal Tobin, seorang anggota Dewan Biasa Sekretariat Sinode, Suster Gloria Liliana Franco Echeverri, seorang suster Redemptorist dari Ordo Perusahaan Santa Maria, presiden Konfederasi Latin Amerika untuk Ordo-Ordo Religius (CLAR) juga hadir dalam konferensi tersebut. Sheila Leocádia Pires, sekretaris Komisi Informasi Sinode, juga berbicara.

    Suster Echeverri menekankan bahwa di antara peserta dalam Majelis Agung ke-16 Sinode Para Uskup, ada keinginan untuk hidup seperti Yesus “yang menghumanisasi, yang menghormati, yang memasukkan, Yesus yang membuka pintu kepada yang lain.”

    Ini adalah proses “yang melihat metode yang berbeda, dimulai dengan konversi dalam Roh. Dalam lingkaran-lingkaran kecil kami, kami mengakui dengan jelas martabat bersama ini, martabat yang timbul dari rasa hormat, komuni, pengakuan timbal balik.”

    Dalam diskusi tentang modul saat ini, “yang terdengar dalam hati kami adalah panggilan untuk mendengarkan jeritan orang miskin. Di mejalah kami, wajah orang miskin, migrasi, perdagangan manusia, eksklusi sosial di pinggiran suara keras.”

    Kardinal Tobin, yang berada dalam kelompok yang sama dengan Suster Echeverri, menjelaskan bahwa dalam kelompoknya juga ada seorang wanita muda dari Rusia, seorang ibu dari Ukraina, seorang pastur Pentakosta dari Ghana, seorang teolog dari Malaysia, dan koordinator dari Singapura.

    “Ini adalah situasi yang sangat baik bagi saya,” katanya, “untuk berada dalam kelompok yang begitu beragam dan mendengarkan yang lain.”

    Ini, katanya, sangat menarik baginya, karena ia tumbuh di Detroit dalam lingkungan multikultural dan sebagai seorang imam selama 45 tahun, ia telah tinggal “di budaya yang bukan budayanya sendiri, setidaknya bukan yang dia dibesarkan.” Ia menggambarkan Sinode ini sebagai “Sinode paling beragam yang pernah saya ikuti.”

    Kardinal Tobin juga berbagi pengalaman pastoral konkrit, yaitu penerimaan di Katedral Newark dari “ziarah orang yang merasa terpinggirkan karena orientasi seksual mereka.” Ia mengingatkan presentasi yang diberikan oleh seorang imam, yang memberi tahu kelompok tersebut: “Ini adalah gereja yang indah, tetapi gereja paling indah saat pintunya terbuka.”

    Itu, katanya, adalah pengalaman dari sebuah Gereja yang terbuka. Dan ia menyimpulkan bahwa di dunia yang ditandai oleh nasionalisme yang eksklusif, xenofobia, di mana ada pemimpin yang berkomitmen untuk membangun batas, pilihan Gereja adalah persaudaraan, sinodalitas, pilihan yang memungkinkan kita untuk memahami bahwa kita semua adalah saudara dan saudari.

    “Dalam sebuah Gereja di mana kita melihat diri kita sebagai saudara dan saudari,” katanya, “ada tempat untuk semua orang.”

    Alessandro Di Bussolo-VaticanNews/Sam-PenaKatolik

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI