29.5 C
Jakarta
Tuesday, April 30, 2024

Yubelium 85 Tahun Baptis Katolik Pertama di Toraja

BERITA LAIN

More
    Uskup Agung Makassar, Mgr Johannes Liku Ada’ memberikan sambutan saat punca Yubelium 85 Tahun Baptis Katolik Pertama di Toraja. IST

    RANTEPAO – Pena Katolik – Ribuan umat Katolik memadati Kota Rantepao, Toraja Utara, Sulawesi Selatan untuk mengikuti puncak perayaan Yubelium 85 Tahun Baptis Pertama Katolik di Toraja, , Sabtu 16 September 2023. Pada keempatan ini, Uskup Agung Makassar, Mgr Johannes Liku Ada’, mendoakan agar cahaya Kristus dalam Baptisan Pertama Katolik 85 tahun tetap terpatrit di setiap hati umat Katolik.

    “Kiranya bukan sekedar perayaan tetapi menjadi tolak ukur dan semangat baru dalam menanamkan semangat iman Katolik dalam setiap umat Katolik, khususnya di Toraja,” katanya.

    Puncak Yubelium 85 Baptisan di Toraja dimulai dengan devile dari masing- masing paroki hingga stasi di Toraja. Masing-masing kelompok membawa hasil bumi mereka, mulai dari umbi-umbian, jagung, pisang, sayur mayur, hingga hasil ternak, salah satunya ternak babi. Juga ada penampilan musik bambu, tarian tradisional, dan koreografi pertunjukan dalam formasi tarian membentuk angka 85.

    Mgr. John berharap perayaan ini dapat semakin memacu semangat umat dalam hidup menggereja. Ia menuturkan, Allah Tritunggal tetap menerangi jalan iman Katolik di seluruh aspek kehidupan umat.

    “Biarlah terangNya tetap menerangi jalan kita dalam menjalani kehidupan setiap umat Katolik, dan menjadi contoh baik di tengah-tengah bermasyarakat,” tuturnya.

    Rangkaian Yubileum 85 Tahun Baptisan Katolik di Toraja dimulai sejak Januari hingga Desember 2023. Selama satu tahun ini, ada berbagai kegiatan yang dilakukan oleh umat Katolik Toraja di semua Paroki yang ada di Kevikepan Toraja.

    Kegitan ini juga dihadiri, Bupati Toraja Utara, Yohannis Bassang, dan Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong. Perwakilan tokoh-tokoh masyarakay dan adat di Toraja.

    Pada kesempatan ini, Mgr. John juga memberikan penghargaan kepada Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, Khaeroni. Ia menerima piagam sebagai Pelopor Moderasi Beragama se Sulawesi Selatan tahun 2023 dari Keuskupan Agung Makassar.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI